Thursday, March 20, 2014

SOAL JAWAB UKP PENGATURAN DAN PENATAAN MUATAN BAGIAN 1

1a.   Keuntungan pemuatan dgn peti kemas  :
-    Proses muat bongkar berjalan lebih cepat (menghemat waktu singgah kapal di pelabuhan )
-    Mencegah pencurian terhadap muatan.
-    Muatan terlindungi dari cuaca, dan muat bongkar tetap dapat berjalan walapun hujan, salju.
-    Muatan tidak bergerak, terikat dengan baik didalam container.
-    Langsung dapat muat bongkar dari/ke truck trailer.

Kerugiannya  :
-    Biaya mahal.
-    Memerlukan keahlian dalam penaganannya.
-    Memerlukan kegiatan muat/bongkar barang dari/ke dalam container.


1b.   Persyaratan peti kemas sesuai dengan ISO :
- Menpunyai sifat permanent dan cukup kuat untuk digunakan berulang ulang .
-    Dirancang khusus untuk pengangkutan barang dengan menggunakan satu beberapa jenis alat angkut tanpa harus membakar isinya disaat-saat akan dipindahkan.
-    Dilengkapi dengan alat perlengkapan yang mempermudah perpindahan dari suatu alat angkutan kealat angkutan lain.
-    Dirancang sedemikian rupa sehingga mudah untuk diisimaupun dikosongksn.
-    Memiliki volume ruang, dalam 1 m³ (35,5 cuft) atau lebih.

2a.   IMDG Code sesuai  dengan SOLAS yaitu : buku yang berisi peraturan (code) cara pemuatan barang berbahaya di kapal, yang antara lainnya mengharuskan memberikan atau membubuhi tanda (label) pada muatan berbahaya disamping itu juga membagi muatan berbahaya menjadi 9 klas, yaitu sebagai berikut:
-    Class 1         :   Explosives.
Barang berbahaya yang dapat meledak.
Misal: amunisi dan dinamit
-    Class  2        :   Gases ( Compressed, Liquified ordissolved ander pressure)
Gas yang dipampatkan berbentuk cairan atau padat, sesuai sifatnya dapat  meledak, beracun, menimbulkan karat dan lain-lain.
Missal: LPG dan LNG.
-   Class  3        :   Flammabel Liquid.
                            Cairan yang mudah menyala.
                            Missal: bensin, minyak tanah dan lain-lain.
-   Class  4        :   Flammable Solid.
                            Benda padat yang mudah menyala, beberapa jenis ini dapat meledak kecuali dicampur air.

-   Class  5        :   Oxidizing Substances.
                            Bahan yang mengandung asam, mudah menyala karena gesekan dan menimbulkan gas beracun.
-   Class  6        :   Posionous dan Infectious Substances.
                            Benda padat atau cair yang beracun.
                            Missal: obat serangga.
-   Class  7        :   Radioactive Substances.
                            Benda yang mengandung radioaktif.
                            Misal: jenis peroksida.
-   Class  8        :   Corrosives.
                            Zat yang bersifat merusak dan beracun.
-   Class  9        :   Mescelianeous Dangerous Substances.
                            Jenis benda lain yang berbahaya tetapi tidak termasuk dalam class diatas, biasanya menurut pengalaman suatu negara.

2b.   Dokumen yang disiapkan untuk mengirim muatan berbahaya:
-    Surat ijin muat-muatan berbahaya.
3a.   Drying.
Pengeringan muatan LNG atau LPG yang dihasilkan oleh compressor yang diambil dari darat atau dari tanki yang belum dibongkar, dikompresikan ketanki yang akan dibongkar via vapour lain ( menekan permukaan Liquid LPG atau LNG dalam tanki gas)  Liquid mengalir kedarat melalui Liquid line. Kalau pakai pompa Liquid mengalir dulu kepompa baru kebooster kedarat.

3b.   Gambar Skematik diagram air drying operation.


4. diket:







Daily Consumption                  :  FO = 20 tons, FW = 4 tons
S   Draft                                   :  8,2 m  = 820 cm
TPC                                         :  17 tons
S   DWT                                   :   9000 tons
Di Kobe harus ada cadangan 3 hari FO dan FW.
Ditanya  :  a. Berapa FO dan FW dimuat di Singapura .
b. Berapa tons pemuatan barang di Jayapura.
Jawab     :
1.        Kobe
S  Draft                                    = 820  cm
S – W Draft                                = 1/48 x 820               = 17  tons -
T  Draft                                    = 803  cm

2.        Di Kobe harus ada cadangan FO  dan FW untuk 3 hari :
FO           :   3 hari x 20           =  60 tons
FW           :   3 hari x 4             =  12 tons

3.        Dari Kobe ke singapura  = 13 hari
FO           :  13 hari x 20          =  260 tons
FW           :  13 hari x 4            =    52 tons
4.        Singapura
S  Draft                                    =  820 cm
S – T Draft = 1/48 x 820          =    17 cm +
T Draft                                     =  837 cm

5.     Dari Jayapura ke Singapura      = 10 hari
        FO           = 10 hari x 20          =  200 tons
        FW           = 10 hari x               =    40 tons
6.   Departure Jayapura FO = 310 tons, FW = 80 tons.
FO           = 310 – 210             = 210  tons
FW           =   80 – 40               =  40  tons

a.  Jadi di singapura harus muat FO dan FW sebanyak :
        FO           = (260 + 60) – 210 = 110 tons
        FW           = ( 52 + 12 ) –  24   =  24  tons


b.  Di Singapura muat                      = 8000 tons
        ROB FO tolak diSingapura       =   320 tons
        ROB FW tolak diSingapura      =     64 tons + 
                                                                        = 8384 tons

1.     Bobot                       = (S – T Draft ) x TPC
                                        =  17 cm x 17 tons
                                        = 289 tons

2.     T . DWT =  S  DWT + 289 tons
                                        =       9000 + 289 tons
                                        =  9289 tons

3.        Agar di Singapura mencapai T. DWT maka di Jayapura harus muat :
                                        = 9289 – 8384
                                        = 905 tons

4.     Dari Singapura     –      x          =  3   hari
        FO           :    3 hari x 20          =  60 tons
        FW           :    3 hari x 4            =  12 tons +
                                                        =  72 tons

5. Agar di X mencapai S. DWT maka di Jayapura harus muat :
= 9000 – ( 8384 – 72 )
= 688 tons

6.     Koreksi muat di Jayapura   = 905– 905-688)
                                                                = 688 tons

7.     Dari X – Y                               = 7 hari
        FO           : 7 x 20    = 140 tons
        FW           : 7 x 4                      = 28 tons +
                                                        = 168 tons

8.     W. DWT     = S. DWT - (S-W Draft x TPC )
                          = 9000 – ( 17 x 17 )
                          = 8711 tons

9.     Departure X = S. DWT  = (8384 – 72) + 688
                                            = 9000 tons

10.   Arrival Y  = W. DWT     = (9000– 168)
                                             = 8832 tons

11.   Padahal W. DWT     = 8711 tons, maka muatan dari Jayapura harus dikurangi lagi = 8832 – 8711 = 121 tons.

12.     Jadi total muatan di Jayapura agar disetiap daerah pelayaran tidak terjadi overdraft = 688 – 121 = 567 tons.


5a.   Diketahui  :
Kapal tiba                                        : Senin 2/3 jam 05.00
NOR                                                : Senin 2/3 jam 06.00
Mulai bongkar                                 : Senin 2/3 jam 06.00
Biaya Demurag                                : Rp. 600 / NRT
Biaya Despacth                                : Rp. 400 / NRT
Tanggal 5 dan 6 tidak bongkar   a. 6 jam karena hujan.
Tanggal 11 hari libur resmi.
Selesai bongkar – Rabu 18/3 jam 04.00
Pembongkaran rata rata    : 800 tons / hari.
Bongkaran                       : 9600 tons.
Ditanya            : Demurage / despacth bila ada .
                        : Buatlah time sheet.

Jawab             :
Waktu bongkar hari senin 2/3 = 18 jam                             : 0,75   hari
Waktu bongkar Tanggal 3 s/d 4                                        : 2        hari
Waktu bongkar Tanggal 5       = 18 jam                            : 0,75   hari
Waktu bongkar Tanggal 6 s/d 10                                      : 5        hari
Waktu bongkar Tanggal 11 ( hari libur )                            : 0        hari
Waktu bongkar Tanggal 12                                              : 1        hari.
Waktu bongkar Tanggal 13       = 18 jam                          : 0,75   hari.
Waktu bongkar Tanggal 14 s/d 17                                     : 4        hari.
Waktu bongkar Tanggal 18       = 4 jam                            : 0,166 hari.
Total waktu bonkar                                                          : 14      hari  10 jam
                                                                                        : 14,416 hari
Rata rata bongkar perhari                                                 : 9600 tons dibagi 14,416 hari
                                                                                        : 665,89 tons perhari.
Selisih rata rata pembongkaran perhari            : 800 tons – 665,89 tons
                                                                                        : 134,11 tons perhari.
Demurage yang harus dibayar perhari              : 134,11 tons x Rp. 600
                                                                                        : Rp. 80,466
Total demurrage yang harus dibayar                : Rp. 80,466 x 11,416 hari.
                                                                                                : Rp. 1,160.051

5b. Time Sheet         :
Vessel                              : PIP Express.
Voy                 : 09/09/04
Port of Disch   : Semarang.


Date
Working
Hours
Discription


Speed
(Ton/hours)
2/3
05.00
Arr/ finish A side, open HC




06.00
NOR accepted comm disch




24.00
Non stop disch
499,42
9.100,58

3/3
00.00 – 24.00
Non stop disch
665,89
8.434,69

4/3
00.00-24.00
Non stop disch
665,89
7.768,80

5/3
00.00 – 06.00
Stop disch due to rain




06.00 – 24.00
Non stop disch
499,42
7.269,38

6/3
00.00 – 24.00
Non stop disch
665,89
6.603,48

7/3

Non stop disch
665,89
5.937,59

8/3

Non stop disch
665,89
5.271,7

9/3

Non stop disch
665,89
4.615,81

10/3
00.00 – 24.00
Non stop disch
665,89
3.949,92

11/3
00.00 – 24.00
Holiday
-


12/3
00.00 – 24.00
Non stop disch
665,89
3.284,03

13/3
00.00 – 06.00
Stop disch due to rain




06.00 – 24.00
Non stop disch
499,42
2.784,61

14/3
06.00 – 24.00
Non stop disch
665,89
2.118,72

15/3
06.00 – 24.00
Non stop disch
665,89
1.452,83

16/3
06.00 – 24.00
Non stop disch
665,89
786,94

17/3
00.00-
Non stop disch
665,89
121,05

18/3
00.00 – 04.00
Non stop disch




04.00
Completed disch
121,05



Total Discharge
9.600


No comments:

Post a Comment