Saturday, August 16, 2014

SOAL JAWAB UKP PERMESIN KAPAL 1

PERMESINAN KAPAL I
A.1. Buatkan diagram block kemudi otomat, bila haluan yang  dikemudikan 180 sedangkan haluan yang dikehendaki 200.
Jelaskan pada diagram, perubahan mesin kemudi  terhadap kapal bila tida ada gangguan dari luar !

Jawab.



Ø  Kemudi digerakkan ke 180 kanan/kiri, signal dikirim ke reciver, dari reciver mengolah data untuk pilot valve yang mengatur jumlah minyak yang mengalir ke ram-ram mesin kemudi sesuai orang yang ikehendaki.
Pergerakan dari kemudi diterima oleh  transmiter berupa signal listrik  yang kemudian diteruskan ke  rudder indicator dan reciver pada hand steering sebesar 200


B.2.  Kapal setelah menerima bunker MFO di pelabuhan teryata viscositas terlalu tinggi, unsur carbon cukup,  ada unsur lainnya yang melebihi  dari daftara seperti  lumpur, kandungan air dan aspal. Contoh  bahan bakar dikirim ke Agen  untuk pemeriksaan ke laboratorium, tapi kapal harus meneruskan  pelayaran.
a.       Bagaimana cara pembersihan bahan bakar  tersebut sebelum ke injector, alat-alat apa saja yang perlu digunakan ?
b.       Buatkan sketsa sederhana  instalasi bahan  bakar mulai dari tangki endap (setting) sampai ke injector. Dalam gambar sebutkan dimana penggantian bahan bakar MFO ke MDO bila kapal akan  olah gerak masuk pelabuhan.

2.a.  cara pembersihan bahan bakar sebelum ke injector :
-          Bahan  bakar sebelum dipergunakan  ke injector  harus melalui purifier (Sparator), FO filter Duplex dan FO filter stainer.
        


INJECTOR
 
 

sketsa sederhana  instalasi bahan  bakar mulai dari tangki endap (setting) sampai ke injector.



C.3.  Buatkan sketsa sederhana  incinerator yaitu alat untuk membakar sampah dan sludge dari slop thank.
a.       Jelaskan cara kerja alat tersebut
b.       Mengapa di kapal harus ada  incinerator


C. 3.a. Prinsip kerja INCENERATOR
-    Jalankan blower ( fan draft) untuk fre furge
-    Jalankan pilot burner sebagai membakar awal
-    Jalankan  w/o pump, sehingga skedge (water oil) terbakar dalam  furnace, gas hasil pembakaran keluar melewati Exhaust manifolt
3.b.  *  INCENERATOR harus ada dikapal
-    untuk membakar minyak kotor
-    untuk membakar sampah-sampah berminyak (kecuali plastik)
D.4. Dalam  pelayaran dari Terusan Suez ke Tg. Priok, kapal MV. GEMBIRA berlayar dengan kecepatan 17 knot, pemakain bahan bakar MFO 23,0 ton per jam. Pada jarak  408 mil sebelum sampai di pelabuhan, bahan bakar (MFO) tinggal  414 ton karena  ada kerusakan pada  FO Purifier bahan bakar tercampur dengan lumpur. Dengan kecepatan  17 knot kapal diperkirakan sampai pukul  16.00 WTS dan langsung sandar. Bahan bakar MDO diluar pemakaian  generator  masih bisa 160 ton.
Pertayaan :
a.       Berapa kecepatan kapal  dengan sisa 414 ton untuk sampaidi pelabuhan?
b.       Berikan saran kepada operasional bila kapal tetap dengan kecepatan  17 knot memakai tambahan MDO!
Diketahui              :
  MV. GEMBIRA
  V1 =  17 Knot           V2  = … ?
   BB=  23 ton / jam             BB2  =  …?
-          S  =  408 mill
-          Sisa Bahan Bakar  = 414 ton
Ditanya  :
 a )  Berapa Kecepatan Kapal dengan sisa 414 ton ?
                                t  =  408/24=24 Hours
pemakaian minyak yang diharapkan  perjam :
                                                =  414/24=17,25 ton / jam (sebagai BB2)
Maka     :  BB1  : BB2  =  V12  : V22.
                            

c.        Bila kapal harus mempertahankan dengan kecepatan  17 knot, maka memakai tambahan :
-          Bahan Bakar yang diperlukan                          =  24 jam x 23 ton/jam
-          Sisa MFO  = 414 ton
-          MDO yang diperlukan =  552 ton  - 414 ton
                                                                 =  138  ton
PERMESINAN KAPAL II

E. (20). 1.  MESIN UTAMA
a.       Main Engine 9 Motor Diesel) tanpa dilengkapi dengan sistem  pesawat bantu tidak bisa bekerja (dioperasikan). Mengapa ? Jelaskan !
b.       Apakah tujuan bahan bakar minyak dikapal terutama MFO dalam penggunaanya selalu dipanasi terlebih dahulu. Jelaskan!
Jawab :
a.       Karena tenaga yang dihasilkan  oleh Mesin Engine hanya sebagai pengerak utama kapal (baling-baling) sedangkan  Mesin Engine  itu sendiri  harus dilengkapi dengan pesawat-pesawat bantu yang dapat menunjang  bekerjanya  main engine, sehingga berjalan lebih  sempurna.
Contoh : 
1.       Adanya compresor sebagai star awal Mesin Engine.
2.       Pompa-pompa seperti : pompa pendingin, pompa pelumas, pompa injector dan lain-lain
b.        Tujuan bahan bakar MFO dipanaskan terlebih dahulu
Jawab :
1.       Dapat terurai
2.       BJ -nya rendah
3.       Mudah dipompakan
4. Kotoran mudah dipisahkan
5. Mudah dikabutkan
6. Titik bakar lebih rendah
7. Dapat terbakar dengan sempurna
F. (20). 2.   MESIN PENDINGIN
Apakah fungsi dari pesawat-pesawat yang terpasang pada  sistern mesin  pendinginan berikut ini :
a.                                 Kompressor
b.                                 Kondensor
c.                                  Katup expansi
d.                                 Coil evaporator
Fungsi dari pesawat-pesawat ini adalah :
Jawab :
a.  Compressor                                     :  Untuk mengisap bahan pendingin tekanan rendah dari Evaporator dan menekannya kekatup expansi melalui condensor, dengan tekanan dan suhu tinggi.
b. Kondensor                                        :  Untuk mengubah gas pendingin  untuk freon  cair dengan cara pendinginan, untuk menampung cairan  freon dari hasil condensasi di dalam kondensor tersebut.
c.  Katup expansi : Untuk mengatur jumlah cairan  freon yang mengalir  kedalam pipa Coil Evaporator, sesuai jumlah yang dibutuhkan.
d. Coil Evaporator :  untuk menguapkan kembali ciran  freon yang masuk dengan cara  mengambil/menyerap panas yang ada di dalam ruang angin atau yang berada di sekitar pipa coil tersebut.
G. (15). 3.  Uraikan keuntungan maupun kerugiannya menggunakan mesin kemudi  Electro  Hydraulic Kerja Ganda di bandingkan menggunakan Mesin kemudi electro Hydraulic kerja Tunggal!
KEUNTUNGAN
KERUGIAN
v  Effek rudder cukup berfungsi walaupun bobot kapal, cukup besar.
v  Kapal  tetap beroperasi walaupun ada gangguan  pada beberapa ram cylinder (kecuali terganggu lebih 2 ram cylinder).
v  Harga belinya lebih mahal
v  Perawatan lebih banyak, berarti juga waktu perawatannya lebih lama
v  Pemakaian suku cadang lebih besar
v  Biaya perawatan lebih besar.
Jawab
H. (20). 4. Dikapal-kapal samudra yang melayari jarak jauh biasanya  dilengkapi dengan Freshwater Generator (Pesawat Pembuat Air Tawar). Gambarkan secara sederhana  dan terangkan prinsip kerja  Freshwater Generator tersebut dengan menggunakan pemanasnya  ex air pendingin Mesin Induk. Harap dijelaskan juga  mengapa  pada Evaporator jenis ini harus mempunyai tekanan yang vacum.
Ø Prinsip Kerjanya
-    Masukan air laut panas kedalam evaporator yang keluar dari turbin condensor atau yang  keluar dari condensor FWG, tujuan dari       alat-alat yangsudah panas  supaya lebih cepat menguap bila dipanaskan
-    Melalui spiral  pemanas dimasukkan  uap primer yang diambil uap turbin utama atau uap bekas  pesawat bantu (spiral melingkr supaya penyerapan panas  lebih banyak).
-    Air laut menyerap panas  dari uap primer  yang  menglir  dalam spiral, se-air laut tersebut. Menguap disebut uap skunder.
-    Uap skunder bergerak  ke ruang uap  kedalam  tabung evaporator , di sebelah atas.
-    Bila air laut berkurang  karena  menguap  dapat  di periksa pada  gelas penduga maka harus ditambah lagi dengan  mengatur katup 6 pada  gambar A.
-    Tekanan uap skunder dapat diperiksa  dinamometer 12, jika tekanan meningkat, maka secara automatic uap akan di blow melalui katup keamanan 10, sehingga bahaya ledakan  dapat dihindari.
-    Uap skunder yang dibentuk dialirkan  ke pesawat destilasi (condensor) pada gambar B berisi pipa-pipa pendingin kedalam  pipa ini  dimasukin air laut  sedangkan uap skunder berada di luar pipa-pipa ini.
-    Uap skunder menyerap dingin dari air laut, sehingga uap tersebut berolah bentuk menjadi air melalui proses  pengembunan (kondensasi) air yang berbentuk  air distilasi atau kondensot
-    Kondensat ini digunakan untuk air mandi atau air pengisi ketel, tidak untuk minum karena tidak memenuhi syarat kesehatan         ( 10ppm) air baik  di konsumsi adalah (PH. 8 – 9 )
Untuk air pengisi ketel juga melalui proses  meter tretsment, karena air  ketel asam beresiko  tinggi terhadap material crossing.
-    Kondensat dialirkan ke tangki penampungan air tawar, untuk distribusi pemakaian rata-rata melalui  Fresh water Pump             ( kapsita rata-rata 20 ton )
Ø Mengapa pada Evaporator  jenis ini harus mempunyai tekanan vacum
Jawab :
Karena untuk menguapkan kembali cairan  freon yang masuk dengan cara mengambil/menyerap panas yang berada  di dalam ruang  dingin atau yang berada  disekitar pipa coil tersebut.
Keterangan  A :
A  =  Evaporator
1         =  Bejana Evaporator
2         =  Spiral pemanas
3         =  Dinding pemanas
4         =  katup uap primer masuk
Keterangan B :
B  =  Pesawat Distilasi
1         =  Bejana distilasi (condensor)
2         =  Filter
3         =  Dasar Bejana
4         =  Air laut masuk



   













I. (25).  5.   Pada kecepatan kapal  15 knots. Pemakaian bahan bakar  = 24 ton per ha
ri. Bahan bakar yang tersedia  sisa 170 ton lagi. Kapal ingin sampai di Pelabuhan tujuan  9 (sembilan) jam lebih awal agar sampai pada  siang hari (masih jam kerja). Jarak yang harus masih harus ditempuh  = 2160 mil lagi.
a. Berapa kecepatan yang  harus  ditempuh agar sampai  lebih awal sesuai tersebut diatas, dengan asumsi kondisi laut/cuaca sama ?
b. Apakah sisa bahan bakar  masih cukup? Harap dibuktikan bahwa  walaupun ada penambahan  kecepatan, sisa bahan bakar masih cukup!
Diketahui :  V = 15 Knots
Pamakaian     BBM            =  24 Ts / hari
               BB1  =  170
               Jarak               =  2160 mil
Kapal ingin sampai dipelabuhan tujuan 9 jam lebih awal.
Ditanya :
a)          Kecepatan yang harus ditempuh agar sampai lebih awal sesuai tersebut diatas
b)          Apakah sisa bahan bakar masih cukup ?
                                      Buktikan  bahwa walaupun  ada penambahan kecepatan  sisa bahan bakar masuh cukup.
Jawab :
a)       t  =
  =  6 hari ( waktu normal yang ditempuh)
        sedangkan yang diinginkan  adalah 9 jam lebih awal. Maka waktu tempuh yang diinginkan adalah  :
144  jam -  9 jam=  135  jam =   5 hari 15 jam
jadi kecepatan ditempuh agar sampai  9 jam lebih awal :
        t  =  d/v
        135 =  =  16 knots
b)       Konsumsion / hari dengan kecepatan kapal 16 knot adalah
BB1  : BB2            =  V12  : V22
   24  :      x     =  152  :  162
                    x         = 
                               =  27,3 ton / hari
BBM yang tersedia  =  170 Ts  5,625 x 27,3 =
Waktu tempuh yang diinginkan     = 5 hari 15 jam
BBM yang diperlukan  di kapal      =  153, 6 ton
v  Sisa bahan bakar  masih cukup dengan sisa
= 170 Ts  - 153,6 Ts   = 16,4 ton
PERMESINAN KAPAL III

  1.  Komponen-komponen yang ada pada mesin pendingin diantaranya adalah Compresor, Kondensor, Evaporator, Oil Separator, Receiver, pengering, Selenoid Valve, dan Expantion Valve. Jelaskan fungsi dari  masing-masing komponen tersebut disertai gambar skema  dari aliran dalam  sistem mesin pendingin !
Jawab :
Compresor    :   Untuk mengisap gas bahan  pendingin tekanan rendah dan  Evaporator dan menekannya ke katup ekspansi melalui kondensor dengan tekanan tinggi.
Kondensor    :   suatu pesawat bantu untuk mengubah  bentuk gas  atau uap  menjadi bentuk cair dengan proses  kondensasi. Evaporator                         :  Suatu pesawat penguap dan unit instalasi pembuat air tawar dari air laut dengan proses penyulingan.
1         =  Bejana Evaporator
2         =  Pemanas
3         =  Dasar bejana
4         =  Saringan
5         =  Ruang distelasi
6         =  Pompa destelasi
7         =  Pompa buang air laut
8         =  Pompa Vaccum
9         =  Saluran air laut masuk
10     =  Ruang Kondendsat
Oil sparator   :  Suatu pesawat bantu yang berfungsi untuk memisahkan bagian-bagian  yang berat dan yang ringan antara air got dengan minyak-minyak kotor.
RECIEVER  :  untuk pengumpul cairan bahan pendingin sebelum di alirkan  kedalam sistem
Expantion Valve                       :  mengatur jumlah bahan  pendingin  yang  mengalir menuju evaporator
Selenoid Valve                           :  untuk menyetop aliran bahan pendingin bila suhu  refrigeranting space sudah  mencapai batas  terendah dan membuka bila suhu refrigeranting space mencapai batas tertinggi.
Pengering       :  untuk menyaring atau menyerap kandungan air yang terdapat di dalam zat pendingin. .
2. a.  Jelaskan apa fungsi  dan  kegunaan dari pesawat Fresh Water Generator ( FWG) atau yang lazim disebut Evaporator yang ada dikapal dan mengapa dikapal dipasang  alat tersebut, jelaskan alasan saudara!
b. Jelaskan dengan gambar skema, cara kerja dari
Evaporator yang menggunakan Steam (uap) sebagai media panas!
Jawab :
a)       Fungsi dan kegunaan dari pesawat fresh water generator  :  pesawat pembuat air tawar  dengan jalan menggunakan air laut di dalam penguap (Evaporator ) dan  uap air laut tersebut  di dinginkan dengan cara  kondensasi di dalam pesawat kondensor, sehingga  menghasilkan air kondensasi yang disebut  kondensat.
b)       Gambar skema cara kerja dari evaporator yang menggunakan sistem uap.















Keterangan :

3.  Sebuah kapal berlayar  dengan kecepatan 12 knot, pemakaian bahan bakarnya  motor induk sebanyak  20 ton setiap kali jaga (4 jam). Pada waktu dilakukan pemeriksaan kondisi tangki bahan bakar  (ROB) adalah 240 ton, sedangkan jarak yang masih  harus ditempuh adalah 600 mil. Kapal diharapkan tiba dipelabuhan  tujuan adalah 6 jam lebih cepat dari kapal berlayar dengan kecepatan 12 knot. Berapa jumlah bahan bakar yang diperlukan untuk penambahan  bahan bakar (bunker) dipelabuhan tujuan?
Kapasitas tangki bahan bakar adalah 800 ton.
Jawab :
.3.  Diketahui  V = 12 knot
   Pemakaian  bb  =  20 ton / hari
   (rob) bb              =  240 ton
   jarak                   =  600 mil
kapal diharapkan tiba dipelabuhan  tujuan =  6 jam lebih cepat
dari kapal berlayar dengan kecepatan  :  12 knot

Ditanya :  bb untuk bunker ? kapasitas tanki  800 ton
Jawab     :  t  =                        
¨         maka waktu yang digunakan  = 50 jam -  6 jam =  44 jam  = 1 hari  20 jam
-            t =
-           
        
         Bb2     =
                = 
         Bb2       =   =  25,7 ton / hari
-           
1,07 x 44 jam = 47,1 ton ( pemakaian bb selama pelayaran)
-            240 ton – 47,1 ton = 192,9 Tn (sisa bb)
-            800  T -  192,9 T   =  607,1 ( bunker dipelabuhan tujuan )
.4. Apakah fungsi dan kegunaan dari Purifier (separator) di kapal, jelaskan sistem kerja dari alat tersebut!
Fungsi dan kegunaan puriffier (sparatora0
Ø Suatu pesawat yang berfungsi untuk memisahkan minyak  dengan kotoran dimana  proses ini  berdasarkan dengan berat jenis ( B2), untuk membersihkan bahan  bakar ( BBM) dan lumpur (kotoran)
Ø Sistem kerja dari alat puriffier ( sparator) :
Memisahkan air dan kotoran dan minyak berdasarkan gaya sentipetal ( dimana partikel yang SG nya lebih besar akan terlempar keluar)







PERMESINAN KAPAL IV
1.   Uraikan keuntungan  maupun kerugiannya menggunakan mesi kemudi Electro Hydraulic dibandingkan dengan  mesin kemudi listrik!
Jawab :
KEUNTUNGAN :
-                Lebih hemat tenaga praktis
-                Tidak banyak bagian yang bergerak
-                Tidak menimbulkan kebisingan
-                Kemampuan lebih besaar
-                Effect rudder cukup berfungsi walaupun bobot mati kapal cukup besar
-                Tidak banyak pemeliharaan
KERUGIAN :
-                Harganya lebih mahal
-                Pemakaian suku cadang lebih besar
-                Biaya perawatan lebih mahal.
 2.  Prisnsip kerja Air Conditioning juga dipakai untuk pengolahan udara palka terutama untuk menyerap kadar air yang terlalu  banyak didalam palka. Gambarkan salah satu cara”Pengolahan udara palka” dan terangkan prinsip kerjanya!

 3.  Bahan bakar yang tersedia diatas kapal sangat minimum, hanya cukup untuk menempuh jarak 1.050 mil lagi pada kecepatan 15 knots. Sedangkan menurut peta jarak yang masih harus ditempuh adalah 1.400 mil lagi.
Pada kecepatan berapa agar kapal sampai di pelabuhan tujuan  dengan bahan bakar yang tersedia bisa cukup.
Jawab          = 
                      = 
               V2 =
                      = 
                      =  20 knots
v    kecepatan kapal yang dibutuhkan  20 knot
 4.  Gambarkan suatu instalasi Oily Water Separator (O,W,S) sebutkan nama bagian-bagian  utamanya dan terangkan  prinsip kerjanya!
Gambar instalsi oily water separator (ows)
                                       
Keterangan :
A.      =  bilge separator
B.      =  coaliser
C.      =  disc (lempeng-lempeng plat)
D.      =  piston valve
E.       =  Solenoide valve                              
F.       =  slugde oil tank ( tangki minyak kotor )
G.      =  filter
H.      =  bilge pump
I.        =  membran
·         Prinsip kerjanya
-          Air got diisap oleh bilge pump H di teruskan  ke bilge separator A yang bercmpur dengan suidge oil (minyak kotor)
-          Gravity disc yang berada pada bilge  separator A yang berputar centrifuge oleh mottor penggerak dari motor listrik
-          Minyak-minyak kotor tersebut  akan mengirimkan sinyal ke kontrol unit mengakibatkan solenoid valve E bekerja  membuka  membran piston valve D
-          Sehingga minyak kotor masuk  ke sludge oil sludge oil tank F sedangkan air got masuk  ke coaliser B, ke filter G disisi kiri.
-          Konsentrasi air laut dapat di monitor OPM ( Oil Pountion Monitor) bila konsentrasi mennjuk  15 ppm maka air laut boleh langsung  di buang kelaut, namun bila konsentrasinya lebih besar dari 15 ppm maka kedalam sistem  coaliser secara flusning dengan harapan menurunkan nilai  ppm tersebut hingga normal untuk  di buang.
-          Minyak kotorannya di tampung di sludge oil tank F, selanjutnya di bakar di pesawat   menjadi gas , minyak kotor terebut di bolehkan dibuang kelaut, karena menimbulkan pencemaran.
V. (15).  5.  Bila kapal mengangkut muatan Reefer Container, faktor-faktor apa saja  yang      harus diperhatikan dan dimonitor rutin setiap  harinya?
Jawab :
1.       Temperatur Muatan harus sesuai dengan setting temperatur yang telah ditentukan / dicantum dalam cargo manifest.
2.       Pengecekan terhadap komponen-komponen reefer container  misal :
-          kompresor
-          kipas kompressor
-          indikator temperatur
-          jarum pencatat temperatur.
PERMESINAN KAPAL V

.1. Sebuah kapal dengan displacement 10.000 ton menggunaka 30 ton MFO/hari pada kecepatan 15 knots serta untuk keperluan lain-lain = 30 ton / hari. Waktu jarak ke  pelabuhan tujuan  = 1000 mil dan sisa  bahan bakar yang dapat di pompa = 80 ton.
Ditanyakan :
a. Berapakan kecepatan kapal untuk mencapai tujuan  dengan cadangan bahan  bakar = 15 ton.bb?
b. Pemakaian BBM pada kecepatan sesuai pertayaan a.
c.  Waktu yang diperlukan pada kecepatan tersebut.
Jawab :
 a.   jelaskan  hubungan antara  daya dorong kapal  dengan berat benaman  (displacement)!
b.  gambarkan sketsa  sederhana instalasi turbin berggerak kapal dengan turbin tekanan tinggi dan turbin tekanan rendah dilengkapi turbin munndur serta gigi reduksinya. Sebutkan pula bagian-bagiannya mulai dari boiler hingga propeller!
c.  Sebutkan kelemahan-kelemahan instalasi turbin uap sebagai  pesawat pendorong kapal dibandingkan dengan  motor diesel!
d. Sebutkan 3 (tiga) jenis pesawat pendorong kapal yang saudara ketahui
Jawab :
A.           Hubungan antara daya dorong kapal ( kecepatan) dengan berat benanam
Bila  berat benanam  kapal besar maka  daya dorong kapal  berkurang karena akan  semakin besar pula daya hmbat.
B.           Sketsa Sederhana Instalasi Turbin penggerak Kapal dengan Turbin Tekanan Tinggi dan rendah dilengkapi Turbin Mundur serta Gigi Reduksinya :
C.           Kelemahan – Kelemahan Instalasi Turbin Uap Sebagai Pesawat Pendorong kapal dibandingkan dengan Motor diesel :
1.  Memerlukan Ruang yang Besar
2.    Perawatannya mahal
3.       Sulit dalam olah gerak
4.       Memerlukan keahlian khusus
                ( tambah sendiri )
D.           Tiga jenis pendorong  Kapal :
1.       Turbing uap
2.       Motor diesel
3.       Sistem turbo.
 3. Sebuah kapal berlayar dengan kecepatan  20 knots kisar baling-baling 7 meter, putaran poros engkol 120 rpm, slip pada blok pendorong 2%. Ditanyakan slip semua kapal tersebut!
Jawab :
Slip Semu  =
S (kecepatan baling-baling) =
Slip Semu    = 
            =  26,47%

4. Terangkan kegunaan mesin pendingin diatas   kapal secara  umum terutama pada kapal  saudara!
Jawab :
4.                   Kegunaan  mesin pendingin
Ø     Pendingin ruang bahan makanan :
-                      Ruang  beku yaitu untuk menyimpan  daging, ikan dan lain-lain ( suhu dibwah O0 )
-                      Ruang dingin  yaitu untuk   menyimpan sayur-sayuran, buah-buahan , minuman dan lain-lain ( suhu di aas O0)
Ø     Pendingin  ruang  akomodasi :
-                      Ruang  akomondasi
-                      Ruang makan
-                      Kamar ABK
-                      Anjunran
-                      Kontrol room kamat mesin.
5. Sebutkan sifat-sifat mesin pendingin  diatas kapal saudara!
Jawab :
5.                   Sifat mesin pendingin:
1.         Tidak beracun.

2.          tidak mudah meletus (explosive).

No comments:

Post a Comment