SOAL 3
1.
Apakah yang menjadi sasaran
dalam sistem perawatan kapal berencana?
Jawab :
- Memperkecil kerusakan
- Memperkecil beban kerja kapal
- Operation day’s kapal besar
- Beban biaya oponasi kapal murah
2.
Apa saja kewajiban
perusahaan pelayanan dalam perawatan dan perbaikan sebuah kapal tangki?
Jawab :
Kewajiban perusahaan yaitu
mengenai keselamatan kapal, karena tangki mudah terbakar sesuai dengan jenis
muatannya, maka apabila ada pekerjaan panas (hot work) harus diadakan tank
cleaning free gas dan pembersihan sludge yang mana harus dipersiapkan oleh
perusahaan dalam pemindahan sludge material dan perlengkapan dipersiapkan oleh
perusahaan.
3.
Jelaskan kelemahan-kelemahan
perbaikan dan perawatan kapal?
Jawab :
Kelemahan dari perbaikan dan
perawatan kapal
1. Ketidakpuasan
dari hasil perbaikan dan perawatan kapal
2. Keterbatasan dana yang
mengakibatkan kurangnya penyediaan
3. Ada faktor ketidakpasatian
kelancaran operasi yang sewaktu-waktu dapat rusak/mogok
4. Buruknya sistem management
yang digunakan
4.
Terangkan perencanaan dan
persiapan perbaikan dan perawatan geladak dan ruang palka?
Jawab :
1.
Perencanaan
-
Tanggal pelaksanaan perawatan geladak kapal/ruang palka
yang akan ditentukan sesuai masa berlaku yang ada dalam catatan.
-
Hal-hal yang direncanakan dengan cara item-item mana perawatan
geladak/ruang palka yang membutuhkan konsentrasi yang besar.
-
Item-item yang masuk dalam klasifikasi dengan sejumlah item tambahan
akan masuk dalam perencanaan perawatan selama periode kapal naik docic.
-
Diperlukan pertimbangan untuk item-item pendukung.
-
Perencanaan yang dipersiapkan sesuai dengan standar perawatan kapal.
-
Item-item yang tidak ada pada standar perawatan kapal dan perencanaan
yang telah sesuai dengan petunjuk pabrik pembuatnya.
-
Jatuh tempo survey-survey dicatat.
-
Periode untuk perencanaan perawatan kapal direncanakan 30 bulan.
2.
Persiapan perbaikan
-
Lokasi perawatan dan perbaikan segera dibebaska dari
hal-hal yang tidak mendukung.
-
Sarana dan prasarana pendukung telah dipersiapkan sebeumnya.
-
Menyediakan alat-alat safety (pelampung, rakit penolong, dll)
3.
Perawatan
-
Melaksanakan sistem perawatan berkala.
-
Melakukan pemeriksaan dan pengecekan secara visual.
-
Melakukan dengan penggantian perbaikan, pengecekan dan pembersihan.
5.
Terangkan terjadinya karat
pada baja kapal dan gambarkan proses karat secara galvanisasi!
Jawab :
Adanya proses oksidasi
antara zat asam garam, suhu dan kelembaban dengan besi yang terjadi dalam suatu
proses kimia alam atau kimia listrik, sehingga timbul (terjadi) karat :
Keterangan gambar pada
proses secara galvanisasi :
Dikarenakan pada material
baja (kulit kapal) terdapat molekul-molekul yang berbeda-beda yang bertenaga
positif (anoda) dan negatif (katoda), dengan adanya zat pengantar elektrolit,
maka akan timbul aliran listrik dalam elektrolit dari anoda ke katoda (-)
sedangkan di udara dari katoda (-) ke anoda (+). Dengan adanya aliran tersebut
akan menimbulkan erosi di pool kutub (+) danpenimbunan di pool kutub (-),
sehingga pada baja timbul pembengkakan dimana-mana. Pembengkakan tersebut
dinamakan karat.
6.
Terangkan perencanaan dan persiapan
kapal akan naik dock, oleh pihak kapal, pemilik kapal dan pihak galangan :
Jawab :
Pihak kapal
a.
Pembagian tugas tanggung jawab pekerjaan.
- Merencanakan kegiatan.
- Siapkan daftar sertificate yang akan expire dan yang akan
diperpanjang.
- Menyeleksi pekerjaan yang akan dibatalkan atau ada tambahan.
- Siapkan gambar-gambar yang perlu, suku cadang yang akan digunakan
dan peralatan khusus.
- Pengawasan membicarakan perencanaan pekerjaan dengan galangan
terkait.
Pihak pemilik kapal
- Repair list final yang dikirim kapal
- Melengkapi suku cadang dan peralatan yang dibutuhkan
- Menghubungi biro klasifikasi dan
- Pengawas membicarakan perencanaan pekerjaan dengan galangan
terkait.
Pihak dock
a.
Membicarakan kapal-galangan-pengawas
- Tentukan pekerjaan-pekerjaan yang kritis
- Pasang/lengkapi alat-alat/komunikasi
- Galangan kontak biro klasifikasi dan yang terkait lainnya
- Galangan siapkan alat pemadam kebakaran dan fasilitas yang
diperlukan kapal lainnya
- Bila pekerjaan yang diperlukan kapal lainnya membicarakan
permasalahan yang diikuti oleh manager proyek, pengawas, nahkoda, staf
galangan juga melapor perkembangan pekerjaan.
7.
Keuntungan dan kerugian dari
dok apung, dok gali, dok miring
Jawab :
Dock Apung
|
Dock Gali
|
Dock Miring
|
|
1. Biaya pembuatan
2. Biaya perawatan
3. Sifat bergerak
4. Mempersiapkan dock
5. Tahan angin dan ombak
6. Kapasitas menampung kapal
7. Tek terhadap lunas kapal
8. Kedudukan
9. Pintu
10. Krane yang digunakan
11. Kekedapan
12. Daya tahan dock
13. Trim kapal masuk
14. Rel dan roda
|
Lebih murah
Lebih mahal
Dapat berpindah
Cepat
Berpengaruh
Dapat diperbesar
Tidak sama besar
Disembarang tempat
Tidak pakai
Krane ringan
Tidak perlu kedap air
Tidak tahan lama
Tidak perlu even keel
Tidak pakai
|
Mahal
Murah
Tetap
Lambat
Tidak berpengaruh
Tidak dapat diperbesar
Semua bisa
Di tanah keras
Pakai pintu
Krane berat
Harus kedap air
Tahan lama
Even keel
Tidak pakai
|
Murah
Mudah
Tetap
Lambat
Tidak berpengaruh
Tidak dapat diperbesar
Semua bisa
Tidak sembarangan
Tidak pakai
Crane berat
Tidak perlu kedap air
Tahan lama
Tidak perlu even keel
Pakai dan perlu
perbaikan
|
No comments:
Post a Comment