SOAL 3
1.a.
Jelaskan maksud dan tujuan di buatnya Organisasi keadaan darurat di atas kapal
!
Jawab :
a. Manfaat dengan dibentuk suatu pola
penanggulangan keadaan darurat adalah :
1) Dapat mencegah/menghilangkan kemungkinan
terjadinya kerusakan-kerusakan akibat dari meluasnya keadaan darurat.
2) Dapat memperkecil kerusakan-kerusakan
materi dan lingkungan dimana kapal berada.
3) Dapat menguasai keadaan darurat yang
terjadi di atas kapal secara cepat, tepat, aman dan terkendali.
b.Sebutkan
dan jelaskan 4 (empat ) hal pokok yang harus di
masukkan ke dlm organisasi darurat di atas kapal ?
Jawab :
Kelompok-kelompok bagian dari organisasi
keadaan darurat di atas kapal adalah :
1) Pusat Komando
-
Pada
waktu mengatasi keadaan darurat yang terjadi di atas kapal ad di anjungan
dengan komando Nahkoda/Perwira Senior.
-
Bertugas
: melaksanakan komunikasi baik intern maupun extern dan mengkoordinir
tindakan-tindakan penanggualngannya.
2) Kelompok keadaan darurat
-
Dipimpin
oleh seorang Perwira
-
Bertugas
: menaksir keadaan darurat yang sedang terjadi dengan secermat mungkin apakah
penanganannya memerlukan bantuan pihak-pihak luar atau tidak.
3) Kelompok pendukung
-
Harus
dipimpin oleh seorang Perwira atau Senior Rating yang memiliki rangking
pengalaman dan sertifikasi.
-
Bertugas
: mendukung kelompok keadaan darurat dalam mengatasi keadaan darurat yang
terjadi di atas kapal terutama sekali dalam mempersiapkan dan mempergunakan
peralatan.
4)
- Kelompok Ahli Mesin Kapal
Tugas : mengoperasikan alat-alat emergency
yang dapat dipakai untuk mengatasi keadaan darurat yang terjadi di atas kapas.
c. Apa keuntungan dengan di buatnya
organisasi penanggulangan keadaan darurat di kapal ?
Jawab :
1. Tugas dan tanggung jawab daam mengatasi
keadaan darurat lebih ringan karena dipikul bersama-sama
2. Tugas dan tanggung jawab tsb dibereikan dlm
bentuk tertulis untuk menghindari tindakan yg tidak disiplin
3. Hanya ada satu komando sehingga perintah
dan instruksi lebih terarah
4. Dapat menghindari hambatan hirarki formal
5. Semua individu merasa terkait
6. Apabila terjadi bsuatu kegagalan dapat
segera diperbaiki untuk perbaikan
2 a. Tindakan apa yang akan
segera di ambil sesuai dengan prosedur darurat jika kapal mengalami
kandas,terangkan !
Jawab :
1. Stop mesin
2. Bunyikan sirine/alarm bahaya
3. Pintu-pintu kedap air ditutup
4. Nahkoda diberitahu
5. Kamar mesin diberitahu
6. VHF dipindah ke channel 16
7. Tanda-tanda kapal kandas
dibunyikan/diperlihatkan
8. Lampu deck dinyalakan
9. Sounding di tempat kandas
10. Bila diperlukan buang ballast
11. Olah gerak untuk lepas dari tempat kamdas
12. Bila tak berhasil kirim distress.
b.Tuliskan
isi standart form informasi yg harus di kirim oleh kapal anda untuk memperoleh
pertolongan.
Jawab :
1. Identitas kapal (nama kapal dan nama
panggilannya)
2. Posisi kapal (lintang dan bujur)
3. Jenis bahaya dan bantuan yang diharapkan
4. Keterangan-keterangan lain yang berkaitan
dengan operasi SAR seperti : Haluan kecepatan, jumlah orang-orang dikapal,
jumlah orang hilang/meninggal dunia). Macam-macam bahaya yang ada,
tindakan-tindakan yang telah diambil Nahkoda dan lain-lain).
5. Juga penting untuk disertakan yaitu :
a) Cuaca di sekitarnya, kecepatan dan arah angin,
keadaan laut, keadaan penglihatan, bahaya-bahaya navigasi.
b) Saat abandon ship
c) Jumlah dan macam-macam alat-alat
keselamatan jiwa di laut yang dapat digunakan.
3.a.Sebutkan langakh persiapan apa yg harus
di lakukan Nakhoda sebelum melakukan abandon ship.
Jawab :
1.
Ketika
crew kapal meninggalkan kapal sedapat mungkin semua mesin dimatikan, pintu
kedap air dan lubang palka harus ditutup.
2. General emergency alarm dibunyikan
3. Crew/passengger berkumpul di
muster/survival craft station.
4. Sekoci-sekoci harus dapat diturunkan dengan
jumlah orang sebanyak mungkin dan segera meninggalkan sisi kapal serta siap berangkat.
5. Jika meninggalkan kapal langsung ke air,
maka lebih baik melompat dengan kaki terlebih dahulu dari pada posisi menyelam.
3
b.Pertimbangan pertimbangan apa yg di pakai dasar Nakhoda untuk mengambil
keputusan abandon ship.
Jawab :
1.Stabilitas kapal semakin memburuk dan
tidak mungkin dapat diatasi
2.Kondisi yang sangat parah
3.Kapal diperkirakan akan meledak sehingga
dapat membahayakan ABK atau orang yang ada di atas kapal
4.Kebakaran yang tidak bisa di atasi
5.Jika
semua usaha untuk menyelamatkan kapal yang rusak tidak berhasil, maka seluruh
penumpang dan awak kapal harus meninggalkannya.
4 a. Sebutkan pola pola yang biasa di
gunakan dalam operasi pencarian korban/SAR.
Jawab :
1.
Expanding
Square Search (pola segi empat membesar) dengan satu kapal.
2. Sector Search (pola sektor) dengan satu
kapal.
3. Parallel Track Search (pola lintasan
sejajar) dengan 2 kapal.
4. Parallel Track Search (pola lintasan
sejajar) dengan 3 kapal.
5. Parallel Track Search (pola lintasan
sejajar) dengan 4 kapal.
6. Parallel Track Search (pola lintasan
sejajar) dengan 5 kapal/lebih
7. Coordinated Creeping Line Search (pola
lintasan sejajar yang terkoordniasi) dengan satu kapal dan satu pesanan udara.
4 b. Gambar dan jelaskan pola pencarian
EXPANDING SQUARE SEARCH !
Jawab :
Keterangan gambar Pola Pencarian dengan
EXPANDING SQUARE :
1.O : arah
hanyutnya target
2.S1 : jarak dan lintasan yang terdekat mil
laut).
3.Datum adalah posisi target yang akan
diselamatkan yang telah diperhitungkan adanya arus dan angin.
5 a. Cara pembentukan OSC adalah :
Jawab :
- Unit-unit
penolong yang terlibat dalam oprasi SAR
salah satu hrs ditetapkan sebagai OSC sedini mungkin dan sebaik mungkin sebelum
tiba di area yg ditentukan
- RCC atau
RSC yang memadai harus ditetapkan sebagai OSC
- sampai
dengan waktu penetapan OSC, unit pertama yg datang di lapangan secara otomatis
harus bertindak dan bertanggung jawab sebagai OSC
Tanggung
jawab OSC adalah :
1. Menentukan posisi duga dari obyek yang
dicari, batas tepi dan wilayahnya
2. Membuat pengaturan batas untuk keperluan
keselamatan bagi unit penolong
a.
Faktor-faktor yang menyebabkan pencarian
tidak berhasil adalah :
Jawab
:
1. Salah penentuan datum
2. Benda yang dicari kecil
3. Keadaan cuaca tidak mendukung
4. Keadaan laut / ombak yang besar
No comments:
Post a Comment