Sunday, June 22, 2014

SOAL JAWAB UKP METEOROLOGI DAN OCEANOGRAFI SOAL 3

SOAL 3
1.   Sebutkan macam-macam gerakan kenaikan udara dalam atmosfer yang dapat mengakibatkan terbentuknya awan.
      Jawab
      Proses-proses gerakan vertikal udara dalam atmosfer
      yang dapat menyebabkan pertumbuhan awan :
1.   Gerakan turbulensi mekanis (turbulensi lambat)
2.   Gerakan konveksi (turbulensi thermis)
3.   Gerakan kenaikan udara karena orografi
      4.   Gerakan kenaikan udara lambat yang luas, termasuk kenaikan pada front.

2.             Apakah yang disebut sebagai sektor dangerous semi circle dan sektor Navigable semi circle sebuah siklon tropik ?
Jawab
Dangerous semi circle adalah setengah lingkaran siklon tropis, dimana kapal-kapal yang sudah berada di dalam sektor tersebut sulit untuk dapat melarikan diri dari pusat siklon.
Navigable semi circle adalah bagian setengah lingkaran siklon tropis dimana kapal yang sudah berada di dalam sektor tersebut masih memungkinkan dapat melarikan diri.


3. Jika posisi dan arah lintasan pusat sebuah siklon tropis belum diketahui. Bagaimana ditentukan bahwa kapal berada pada sektor dangerous semi circle atau pada sektor navigable semi circle sebuah siklon, masing-masing untuk belahan bumi utara maupun untuk belahan bumi selatan ?
Jawab :
Cara untuk menentukan kapal kita berada pada sektor dangerous Semi circle untuk atau pada sektor navigable semi circle, yaitu :
- Di belahan Bumi Utara
Jika angin berubah secara veering, maka kapal berada pada sektor dangerous semicircle, sedang jika perubahan angin berubah secara backing, maka kapal berada pada sektor Navigable semicircle siklon
- Di belahan bumi selatan
Jika angin berubah secara veering maka kapal berada pada sektor navigable semi circle, sedang jika angin berubah secara backing, maka kapal berada pada sektor dangerous semicircle siklon tropis.

4. Sebutkan jenis2 awan & keadaan cuaca yg dpt terjadi masing2 pd front panas & front dingin depresi daerah sedang
Jawab :

- front panas :
Jika masa udara yang ada cukup basah, kedatanganya ditandai dengan tampaknya awan-awan cirrus dan cirrus stratus secara terus menerus menebal dan padat. Jika udara tersebut labil dan cukup turbulensi dapat terjadi.
- front dingin :
Awan-awan vertikal seperti cumullus besar dan cumullus nimbus dan hujan lebat dalam bentuk shower, timbulnya gusti serta badai guntur bila front dingin ini bertemu dan saling mempengaruhi dengan udara basah dan labil, akan dapat terjadi squal dengan shower yang sangat mendadak serta angin yang kuat dan berubah-ubah arah dan kecepatan.

5. Apakah yang dimaksud dengan arus permukaan laut tetap dan arus permukaan laut periodik dan sebutkan pula penyebab dari masing – masing arus tersebut ?
Jawab :
Arus permukaan laut tetap adalah arus permukaan yang mengalir secara terus menerus sepanjang tahun, menurut suatu sistem/pola yang teratur dan serupa.
penyebabnya : angin tetap tahunan ( angin muson ), perputaran rotasi bumi
Arus permukaan laut periodik adalah arus permukaan yang mengalir denga arah ya ng berubah-ubah secara periodik.
penyebabnya : pasang surut, angin musim 

6. Apakah yang disebut sebagai gelombang air dalam dan gelombang air dangkal serta sebutkan macam-macam gelombang yang termasuk kedalam gelombang air dangkal ?
Jawab :

7. Pola-pola kharasteritik cuaca arus masuk (in-draft) dan arus keluar (out-draft) hasil analisa stream-line, masing-masing merupakan sirkulasi arus angin sehubungan dengan adanya pola-pola apakah dari hasil analisa isobaric ?
Jawab :
Pola-pola karakteristik cuaca arus masuk (indraft) dan arus keluar (outdraft) dari hasil analisa stream line masing-masing merupakan sirkulasi arus angin sehubungan dengan adanya sistem daerah tekanan tinggi atau antisiklonal dan sistem daerah tekanan rendah/depresi atau siklonal.

8. Bagaimana arah sirkulasi arus angin serta keadaan cuaca pada umumnya, masing-masing pada pola arus masuk dan pola arus keluar tersebut ?
Jawab :
- pola arus keluar (outdraft)
- eddy
- titik netral
- titik tunggal
- garis arus angin mengumpul (confluency)
- garis arus angin menyebar (difluency)

9. Jelaskan mengapa lapse rate temperatur adiabatic jenuh (LRAJ) selalu lebih kecil daripada lapse rate temperatur adiabatic kering (LRAK) ? Dan jelaskan nilai masing-masing lapse rate temperatur adiabatic tersebut ?
Jawab :
Lapse rate temperatur adiabatic jernih (LRAJ) selalu lebih kecil daripada lapse temperatur adiabatic kurang (LRAK) :
a. Pada waktu udara jernih/basah naik, terjadi proses pendinginan dan terjadi pula proses pengembunan/kondensasi yang mengeluarkan panas yang terselubung sehingga penurunanya lebih kecil.
b. Pada waktu udara jernih turun, terjadi proses pemanasan dan proses penguapan yang membutuhkan panas penguapan, sehingga kenaikan panasnya kecil.
Nilai LRAJ adalah rata-rata 5ºC /Km atau 0,5 C/100M
Nilai LRAK adalah rata-rata 10º setiap kenaikan atau penurunan 1 Km atau 1ºC/100M

10. Apakah persamaan dan perbedaan antara angin geostropik dan angina gradien ?
Jawab :
- Persamaan antara angin geostropik dan angin gradien :
Keduanya sama-sama angin atas yaitu angin yang bertiup didalam lapisan bebas hambat (lapisan udara 100M keatas) yang dipengaruhi oleh gaya gradien tekanan udara (G) dan gaya conoli ©.
- Perbedaan antara angin geostropik dan angin gradien :
* Angin geostropik, dimana G=C sehingga :
    Angin geostropik merupakan angina atas yang bertiup
    disekitar sejajar garis-garis isobar yang lurus.           
* Angin gradien dimana G≠C sehingga :
    Angin gradien merupakan angin atas yang bertiup sekitar
    dan sejajar garis-garis isobar yang melengkung.



No comments:

Post a Comment