Sunday, June 22, 2014

SOAL JAWAB UKP ANT II METEOROLOGI DAN OCEANOGRAFI PART A

ANT-II    METEOROLOGI DAN OCEANOGRAFI
WAKTU : 90 MENIT

1.  a.  Jelaskan apakah yang dimaksud dengan proses adiabatis dalam atmosfer bumi sehubungan dengan gerakan udara vertikal naik ke atas turun ke bawah !

Jawab
Yang dimaksud dengan proses adiabatis dalam atmosfer sehubungan dengan gerakan udara vertikal ke atas dan turun ke bawah dalam atmosfer adalah perubahan-perubahan tekanan, volume, temperatur dan suatu gas dimana tidak ada penambahan / pengurangan energi / panas ke dalam / keluar dari gas tersebut.

b.  Mengapa gerakan udara vertikal naik ke atas dan turun ke bawah atmosfer dapat dianggap sebagai proses yang berlangsung secara adiabatis ?

Jawab
Gerakan ke atas dan ke bawah dianggap proses yang berlangsung secara adiabatis, karena :
1.  Udara adalah konduktor yang kurang baik
2.  Pencampuran antara sampel udara yang naik / turun dengan udara sekitarnya itu berlangsung sangat lambat
3.  Gerakan udara naik turun tersebut berlangsung singkat.

2.  a.  Sebutkan dan jelaskan masing-masing unsur yang dapat digunakan sebagai tanda adanya / mendekatnya sebuah siklon tropis di sekitar posisi kapal.

Jawab
1.  Tekanan udara
Jika terjadi penurunan tekanan udara yang sangat drastis jauh di bawah nilai normalnya (nilai rata-rata variasi harian)
2.  Angin

Bila terjadi penyimpangan arah dan kecepatan angin dari biasanya yang bertiup di daerah tersebut dan arah berubah-ubah secara veering / backing dan kecepatan terus bertambah
3.  Swell ware atau alun
Kedatangan swell yang makin lama makin besar
4.  Awan-awan
Barisan awan cirrus dan cirrus cumulus yang makin padat menuju ke suatu pusat langit.

b.  Jelaskan bagaimana cara untuk menentukan bahwa kapal berada pada sektor dangerous semi circle atau pada sektor navigable semi circle sebuah siklon, masing-masing apabila kapal berdasarkan di belahan bumi utara dan apabila kapal berada di belahan bumi selatan, sedang posisi dan arah pergeseran siklon tropis bersangkutan belum diketahui.

Jawab
Cara untuk menentukan kapal kita berada pada sektor dangerous SC untuk atau pada sektor navigable semi circle, yaitu :
-    Di belahan Bumi Utara
Jika angin berubah secara veering, maka kapal berada pada sektor dangerous SC, sedang jika perubahan angin berubah secara backing, maka kapal berada pada sektor Navigable SC siklon
-    Di belahan bumi selatan
Jika angin berubah secara veering maka kapal berada pada sektor navigable semi circle, sedang jika angin berubah secara backing, maka kapal berada pada sektor dangerous SC siklon tropis.

3.  a.  Mengapa khusus untuk daerah lintang utara 20o utara dan selatan atau rendah tropik pada peta synoptik,

Jawab
Permukaan laut umumnya lebih baik dengan analisa stream – line daripada dengan analisa isobarik.

Jelaskan mengapa khusus untuk L 20o U dan S akan lebih baik dengan analisa stream line dari pada dengan analisa isobarik.

Jawab
Karena pada daerah tropik tekanan, udara pada umumnya, hampir homogen, sehingga apabila dianalisa dengan analisa isobarik akan didapat garis-garis isobar yang hampir-hampir lurus dan sejajar dengan jarak yang sangat renggang sehingga sulit untuk menentukan arah dan kecepatan angin.

b.  Apakah yang dimaksud dengan pola depresi atau pola tekanan rendah hasil analisa isobaric peta sinoptik serta jelaskan pula bagaimana arah dan kecepatan aliran arus angin dan keadaan cuaca pada umumnya di sekitar pusat pola tekanan rendah tersebut ?
Apakah yang disebut dengan pola depresi pada analisa isobarik pada peta synoptik permukaan laut serta jelaskan bagaimana arah dan kecepatan angin serta keadaan cuaca pada umumnya di daerah tersebut.

Jawab
Adalah suatu pola dimana suatu daerah bertekanan rendah pada pusatnya dikelilingi oleh satu atau lebih isobar-isobar yang tertutup. Keadaan cuaca buruk dengan pertumbuhan awan yang tinggi. Kecepatan angin cukup kuat dengan sirkulasi anti clockwise di belahan utara dan clockwise di selatan.

4.  a.  Gambarkan garis-garis isobar dan arah angin di sekitar pusat sebuah system tekanan rendah !
Gambarkan isobator-isobator arah arus angin dan front-front di sekitar sebuah depresi daerah sedang di belahan bumi selatan kemudian pada gambar tersebut tentukan / berikan tanda dimana yang disebut sebagai udara post-frontal dan udara dingin pre-frontal. Jika gambar depresi daerah sedang tersebut di atas sebuah kapal berlayar dari arah timur ke arah barat dengan melewati dan memotong front-front depresi daerah sedang tersebut di sebelah utara pusatnya, jelaskan bagaimana keadaan tekanan udara, arah arus angin, temperatur udara dan keadaan cuaca yang akan dialami kapal tersebut !
b.  Jelaskan arah aliran dan kecepatan arus angin serta keadaan cuaca !

5.  a.  Apakah yang dimaksud dengan kabut laut serta jelaskan pula apakah persamaan dan perbedaan antara kabut dengan mist ?
b.  Jelaskan terjadinya kabut laut dengan frekwensi yang relatif tinggi di daerah New FOUnland pada musim panas di barat laut Atlantik Utara.

Jawab
Terjadinya frekuensi kabut ini terjadi karena arus angin labrado mengalir ke selatan melalui selat Davis dan bertemu dengan arus bluf stream yang akan mengandung banyak uap air setelah melewati air laut panas dari air panas bluf stream. Angin muson tersebut mengalami pendinginan oleh arus dingin labador yang berada di bawahnya, sehingga uap air yang terkandung berkondrisasi dalam bentuk kabut.


ANT-II    METEOROLOGI DAN OCEANOGRAFI
WAKTU : 90 MENIT

1.  a.  Di lautan Pasifik, terdapat daerah dengan frequensi hujan yang relatif tinggi di daerah doldrum, jelaskan apakah penyebabnya dan dimana pusatnya serta bagaimana pergeseran terhadap lintang ke utara dan selatan !

Jawab
Pergeseran hujan tinggi di daerah di dalam bagian timur lautan Pasifik, disebabkan oleh konvergensi angin pasat timur laut dalam dan angin pusat tenggara. Daerah ini berpusat di sekitar 125o Barat pergeseran musimannya terhadap lintang sangat kecil.

b.  Di laut Pasifik bagian barat terdapat daerah dengan distribusi hujan yang tidak tentu, jelaskan apakah penyebabnya ?

Jawab
Frekuensi hujan yang relatif tinggi di dekat ekuator Hindia disebabkan interaksi antar angin Muson barat daya dengan angin Muson timur laut yang selanjutnya mendorong equator.

2.  a.  Jelaskan keadaan udara atau atmosfir yang bagaimana yang umumnya baik untuk pembentukan dan pertumbuhan serta perkembangan siklon tropik !

Jawab
Keadaan atmosfir yang umumnya baik untuk dapat terbentuk siklok tropis, diantaranya :
-    Di daerah dimana pada suatu musim mempunyai temperatur permukaan laut yang terpanas yang umumnya terjadi di bagian barat di daerah tropik pada musim panas dan permulaan musim gugur
-    Di daerah dimana di atasnya merupakan udara equator yang sangat basah dan labil sampai lapisan atmosfer yang cukup tinggi, yang umumnya terdapat di daerah dengan temperatur permukaan air laut yang tinggi
-    Di daerah dimana variasi keadaan angin dengan perubahan tinggi relatif kecil di seluruh lapisan atmosfer bagian bawah
-    Di daerah dimana sebelumnya terjadi pusaran angin yang lemah (misal tropical disturbase tropical depresion). Ini merupakan keadaan utama terbentuknya siklon tropis yang tampak sebagai sirkulasi tertutup
-    Di daerah dimana terjadi gangguan pada angin pusat timur, dimana arus udara membelok, misalnya belokan arah arus angin yang dapat terjadinya tekanan rendah.

b.  Tuliskan dan jelaskan masing-masing unsur yang dapat digunakan sebagai tanda adanya terbentuknya ataupun mendekatnya sebuah siklon tropis di sekitar posisi kapal !

Jawab
1.  Tekanan udara
Jika terjadi penurunan tekanan udara yang sangat drastis jauh di bawah nilai normalnya (nilai rata-rata variasi harian)
2.  Angin
Bila terjadi penyimpangan arah dan kecepatan angin dari biasanya yang bertiup di daerah tersebut dan arah berubah-ubah secara veering / backing dan kecepatan terus bertambah
3.  Swell ware atau alun
Kedatangan swell yang makin lama makin besar
4.  Awan-awan
Barisan awan cirrus dan cirrus cumulus yang makin padat menuju ke suatu pusat langit.

3.  a.  Mengapa front dingin pada sebuah depresi daerah sedang atau depresi polar umumnya bergerak lebih cepat dari pada front panas, sehingga akhirnya terjadi proses oklusi, jelaskan pula apakah yang dimaksud dengan proses oklusi tersebut ?
Apakah yang disebut sebagai proses oklusi pada depresi daerah sedang dan apakah nama front yang terjadi karena proses tersebut.

Jawab
Proses oklusi adalah proses pencampuran / berhimpitan sebagian front dingin dengan front panas akibat dari pergeseran front dingin yang lebih cepat daripada front panas. Nama front yang terjadi karena proses oklusi dinamakan front oklusi.

b.  Tuliskan dan jelaskan masing-masing front oklusi yang dapat terjadi dengan adanya proses oklusi pada depresi daerah sedang.
Sebut dan jelaskan masing-masing pembagian / klasifikasi front yang terjadi karena adanya proses oklusi serta gambarkan masing-masing penampang vertikalnya. Klasifikasi front oklusi :

Jawab
1.  Front oklusi panas
Terjadi apabila udara dingin post-frontal lebih panas daripada udara dingin pre-frontal sebelum terjadinya proses oklusi, sehingga masa udara dingin yang lebih panas naik ke permukaan mas audar adingi dengan lebih dingin di bawahnya.
2.  Front oklusi dingin
Terjadinya apabila udara dingin post-frontal lebih dingin daripada udara dingin pre-frontal sebelum terjadinya proses oklusi, sehingga masa udara yang lebih dingin mendesak masa udara yang lebih panas naik ke atasnya.
3.  Front oklusi atas
Terjadi apabila udara dingin post-frontal sama dengan udara dingin pre-frontal sebelum terjadinya proses oklusi, sehingga tidak terjadi front baru.

4.  a.  Apakah yang dimaksud dengan daerah col atau daerah pelana dan jelaskan pula yang disebut dengan pusat-pusat daerah pelana ?

Jawab
Daerah col atau pelana adalah suatu daerah di antara dua system tekanan tinggi dan dua system tekanan rendah yang saling berhadapan. Pusatnya terletak pada titik potong antara garis trough dan ridge.

b.  Bagaimana keadaan gradien tekanan udara pada daerah pelana pada umumnya serta khususnya pada pusat daerah pelana dan keadaan gradien tekanan udara tersebut akan, menghasilkan keadaan angin yang bagaimana

Jawab
Pada daerah col gradien, tekanan udaranya dengan perlahan mengalami perubahan arah pada saat melintas suatu pusat daerah col. Pada pusat daerah col, gradien tekanan udaranya sangat lemah sehingga arus angin lemah dan arah variable.

5.  a.  Tuliskan sumber-sumber pembentukan gunung-gunung es masing-masing dari belahan bumi utara dan dari belahan bumi selatan !

b.  Jelaskan perbedaan ciri-cirinya maupun perbedaan pembentukannya antara gunung-gunung es dari belahan bumi utara dan gunung-gunung es dari belahan bumi selatan !

1 comment: