1.
Gambar penampang
membujur sebuah kapal dan jenis-jenis cat yang digunakan pada masing-masing
bagiannya
Jawab
:
Gambar :
Jenis-jenis
cat yang digunakannya :
1.
Top Side :
a.
Zinc primer 1x
b.
Undercoat paint 1x
c.
Eksterior finishing point 2x
2.
Bottom Side/DCLT :
a.
Zinc primer 1x
b.
Anti corrosive
c.
Botroping 1x
3.
Boot Top Side :
a.
Plating primer 1x
b.
Anti corrosice 2x
c.
Anti fouling 1x
2.
a. Cara menghitung “Total Wetted Surface” dalam kaitannya dengan
pengecatan lambung kapal.
Jawab :
-
8 liter untuk 100 m2 rata-rata
-
10 liter untuk 100 m2 anti pouling
-
16 liter untuk 100 m2 animol point
b. Jelaskan mengapa pemakaian cat anti fouling
yang mengamdung TBT tidak boleh dipakai lagi.
Jawab :
Karena pemakaian cat jenis ini banyak merusak
ekosistem di laut dan banyak mengakibatkan polusi.
3. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan pada waktu
dock sehubungan dengan :
a. Pemeliharaan kapal
-
Ultra sonic test pada ketebalan plat di kapal
-
Sand blasting pada lambung kapal
-
Pengecatan kembali pada lambung kapal
-
Chipping dan painting deck kapal
-
Cargo gear test
-
Kalibrasi rantai kapal dan jangkarnya
-
Compass kalibrasion
-
Propeller skraping
-
Pengecakan dan pemeliharaan alat-alat keselamatan.
b. Perbaikan kapal
-
Mengganti plat kapal yang sudah tipis/kropos
-
Perbaikan pada Gyro Gear/Winch Las
-
Mengganti zind anoda
-
Mengganti rantai jangkar dan segel yang sudah tidak
standart
-
Perbaikan pada alat-alat navigasi dan komunikasi yang
sudah rusak
4.
Jelaskan istilah-istilah di
bawah ini :
Jawab :
a.
Deep load Lines :
Yaitu sarat maximum muat
kapal yang disesuaikan dengan zone palayaran (tropic, summer, winter).
b.
Zinc Anodes :
Yaitu suatu jenis kathode
protection yang terbuat dari ZN (zang) untuk mencegah galvanisasi yang
diakibatkan oleh logam yang tidak sejenis seperti kuningan dan besi.
c.
Propeller Shaft Alcarance :
Yaitu pengecekan
dari keausan pada bantalan poros baling-baling terhadap poros baling-baling
tersebut.
Bantalan poros blaing-baling
ini ada dua macam yaitu :
1. Kayu pak (lignum vitac)
2. White metal bearing
No comments:
Post a Comment