Wednesday, February 26, 2014

SOAL JAWAB UKP 1 PERMESINAN KAPAL

PERMESINAN KAPAL

SOAL 1
1              pada masin diesel 2 tak sering dilengkapi dengan “pengisian udara tekan”
a)       Harap dijelaskan manfaat dari system “pengisian udara tekan”
b)       Mengapa udara untuk sistem tersebut dibutir “a” diatas harus didinginkan dahulu sebelum dimasukan kedalam silinder mesin diesel?
Jawab:
1.a.         manfaat pengisian udara tekan adalah agar dalam proses pemakaian bahan bakar di dalam silinder berusaha cukup oksigen sehingga pembakar yang sempurna dan berakibat pemakaian bahan bakar tiap HP per hari atau KW per hari akan lebih hemat.
1.b.         Udara untuk system pengisian udara tekan harus didinginkan dahulu sebelum dimasukan kedalam silinder secara sempurna sehingga tekanannya naik.

2              pada mesin kemudi electro hydraulic, harap di jelaskan fungsi-fungsi dari peralatan sbb:
a)     Pompa rotasi
b)     Telemotor transmitter.
c)      Telemotor receiver.
d)     Silinder (RAMS)
Jawab:
2              Mesin kemudi hydraulic, Fungsi-fungsi dari:
a.       Pompa rotasi : untuk membangkitkan tekanan sehingga mampu untuk mendorong pilinyer pada silinder kemudi.
b.       Telemotor transmitter : untuk merubah signal gerak dari stemg menjadi signal listrik yang akan dikirim ke telemotor receiver.
c.        Telemotor receiver : untuk merubah signal listrik dan dikirim ke hydraulic pompa untuk membuka silinder vako sehingga dapat mendorong lengan / pluger kekanan & kekiri.
d.       Silinde (RAM) sebagai tempat bergeraknya plunger.


3              Udara di dalam palka sering terdapat basah karena keringat kapal sehingga udara palka perlu di keringkan dengan mesi pengering udara palka misalnya dengan system absorpsi. Harap terangkan melalui bagan sederhana prinsip kerja salah satu pengering udara palka system absorpsi (dengan menggunakan serbut silicagel).
Jawab:
3              prinsip kerja : mesin pengering udara palka system absorbsi adalah instalasi dengan suhu absorbsi yang mana udara dikembangkan melalui satuan yang membersihkan silicagel, uap air di absorbsi dan dikeluarkan dari udaranya yang mengakibatkan pembebasan daripada panas penguapan sehingga suhu udara akan meningkat. Dengan mengalirkan udara sebelum dikeringkan ini melalui sebuah pandangan,maka suhu terakhir yang diinginkan lebih cepat dapat di pakai, malahan daya kerja absorbsi lama kelamaan bahan absorbsi semakin jenuh sehingga perlu diaktiv kembali supaya instalasi dapat bekerja secara terus menerus maka instalasi dibuat berganda.



4              Jarak pelabuhan “A” ke :B” 1200 mil, dapat di tempuh dengan 80 jam pada pemakaian bahan bakar 1,5 tons per jamnya, berhubung sesuatu hal kapal tsb harus tiba dipelabuhan “B” 8 (delapan) jam lebih cepat.
a)       Berapa kecepatan yang harus ditempuh agar dapat direalisasikan tiba dengan 8 jam lebih cepat sampai dipelabuhan “B”?
b)       Berapa pemakaian bahan bakar perjamnya sekarang (setelah dipercepat)?
Jawab:
4              Diket      jarak A-B = 1200 mil
                                              t = 80
                                         BB1 = 1,5 ton/jam
                Tiba lebih cepat 8 jam di B
                Ditanya?
a.       V = ?
b.       BB = ?
                Jawab:
                A - B = 1200 mil
               
            

No comments:

Post a Comment