PERMESINAN
KAPAL I
A.1. Buatkan diagram block
kemudi otomat, bila haluan yang
dikemudikan 180 sedangkan haluan yang dikehendaki 200.
Jelaskan pada
diagram, perubahan mesin kemudi terhadap
kapal bila tida ada gangguan dari luar !
Jawab.
Ø Kemudi digerakkan ke 180
kanan/kiri, signal dikirim ke reciver, dari reciver mengolah data untuk pilot
valve yang mengatur jumlah minyak yang mengalir ke ram-ram mesin kemudi sesuai
orang yang ikehendaki.
Pergerakan dari kemudi
diterima oleh transmiter berupa signal
listrik yang kemudian diteruskan ke rudder indicator dan reciver pada hand
steering sebesar 200
B.2. Kapal setelah menerima bunker
MFO di pelabuhan teryata viscositas terlalu tinggi, unsur carbon cukup, ada unsur lainnya yang melebihi dari daftara seperti lumpur, kandungan air dan aspal. Contoh bahan bakar dikirim ke Agen untuk pemeriksaan ke laboratorium, tapi kapal
harus meneruskan pelayaran.
a.
Bagaimana cara pembersihan bahan bakar tersebut sebelum ke injector, alat-alat apa
saja yang perlu digunakan ?
b.
Buatkan sketsa sederhana
instalasi bahan bakar mulai dari
tangki endap (setting) sampai ke injector. Dalam gambar sebutkan dimana
penggantian bahan bakar MFO ke MDO bila kapal akan olah gerak masuk pelabuhan.
2.a. cara pembersihan bahan bakar sebelum ke
injector :
-
Bahan bakar sebelum
dipergunakan ke injector harus melalui purifier (Sparator), FO filter
Duplex dan FO filter stainer.
|
sketsa sederhana instalasi bahan bakar mulai dari tangki endap (setting)
sampai ke injector.
C.3. Buatkan sketsa sederhana incinerator yaitu alat untuk membakar sampah
dan sludge dari slop thank.
a.
Jelaskan cara kerja alat tersebut
b.
Mengapa di kapal harus ada
incinerator
C. 3.a. Prinsip
kerja INCENERATOR
- Jalankan blower ( fan
draft) untuk fre furge
- Jalankan pilot burner
sebagai membakar awal
- Jalankan w/o pump, sehingga skedge (water oil)
terbakar dalam furnace, gas hasil
pembakaran keluar melewati Exhaust manifolt
3.b. *
INCENERATOR harus ada dikapal
- untuk membakar minyak
kotor
- untuk membakar
sampah-sampah berminyak (kecuali plastik)
D.4. Dalam pelayaran
dari Terusan Suez
ke Tg. Priok, kapal MV. GEMBIRA berlayar dengan kecepatan 17 knot, pemakain
bahan bakar MFO 23,0 ton per jam. Pada jarak
408 mil sebelum sampai di pelabuhan, bahan bakar (MFO) tinggal 414 ton karena ada kerusakan pada FO Purifier bahan bakar tercampur dengan
lumpur. Dengan kecepatan 17 knot kapal
diperkirakan sampai pukul 16.00 WTS dan
langsung sandar. Bahan bakar MDO diluar pemakaian generator
masih bisa 160 ton.
Pertayaan :
a.
Berapa kecepatan kapal
dengan sisa 414 ton untuk sampaidi pelabuhan?
b.
Berikan saran kepada operasional bila kapal tetap dengan
kecepatan 17 knot memakai tambahan MDO!
Diketahui :
MV. GEMBIRA
V1 = 17 Knot V2
= … ?
BB1
= 23 ton / jam BB2 = …?
-
S = 408 mill
-
Sisa Bahan Bakar = 414
ton
Ditanya :
a )
Berapa Kecepatan Kapal dengan sisa 414 ton ?
t = 408/24=24 Hours
pemakaian
minyak yang diharapkan perjam :
= 414/24=17,25 ton / jam (sebagai BB2)
Maka : BB1 : BB2 = V12 : V22.
c.
Bila kapal harus mempertahankan dengan kecepatan 17 knot, maka memakai tambahan :
-
Bahan Bakar yang diperlukan = 24 jam x 23 ton/jam
-
Sisa MFO = 414 ton
-
MDO yang diperlukan =
552 ton - 414 ton
= 138
ton
PERMESINAN KAPAL II
E. (20). 1. MESIN UTAMA
a.
Main Engine 9 Motor Diesel) tanpa dilengkapi dengan
sistem pesawat bantu tidak bisa bekerja
(dioperasikan). Mengapa ? Jelaskan !
b.
Apakah tujuan bahan bakar minyak dikapal terutama MFO dalam
penggunaanya selalu dipanasi terlebih dahulu. Jelaskan!
Jawab :
a.
Karena tenaga yang dihasilkan
oleh Mesin Engine hanya sebagai pengerak utama kapal (baling-baling)
sedangkan Mesin Engine itu sendiri
harus dilengkapi dengan pesawat-pesawat bantu yang dapat menunjang bekerjanya
main engine, sehingga berjalan lebih
sempurna.
Contoh :
1.
Adanya compresor sebagai star awal Mesin Engine.
2.
Pompa-pompa seperti : pompa pendingin, pompa pelumas, pompa
injector dan lain-lain
b.
Tujuan bahan bakar MFO dipanaskan terlebih dahulu
Jawab :
1.
Dapat terurai
2.
BJ -nya rendah
3.
Mudah dipompakan
4. Kotoran mudah dipisahkan
5. Mudah dikabutkan
6. Titik bakar lebih rendah
7. Dapat terbakar dengan
sempurna
F. (20). 2. MESIN PENDINGIN
Apakah fungsi dari
pesawat-pesawat yang terpasang pada
sistern mesin pendinginan berikut
ini :
a.
Kompressor
b.
Kondensor
c.
Katup expansi
d.
Coil evaporator
Fungsi dari
pesawat-pesawat ini adalah :
Jawab :
a. Compressor : Untuk mengisap bahan pendingin tekanan rendah
dari Evaporator dan menekannya kekatup expansi melalui condensor, dengan
tekanan dan suhu tinggi.
b. Kondensor : Untuk mengubah gas pendingin untuk freon
cair dengan cara pendinginan, untuk menampung cairan freon dari hasil condensasi di dalam
kondensor tersebut.
c. Katup expansi : Untuk mengatur
jumlah cairan freon yang mengalir kedalam pipa Coil Evaporator, sesuai jumlah
yang dibutuhkan.
d. Coil Evaporator : untuk menguapkan kembali ciran freon yang masuk dengan cara mengambil/menyerap panas yang ada di dalam
ruang angin atau yang berada di sekitar pipa coil tersebut.
G. (15). 3.
Uraikan keuntungan maupun kerugiannya menggunakan mesin kemudi Electro
Hydraulic Kerja Ganda di bandingkan menggunakan Mesin kemudi electro
Hydraulic kerja Tunggal!
KEUNTUNGAN
|
KERUGIAN
|
v Effek rudder cukup berfungsi
walaupun bobot kapal, cukup besar.
v Kapal tetap beroperasi walaupun ada gangguan pada beberapa ram cylinder (kecuali
terganggu lebih 2 ram cylinder).
|
v Harga belinya lebih
mahal
v Perawatan lebih banyak,
berarti juga waktu perawatannya lebih lama
v Pemakaian suku cadang
lebih besar
v Biaya perawatan lebih
besar.
|
Jawab
H. (20).
4. Dikapal-kapal samudra yang melayari jarak jauh biasanya dilengkapi dengan Freshwater Generator
(Pesawat Pembuat Air Tawar). Gambarkan secara sederhana dan terangkan prinsip kerja Freshwater Generator tersebut dengan
menggunakan pemanasnya ex air pendingin
Mesin Induk. Harap dijelaskan juga
mengapa pada Evaporator jenis ini
harus mempunyai tekanan yang vacum.
Ø Prinsip Kerjanya
- Masukan air laut panas
kedalam evaporator yang keluar dari turbin condensor atau yang keluar dari condensor FWG, tujuan dari alat-alat yangsudah panas supaya lebih cepat menguap bila dipanaskan
- Melalui spiral pemanas dimasukkan uap primer yang diambil uap turbin utama atau
uap bekas pesawat bantu (spiral melingkr
supaya penyerapan panas lebih banyak).
- Air laut menyerap
panas dari uap primer yang
menglir dalam spiral, se-air laut
tersebut. Menguap disebut uap skunder.
- Uap skunder bergerak ke ruang uap
kedalam tabung evaporator , di
sebelah atas.
- Bila air laut
berkurang karena menguap
dapat di periksa pada gelas penduga maka harus ditambah lagi
dengan mengatur katup 6 pada gambar A.
- Tekanan uap skunder dapat
diperiksa dinamometer 12, jika tekanan
meningkat, maka secara automatic uap akan di blow melalui katup keamanan 10,
sehingga bahaya ledakan dapat dihindari.
- Uap skunder yang dibentuk
dialirkan ke pesawat destilasi
(condensor) pada gambar B berisi pipa-pipa pendingin kedalam pipa ini
dimasukin air laut sedangkan uap
skunder berada di luar pipa-pipa ini.
- Uap skunder menyerap
dingin dari air laut, sehingga uap tersebut berolah bentuk menjadi air melalui
proses pengembunan (kondensasi) air yang
berbentuk air distilasi atau kondensot
- Kondensat ini digunakan
untuk air mandi atau air pengisi ketel, tidak untuk minum karena tidak memenuhi
syarat kesehatan ( 10ppm) air
baik di konsumsi adalah (PH. 8 – 9 )
Untuk
air pengisi ketel juga melalui proses
meter tretsment, karena air ketel
asam beresiko tinggi terhadap material
crossing.
- Kondensat dialirkan ke
tangki penampungan air tawar, untuk distribusi pemakaian rata-rata melalui Fresh water Pump ( kapsita rata-rata 20 ton )
Ø Mengapa pada
Evaporator jenis ini harus mempunyai
tekanan vacum
Jawab
:
Karena
untuk menguapkan kembali cairan freon
yang masuk dengan cara mengambil/menyerap panas yang berada di dalam ruang dingin atau yang berada disekitar pipa coil tersebut.
Keterangan A :
A
= Evaporator
1
= Bejana Evaporator
2
= Spiral pemanas
3
= Dinding pemanas
4
= katup uap primer masuk
|
Keterangan B :
B
= Pesawat Distilasi
1
= Bejana distilasi (condensor)
2
= Filter
3
= Dasar Bejana
4
= Air laut masuk
|
ri. Bahan bakar yang
tersedia sisa 170 ton lagi. Kapal ingin
sampai di Pelabuhan tujuan 9 (sembilan)
jam lebih awal agar sampai pada siang
hari (masih jam kerja). Jarak yang harus masih harus ditempuh = 2160 mil lagi.
a. Berapa kecepatan yang harus
ditempuh agar sampai lebih awal
sesuai tersebut diatas, dengan asumsi kondisi laut/cuaca sama ?
b. Apakah sisa bahan
bakar masih cukup? Harap dibuktikan
bahwa walaupun ada penambahan kecepatan, sisa bahan bakar masih cukup!
Diketahui : V =
15 Knots
Pamakaian
BBM = 24 Ts / hari
BB1 = 170
Jarak = 2160 mil
Kapal ingin sampai dipelabuhan tujuan 9 jam lebih
awal.
Ditanya :
a)
Kecepatan yang harus ditempuh agar sampai lebih awal sesuai
tersebut diatas
b)
Apakah sisa bahan bakar masih cukup ?
Buktikan bahwa walaupun ada penambahan kecepatan sisa bahan bakar masuh cukup.
Jawab :
a)
t =
= 6 hari ( waktu normal yang ditempuh)
sedangkan yang diinginkan adalah 9 jam lebih awal. Maka waktu tempuh
yang diinginkan adalah :
144 jam -
9 jam= 135 jam =
5 hari 15 jam
jadi
kecepatan ditempuh agar sampai 9 jam
lebih awal :
t
= d/v
135 = = 16 knots
b)
Konsumsion / hari dengan kecepatan kapal 16 knot adalah
BB1
: BB2 = V12 : V22
24 :
x = 152 : 162
x =
= 27,3 ton / hari
BBM yang tersedia
= 170 Ts 5,625 x 27,3 =
Waktu tempuh yang diinginkan = 5 hari 15 jam
BBM yang diperlukan
di kapal = 153, 6 ton
v Sisa bahan bakar masih cukup dengan sisa
= 170 Ts -
153,6 Ts = 16,4 ton
PERMESINAN KAPAL III
1. Komponen-komponen yang ada
pada mesin pendingin diantaranya adalah Compresor, Kondensor, Evaporator, Oil
Separator, Receiver, pengering, Selenoid Valve, dan Expantion Valve. Jelaskan
fungsi dari masing-masing komponen
tersebut disertai gambar skema dari
aliran dalam sistem mesin pendingin !
Jawab :
Compresor : Untuk
mengisap gas bahan pendingin tekanan
rendah dan Evaporator dan menekannya ke
katup ekspansi melalui kondensor dengan tekanan tinggi.
Kondensor : suatu pesawat bantu untuk mengubah bentuk gas
atau uap menjadi bentuk cair
dengan proses kondensasi. Evaporator : Suatu pesawat penguap dan unit instalasi
pembuat air tawar dari air laut dengan proses penyulingan.
1
= Bejana Evaporator
2
= Pemanas
3
= Dasar bejana
4
= Saringan
5
= Ruang distelasi
|
6
= Pompa destelasi
7
= Pompa buang air
laut
8
= Pompa Vaccum
9
= Saluran air laut
masuk
10 = Ruang Kondendsat
|
Oil sparator : Suatu pesawat bantu yang
berfungsi untuk memisahkan bagian-bagian
yang berat dan yang ringan antara air got dengan minyak-minyak kotor.
RECIEVER : untuk pengumpul cairan bahan pendingin
sebelum di alirkan kedalam sistem
Expantion Valve :
mengatur jumlah bahan
pendingin yang mengalir menuju evaporator
Selenoid Valve :
untuk menyetop aliran bahan pendingin bila suhu refrigeranting space sudah mencapai batas terendah dan membuka bila suhu refrigeranting
space mencapai batas tertinggi.
Pengering : untuk menyaring atau menyerap kandungan air
yang terdapat di dalam zat pendingin. .
2. a.
Jelaskan apa fungsi dan kegunaan dari pesawat Fresh Water Generator (
FWG) atau yang lazim disebut Evaporator yang ada dikapal dan mengapa dikapal
dipasang alat tersebut, jelaskan alasan
saudara!
b. Jelaskan dengan gambar skema, cara
kerja dari
Evaporator yang menggunakan Steam
(uap) sebagai media panas!
Jawab :
a)
Fungsi dan kegunaan dari pesawat fresh water generator :
pesawat pembuat air tawar dengan
jalan menggunakan air laut di dalam penguap (Evaporator ) dan uap air laut tersebut di dinginkan dengan cara kondensasi di dalam pesawat kondensor,
sehingga menghasilkan air kondensasi yang
disebut kondensat.
b)
Gambar skema cara kerja dari evaporator yang menggunakan
sistem uap.
Keterangan :
3.
Sebuah kapal berlayar dengan
kecepatan 12 knot, pemakaian bahan bakarnya
motor induk sebanyak 20 ton
setiap kali jaga (4 jam). Pada waktu dilakukan pemeriksaan kondisi tangki bahan
bakar (ROB) adalah 240 ton, sedangkan
jarak yang masih harus ditempuh adalah
600 mil. Kapal diharapkan tiba dipelabuhan
tujuan adalah 6 jam lebih cepat dari kapal berlayar dengan kecepatan 12
knot. Berapa jumlah bahan bakar yang diperlukan untuk penambahan bahan bakar (bunker) dipelabuhan tujuan?
Kapasitas tangki
bahan bakar adalah 800 ton.
Jawab :
.3. Diketahui
V = 12 knot
Pemakaian bb
= 20 ton / hari
(rob)
bb = 240
ton
jarak
= 600
mil
kapal diharapkan tiba dipelabuhan tujuan =
6 jam lebih cepat
dari kapal berlayar dengan kecepatan : 12
knot
Ditanya :
bb untuk bunker ? kapasitas tanki
800 ton
Jawab
: t =
¨
maka waktu yang digunakan
= 50 jam - 6 jam = 44 jam
= 1 hari 20 jam
-
t =
-
Bb2 =
=
Bb2 = = 25,7 ton / hari
-
1,07 x 44 jam = 47,1 ton ( pemakaian bb
selama pelayaran)
-
240 ton – 47,1 ton = 192,9 Tn (sisa bb)
-
800 T - 192,9 T
= 607,1 ( bunker dipelabuhan
tujuan )
.4. Apakah fungsi dan kegunaan dari
Purifier (separator) di kapal, jelaskan sistem kerja dari alat tersebut!
Fungsi dan kegunaan puriffier (sparatora0
Ø Suatu pesawat yang
berfungsi untuk memisahkan minyak dengan
kotoran dimana proses ini berdasarkan dengan berat jenis ( B2), untuk
membersihkan bahan bakar ( BBM) dan
lumpur (kotoran)
Ø Sistem kerja dari alat
puriffier ( sparator) :
Memisahkan air dan kotoran dan minyak berdasarkan gaya sentipetal ( dimana
partikel yang SG nya lebih besar akan terlempar keluar)
PERMESINAN KAPAL IV
1. Uraikan
keuntungan maupun kerugiannya menggunakan
mesi kemudi Electro Hydraulic dibandingkan dengan mesin kemudi listrik!
Jawab :
KEUNTUNGAN :
-
Lebih hemat tenaga praktis
-
Tidak banyak bagian yang bergerak
-
Tidak menimbulkan kebisingan
-
Kemampuan lebih besaar
-
Effect rudder cukup berfungsi walaupun bobot mati kapal cukup
besar
-
Tidak banyak pemeliharaan
KERUGIAN :
-
Harganya lebih mahal
-
Pemakaian suku cadang lebih besar
-
Biaya perawatan lebih mahal.
2.
Prisnsip kerja Air Conditioning juga dipakai untuk pengolahan udara
palka terutama untuk menyerap kadar air yang terlalu banyak didalam palka. Gambarkan salah satu
cara”Pengolahan udara palka” dan terangkan prinsip kerjanya!
3.
Bahan bakar yang tersedia diatas kapal sangat minimum, hanya cukup untuk
menempuh jarak 1.050 mil lagi pada kecepatan 15 knots. Sedangkan menurut peta
jarak yang masih harus ditempuh adalah 1.400 mil lagi.
Pada kecepatan berapa agar kapal sampai di
pelabuhan tujuan dengan bahan bakar yang
tersedia bisa cukup.
Jawab =
=
V2 =
=
= 20 knots
v
kecepatan kapal yang dibutuhkan 20 knot
4.
Gambarkan suatu instalasi Oily Water Separator (O,W,S) sebutkan nama
bagian-bagian utamanya dan terangkan prinsip kerjanya!
Gambar instalsi oily water separator (ows)
Keterangan :
A.
= bilge separator
B.
= coaliser
C.
= disc
(lempeng-lempeng plat)
D.
= piston valve
E.
= Solenoide valve
F.
= slugde oil tank (
tangki minyak kotor )
G.
= filter
H.
= bilge pump
I.
= membran
·
Prinsip kerjanya
-
Air got diisap oleh bilge pump H di teruskan ke bilge separator A yang bercmpur dengan
suidge oil (minyak kotor)
-
Gravity disc yang berada pada bilge separator A yang berputar centrifuge oleh
mottor penggerak dari motor listrik
-
Minyak-minyak kotor tersebut
akan mengirimkan sinyal ke kontrol unit mengakibatkan solenoid valve E
bekerja membuka membran piston valve D
-
Sehingga minyak kotor masuk
ke sludge oil sludge oil tank F sedangkan air got masuk ke coaliser B, ke filter G disisi kiri.
-
Konsentrasi air laut dapat di monitor OPM ( Oil Pountion
Monitor) bila konsentrasi mennjuk 15 ppm
maka air laut boleh langsung di buang
kelaut, namun bila konsentrasinya lebih besar dari 15 ppm maka kedalam
sistem coaliser secara flusning dengan harapan
menurunkan nilai ppm tersebut hingga
normal untuk di buang.
-
Minyak kotorannya di tampung di sludge oil tank F,
selanjutnya di bakar di pesawat menjadi
gas , minyak kotor terebut di bolehkan dibuang kelaut, karena menimbulkan
pencemaran.
V. (15). 5.
Bila kapal mengangkut muatan Reefer Container, faktor-faktor apa
saja yang harus diperhatikan dan dimonitor rutin
setiap harinya?
Jawab :
1.
Temperatur Muatan harus sesuai dengan setting temperatur yang
telah ditentukan / dicantum dalam cargo manifest.
2.
Pengecekan terhadap komponen-komponen reefer container misal :
-
kompresor
-
kipas kompressor
-
indikator temperatur
-
jarum pencatat temperatur.
PERMESINAN KAPAL V
.1. Sebuah kapal dengan displacement 10.000
ton menggunaka 30 ton MFO/hari pada kecepatan 15 knots serta untuk keperluan
lain-lain = 30 ton / hari. Waktu jarak ke
pelabuhan tujuan = 1000 mil dan
sisa bahan bakar yang dapat di pompa =
80 ton.
Ditanyakan :
a. Berapakan kecepatan kapal
untuk mencapai tujuan dengan cadangan
bahan bakar = 15 ton.bb?
b. Pemakaian BBM pada
kecepatan sesuai pertayaan a.
c. Waktu yang diperlukan pada
kecepatan tersebut.
Jawab :
a.
jelaskan hubungan antara daya dorong kapal dengan berat benaman (displacement)!
b.
gambarkan sketsa sederhana
instalasi turbin berggerak kapal dengan turbin tekanan tinggi dan turbin
tekanan rendah dilengkapi turbin munndur serta gigi reduksinya. Sebutkan pula
bagian-bagiannya mulai dari boiler hingga propeller!
c. Sebutkan
kelemahan-kelemahan instalasi turbin uap sebagai pesawat pendorong kapal dibandingkan
dengan motor diesel!
d. Sebutkan 3 (tiga) jenis
pesawat pendorong kapal yang saudara ketahui
Jawab :
A.
Hubungan antara daya dorong kapal ( kecepatan) dengan berat
benanam
Bila berat
benanam kapal besar maka daya dorong kapal berkurang karena akan semakin besar pula daya hmbat.
B.
Sketsa Sederhana Instalasi Turbin penggerak Kapal dengan
Turbin Tekanan Tinggi dan rendah dilengkapi Turbin Mundur serta Gigi Reduksinya
:
C.
Kelemahan – Kelemahan Instalasi Turbin Uap Sebagai Pesawat
Pendorong kapal dibandingkan dengan Motor diesel :
1. Memerlukan
Ruang yang Besar
2. Perawatannya mahal
3.
Sulit dalam olah gerak
4.
Memerlukan keahlian khusus
( tambah sendiri )
D.
Tiga jenis pendorong
Kapal :
1.
Turbing uap
2.
Motor diesel
3.
Sistem turbo.
3.
Sebuah kapal berlayar dengan kecepatan
20 knots kisar baling-baling 7 meter, putaran poros engkol 120 rpm, slip
pada blok pendorong 2%. Ditanyakan slip semua kapal tersebut!
Jawab :
Slip Semu
=
S (kecepatan baling-baling) =
Slip Semu =
= 26,47%
4. Terangkan
kegunaan mesin pendingin diatas kapal
secara umum terutama pada kapal saudara!
Jawab :
4.
Kegunaan mesin
pendingin
Ø
Pendingin ruang bahan makanan :
-
Ruang beku yaitu untuk
menyimpan daging, ikan dan lain-lain (
suhu dibwah O0 )
-
Ruang dingin yaitu
untuk menyimpan sayur-sayuran,
buah-buahan , minuman dan lain-lain ( suhu di aas O0)
Ø
Pendingin ruang akomodasi :
-
Ruang akomondasi
-
Ruang makan
-
Kamar ABK
-
Anjunran
-
Kontrol room kamat mesin.
5. Sebutkan sifat-sifat mesin
pendingin diatas kapal saudara!
Jawab :
5.
Sifat mesin pendingin:
1.
Tidak beracun.
2.
tidak mudah meletus (explosive).
No comments:
Post a Comment