Tuesday, February 25, 2014

SOAL JAWAB UKP TEKNIK PERBAIKAN DAN PERAWATAN KAPAL (SOAL 3)

SOAL 3
1.       Apakah yang menjadi sasaran dalam sistem perawatan kapal berencana?
Jawab :
  1. Memperkecil kerusakan
  2. Memperkecil beban kerja kapal
  3. Operation day’s kapal besar
  4. Beban biaya oponasi kapal murah

2.       Apa saja kewajiban perusahaan pelayanan dalam perawatan dan perbaikan sebuah kapal tangki?
Jawab :
Kewajiban perusahaan yaitu mengenai keselamatan kapal, karena tangki mudah terbakar sesuai dengan jenis muatannya, maka apabila ada pekerjaan panas (hot work) harus diadakan tank cleaning free gas dan pembersihan sludge yang mana harus dipersiapkan oleh perusahaan dalam pemindahan sludge material dan perlengkapan dipersiapkan oleh perusahaan.


3.       Jelaskan kelemahan-kelemahan perbaikan dan perawatan kapal?
Jawab :
Kelemahan dari perbaikan dan perawatan kapal
1.       Ketidakpuasan dari hasil perbaikan dan perawatan kapal
2.       Keterbatasan dana yang mengakibatkan kurangnya penyediaan
3.       Ada faktor ketidakpasatian kelancaran operasi yang sewaktu-waktu dapat rusak/mogok
4.       Buruknya sistem management yang digunakan

4.       Terangkan perencanaan dan persiapan perbaikan dan perawatan geladak dan ruang palka?
Jawab :
1.       Perencanaan
-          Tanggal pelaksanaan perawatan geladak kapal/ruang palka yang akan ditentukan sesuai masa berlaku yang ada dalam catatan.
-          Hal-hal yang direncanakan dengan cara item-item mana perawatan geladak/ruang palka yang membutuhkan konsentrasi yang besar.
-          Item-item yang masuk dalam klasifikasi dengan sejumlah item tambahan akan masuk dalam perencanaan perawatan selama periode kapal naik docic.
-          Diperlukan pertimbangan untuk item-item pendukung.
-          Perencanaan yang dipersiapkan sesuai dengan standar perawatan kapal.
-          Item-item yang tidak ada pada standar perawatan kapal dan perencanaan yang telah sesuai dengan petunjuk pabrik pembuatnya.
-          Jatuh tempo survey-survey dicatat.
-          Periode untuk perencanaan perawatan kapal direncanakan 30 bulan.
2.       Persiapan perbaikan
-          Lokasi perawatan dan perbaikan segera dibebaska dari hal-hal yang tidak mendukung.
-          Sarana dan prasarana pendukung telah dipersiapkan sebeumnya.
-          Menyediakan alat-alat safety (pelampung, rakit penolong, dll)
3.       Perawatan
-          Melaksanakan sistem perawatan berkala.
-          Melakukan pemeriksaan dan pengecekan secara visual.
-          Melakukan dengan penggantian perbaikan, pengecekan dan pembersihan.

5.       Terangkan terjadinya karat pada baja kapal dan gambarkan proses karat secara galvanisasi!
Jawab :
Adanya proses oksidasi antara zat asam garam, suhu dan kelembaban dengan besi yang terjadi dalam suatu proses kimia alam atau kimia listrik, sehingga timbul (terjadi) karat :


Keterangan gambar pada proses secara galvanisasi :
Dikarenakan pada material baja (kulit kapal) terdapat molekul-molekul yang berbeda-beda yang bertenaga positif (anoda) dan negatif (katoda), dengan adanya zat pengantar elektrolit, maka akan timbul aliran listrik dalam elektrolit dari anoda ke katoda (-) sedangkan di udara dari katoda (-) ke anoda (+). Dengan adanya aliran tersebut akan menimbulkan erosi di pool kutub (+) danpenimbunan di pool kutub (-), sehingga pada baja timbul pembengkakan dimana-mana. Pembengkakan tersebut dinamakan karat.

6.       Terangkan perencanaan dan persiapan kapal akan naik dock, oleh pihak kapal, pemilik kapal dan pihak galangan :
Jawab :
Pihak kapal
a.       Pembagian tugas tanggung jawab pekerjaan.
  1. Merencanakan kegiatan.
  2. Siapkan daftar sertificate yang akan expire dan yang akan diperpanjang.
  3. Menyeleksi pekerjaan yang akan dibatalkan atau ada tambahan.
  4. Siapkan gambar-gambar yang perlu, suku cadang yang akan digunakan dan peralatan khusus.
  5. Pengawasan membicarakan perencanaan pekerjaan dengan galangan terkait.
Pihak pemilik kapal
  1. Repair list final yang dikirim kapal
  2. Melengkapi suku cadang dan peralatan yang dibutuhkan
  3. Menghubungi biro klasifikasi dan
  4. Pengawas membicarakan perencanaan pekerjaan dengan galangan terkait.
Pihak dock
a.       Membicarakan kapal-galangan-pengawas
  1. Tentukan pekerjaan-pekerjaan yang kritis
  2. Pasang/lengkapi alat-alat/komunikasi
  3. Galangan kontak biro klasifikasi dan yang terkait lainnya
  4. Galangan siapkan alat pemadam kebakaran dan fasilitas yang diperlukan kapal lainnya
  5. Bila pekerjaan yang diperlukan kapal lainnya membicarakan permasalahan yang diikuti oleh manager proyek, pengawas, nahkoda, staf galangan juga melapor perkembangan pekerjaan.

7.       Keuntungan dan kerugian dari dok apung, dok gali, dok miring
Jawab :



Dock Apung
Dock Gali
Dock Miring
1.      Biaya pembuatan
2.      Biaya perawatan
3.      Sifat bergerak
4.      Mempersiapkan dock
5.      Tahan angin dan ombak
6.      Kapasitas menampung kapal
7.      Tek terhadap lunas kapal
8.      Kedudukan

9.      Pintu
10.    Krane yang digunakan
11.    Kekedapan

12.    Daya tahan dock
13.    Trim kapal masuk
14.    Rel dan roda
Lebih murah

Lebih mahal
Dapat berpindah
Cepat

Berpengaruh

Dapat diperbesar

Tidak sama besar
Disembarang tempat
Tidak pakai
Krane ringan

Tidak perlu kedap air
Tidak tahan lama
Tidak perlu even keel
Tidak pakai
Mahal

Murah
Tetap

Lambat

Tidak berpengaruh
Tidak dapat diperbesar

Semua bisa

Di tanah keras
Pakai pintu
Krane berat

Harus kedap air
Tahan lama

Even keel

Tidak pakai
Murah

Mudah
Tetap

Lambat

Tidak berpengaruh
Tidak dapat diperbesar

Semua bisa

Tidak sembarangan
Tidak pakai
Crane berat

Tidak perlu kedap air
Tahan lama

Tidak perlu even keel
Pakai dan perlu
perbaikan

No comments:

Post a Comment