PERMESINAN KAPAL
SOAL
1
1 pada
masin diesel 2 tak sering dilengkapi dengan “pengisian udara tekan”
a)
Harap dijelaskan manfaat
dari system “pengisian udara tekan”
b)
Mengapa udara untuk
sistem tersebut dibutir “a” diatas harus didinginkan dahulu sebelum dimasukan
kedalam silinder mesin diesel?
Jawab:
1.a. manfaat pengisian
udara tekan adalah agar dalam proses pemakaian bahan bakar di dalam silinder
berusaha cukup oksigen sehingga pembakar yang sempurna dan berakibat pemakaian
bahan bakar tiap HP per hari atau KW per hari akan lebih hemat.
1.b. Udara untuk system
pengisian udara tekan harus didinginkan dahulu sebelum dimasukan kedalam
silinder secara sempurna sehingga tekanannya naik.
2 pada mesin kemudi electro hydraulic, harap
di jelaskan fungsi-fungsi dari peralatan sbb:
a)
Pompa rotasi
b)
Telemotor transmitter.
c)
Telemotor receiver.
d)
Silinder (RAMS)
Jawab:
2 Mesin
kemudi hydraulic, Fungsi-fungsi dari:
a.
Pompa rotasi : untuk membangkitkan tekanan sehingga mampu
untuk mendorong pilinyer pada silinder kemudi.
b.
Telemotor transmitter : untuk merubah signal gerak dari
stemg menjadi signal listrik yang akan dikirim ke telemotor receiver.
c.
Telemotor receiver : untuk merubah signal listrik dan
dikirim ke hydraulic pompa untuk membuka silinder vako sehingga dapat mendorong
lengan / pluger kekanan & kekiri.
d.
Silinde (RAM) sebagai tempat bergeraknya plunger.
3 Udara di dalam palka sering terdapat basah
karena keringat kapal sehingga udara palka perlu di keringkan dengan mesi
pengering udara palka misalnya dengan system absorpsi. Harap terangkan melalui
bagan sederhana prinsip kerja salah satu pengering udara palka system absorpsi
(dengan menggunakan serbut silicagel).
Jawab:
3 prinsip kerja :
mesin pengering udara palka system absorbsi adalah instalasi dengan suhu
absorbsi yang mana udara dikembangkan melalui satuan yang membersihkan silicagel,
uap air di absorbsi dan dikeluarkan dari udaranya yang mengakibatkan pembebasan
daripada panas penguapan sehingga suhu udara akan meningkat. Dengan mengalirkan
udara sebelum dikeringkan ini melalui sebuah pandangan,maka suhu terakhir yang
diinginkan lebih cepat dapat di pakai, malahan daya kerja absorbsi lama
kelamaan bahan absorbsi semakin jenuh sehingga perlu diaktiv kembali supaya
instalasi dapat bekerja secara terus menerus maka instalasi dibuat berganda.
4 Jarak pelabuhan “A” ke :B” 1200 mil, dapat
di tempuh dengan 80 jam pada pemakaian bahan bakar 1,5 tons per jamnya,
berhubung sesuatu hal kapal tsb harus tiba dipelabuhan “B” 8 (delapan) jam
lebih cepat.
a)
Berapa kecepatan yang
harus ditempuh agar dapat direalisasikan tiba dengan 8 jam lebih cepat sampai
dipelabuhan “B”?
b)
Berapa pemakaian bahan
bakar perjamnya sekarang (setelah dipercepat)?
Jawab:
4 Diket jarak A-B = 1200 mil
t = 80
BB1 = 1,5 ton/jam
Tiba
lebih cepat 8 jam di B
Ditanya?
a.
V = ?
b.
BB = ?
Jawab:
A
- B = 1200 mil
No comments:
Post a Comment