Sunday, June 22, 2014

SOAL JAWAB UKP ANT II METEOROLOGI DAN OCEANOGRAFI PART B

ANT-II    METEOROLOGI DAN OCEANOGRAFI
WAKTU : 90 MENIT

1.  a.  Mengapa gerakan sample udara vertikal ke atas dan vertikal ke bawah dalam atmosfer, dapat dianggap sebagai proses yang berlangsung secara adiabatis ?
Jawab
Gerakan ke atas dan ke bawah dianggap proses yang berlangsung secara adiabatis, karena :
1.  Udara adalah konduktor yang kurang baik
2.  Percampuran antara sampel udara yang baik / turun dengan udara sekitarnya itu berlangsung sangat lambat
3.  Gerakan udara naik turun tersebut berlangsung singkat.

b.  Mengapa gerakan sample udara vertikal ke atas dalam atmosfer akan mengalami pendinginan adiabatis dan vertikal ke bawah akan mengalami pemanasan adiabatis ?

Jawab
Sample udara dalam atmosfer yang bergerak ke atas ke bawah akan mengalami :
-    Proses pendinginan adiabatis
Jika sample udara dinaikkan, tekanan akan mengecil sehingga volume membesar / mengembang. Pengembangan volume memerlukan panas. Jika proses itu dianggap terjadi secara adiabatis maka panas itu diambil dari sample udara tersebut sehingga terjadi penurunan temperatur yang disebut pendingin adiabatis.
-    Proses pemanasan adiabatis
Jika sample udara diturunkan, tekanan akan membesar sehingga volume mengecil. Pengecilan volume akan melepaskan panas. Jika proses dianggap secara adiabatis maka panas itu akan memanaskan sample udara tersebut sehingga terjadi kenaikan temperatur yang disebut pemanasan adiabatis.


2.  a.  Jelaskan bagaimana terbentuknya awan pada daerah tropik umumnya dengan adanya gerakan udara naik vertikal ke atas dalam atmosfer !
b.  Sebutkan dan jelaskan masing-masing macam-macam gerakan kenaikan udara dalam atmosfer yang dapat mengakibatkan terbentuknya awan !

Jawab
Proses-proses gerakan vertikal udara dalam atmosfer yang dapat menyebabkan pertumbuhan awan :
1.  Gerakan turbulensi mekanis (turbulensi lambat)
2.  Gerakan konveksi (turbulensi thermis)
3.  Gerakan kenaikan udara karena orografi
4.  Gerakan kenaikan udara lambat yang luas, termasuk kenaikan pada front.

3.  a.  Apakah yang disebut depresi daerah sedang atau depresi polar dan jelaskan dimana dan pada musim apakah pada umumnya depresi daerah sedang tersebut terbentuk ?

Jawab
Derpesi daerah sedang sebagai depresi polar adalah suatu daerah dengan tekanan udara yang rendah yang terjadi di daerah sedang.

b.  Apakah yang disebut sebagai proses oklusi pada depresi daerah sedang serta jelaskan masing-masing klasifikasi front yang dapat terjadi dengan adanya peristiwa oklusi tersebut !

Jawab
Proses oklusi adalah proses pencampuran / berhimpitan sebagai front dingni dengan front panas akibat dari pergeseran front dingin yang lebih besar cepat daripada front panas. Nama front yang terjadi karena proses oklusi dinamakan front oklusi.

4.  a.  Faktor-faktor apakah yang dapat mempengaruhi besar / kecilnya sebuah gelombang luat yang disebabkan oleh tiupan angin ?
b.  Bagaimana sebenarnya lintasan gerakan partikel-partikel air laut, jika di permukaan air laut terbentuk dan mengalir gelombang air laut serta jelaskan pula mengapa lintasan gerakan partikel-partikel air laut tersebut makin mengecil dengan bertambahnya ke dalam air laut ?

5.  a.  Bagaimana terbentuknya gunung-gunung es yang terapung-apung di laut / lautan masing-masing untuk belahan bumi utara dan belahan bumi selatan ?
b.  Jelaskan masing-masing ciri-ciri gunung-gunung es dari belahan bumi utara dan dari belahan bumi selatan !

ANT-II    METEOROLOGI DAN OCEANOGRAFI
WAKTU : 90 MENIT

1.  Sudut Bidang front selalu miring. Besarnya sudut kemiringan tergantung dari 3 (tiga) faktor. Sebutkan faktor-faktor tersebut !

Jawab
3 faktor yang menyebabkan sudut bidang front selalu miring :
1.  Perbedaan temperatur massa udara yang lebih panas dengan massa udara yang lebih dingin yang terletak sebelah menyebelah bidang front
2.  Perbedaan kecepatan komponen angin yang sejajar dengan garis front yang terdapat sebelah menyebelah bidang front
3.  Lintang Geografis dimana front yang bersangkutan berada.

2.  Apakah syarat-syarat permukaan bumi yang dapat berfungsi sebagai sumber udara ?

Jawab
1.  Harus luas sekali sehingga massa udara yang luasnya berjuta-juta kilometer persegi dapat berada dan tinggal untuk beberapa lama di atas permukaan tersebut.
2.  Harus mempunyai permukaan yang sama, misal permukaan lautan, padang pasir.
3.  Harus mempunyai keadaan yang memungkinkan massa udara tertahan atau tinggal beberapa lama di atas permukaan daerah tersebut.

3.  Jelaskan pengertian udara mengenai :
a.  Isopleth
b.  Isotherm
c.  Isoneph
d.  Isalobar.

4.  Mengapa di daerah padang pasir tidak pernah terbentuk atau timbul cycloon ?



Jawab
Karena di atas padang pasir / daratan, gaya gesekan dari permukaan bumi lebih besar daripada di atas permukaan air laut, sehingga sistem-sistem tekanan rendah dapat dinetralisir dengan segera juga karena penyimpangan arus angin di atas daratan juga kecil.


5.  Apakah pengertian anda mengenai Fohn. Sebutkan 4 (empat) jenis Fohn yang ada di Eropa dan 4 (Empat) jenis Fohn yang ada di Indonesia !

No comments:

Post a Comment