Friday, March 21, 2014

SOAL JAWAB UKP PENGATURAN DAN PENATAAN MUATAN BAGIAN 2

1a.   Cara menghitung ullage muatan minyak adalah :
Perhitungan volume muatan cair dalam tangki dilakukan dengan mengukur “ullage” untuk mendapatkan “innage” Volume innage x SG ( berat jenis ) = berat minyak
Rumus             : volume ( dalam m³ ) x BJ       = berat ( dalam metric ton )
                        : Volume ( dalam cft ) : SF       = berat ( dalam long ton )
                        : 1 long ton              = 1016 kg                = 2240 lbs.



1b.   Guna”NOTICE OF READINESS (NCR) pada kapal Tengker adalah :     “sebagai bukti outentik/certificate yang diserahkan Nahkoda kepada agent, pada saat kapal tiba di pelabuhan, yang menyatakan bahwa kapal siap untuk kegiatan bongkar muat”
      Guna  “TANGKER TIME SHEET” adalah untuk menentukan lamanya setelah dikeluarkanya Notice of readiness.

1c.   Pompa setripper di gunakan apabila pembakaran minyak didalam tengki tinggal sedikit atau hampir habis dan biasanya digunakan untuk stripping.

2a. Maksud dari  “away from dan separated from”
       Away from   adalah jauhkan muatan berbahaya tersebut dengan muatan lain.

2b.   Separated from adalah pisahkan kedua muatan berbahaya dengan batas ruangan yang terpisah ( pada ruangan tersendiri ).

Pemisah ruangan
   
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                             
3a.   Kaitan free serfoce dengan sudut runtuh muatan curah adalah terjadi pergeseran muatan akan menyebabkan adanya “ Gram heeling moment” GHM dan volume heeling moment ( VHM ) “
        Rumus             : GNM     = w x d    w     : Berat muatan gandum (ton)
d      : jarak penggeseran (m)
                                  VNM     = vxd       v       : volume gandum yg digeser (m³)
                                                                d      : jarak penggeseran (m)
                                  GHM     = VHM    SF    : stowage faktor gandum.                                   SF

3b.   Cara mengatasinya adalah                :
        Dipasang atau dilengkapi dengan feeder ( plat besi membujur pada kapal ) dan shifting board.
        Usahakan memuat curah tidak berkonsentrasi ditengah kapal, juga tidak berkonsentrasi di sisi lambung.
        Muatan curah diratakan dengan masing masing palka.
        Tangki tangki ballast diisi penuh atau dikosongkan sama sekali untuk menceggah free surface air ballast.

4a.   Resiko pada kapal pengangkut kayu gelondong ( log carrier ) yang memuat kayu diatas geladak     :
1.        Akan terjadi penyerapan air /hujan pada kayu gelondong diatas geladak sebesar kurang lebih 25 % dari muatan deck.
2.        Dengan bertambahnya berat kayu tersebut ( akibatnya dari penyerapan air ) akan menyebabkan titik G akan naik, sehingga GM (stabillitas ) kapal akan menjadi kecil atau negative.
3.        Bila titik G melewati titik M, maka GM menjadi negative sehingga timbul “ Angle of loul” yang akan menyebabkan kapal miring dan kena ombak dikawatirkan kapal bisa tenggelam.

4b.   Resiko kapal pengangkut peti kemas digeladak                :
1.        Akan terjadi hentakan secara terus menerus pada lashing container ( lashing bar dan bridge fitting ) dan apabila hal ini dibiarkan terus menerus, dikawatirkan lashingan container akan lepas . sangat berbahaya bila sampai container dibagian sisi luar kapal akan runtuh.
2.        Bila hal ini terjadi , maka kapal akan miring disisi lain , dan akibat dari kemiringan ini akan bisa menyebabkan air laut naik ke geladak.
3.        Air laut yang naik bisa mengisi/ memasuki container yang kurang kedap air atau saalah penempatannya karena pintu container yang menghadap haluan kapal (depan)
4.        Bila hal ini terjadi muatan diatas geladak akan lebih berat lagi, sehingga stabilitas kapal akan mengecil ( GM bisa negative ).



5a.  

PORT
LOADING
DISCHARGING
TOTAL
TIME
Tg Perak
200
-
200
200/20 = 10      jam
Tg Emas
300
375
675
675/20 = 33,75 jam
Tg Priok
350
250
600
600/20 = 30      jam
Singapore
350
-
350
350/25 = 14      jam
Belawan
200
-
250
200/20 = 10      jam
Marseilles
-
250
250
250/25 = 10      jam
Antwerp
-
250
250
250/25 = 10      jam
Ansterdam
300
400
700
700/25 = 28      jam
Hamburg
400
350
750
750/25 = 30      jam
London
-
150
150
150/25 = 6        jam
Liverpool
450
-
450
450/35 = 18      jam
Le harve
100
-
100
100/25 = 4        jam
Makassar
-
375
375
375/20 = 18,75 jam
Balikpapan
-
250
250
250/10 = 25      jam
Total
2650
2650
5300
247,5                jam
                                                                                                    = 10 hari 7,5 jam.               

5b.   Total cargo       = 2650 x 15 tons     = 39,75 tons.

No comments:

Post a Comment