Tuesday, February 25, 2014

SOAL JAWAB TEKNIK PERBAIKAN DAN PERAWATAN KAPAL (SOAL 2)

SOAL 2
1.       Gambar penampang membujur sebuah kapal dan jenis-jenis cat yang digunakan pada masing-masing bagiannya
Jawab :
Gambar :
 

Jenis-jenis cat yang digunakannya :
1.       Top Side :
a.       Zinc primer 1x
b.       Undercoat paint 1x
c.        Eksterior finishing point 2x
2.       Bottom Side/DCLT :
a.       Zinc primer 1x
b.       Anti corrosive
c.        Botroping 1x
3.       Boot Top Side :
a.       Plating primer 1x
b.       Anti corrosice 2x
c.        Anti fouling 1x

2.        a.     Cara menghitung “Total Wetted Surface” dalam kaitannya dengan pengecatan lambung kapal.
Jawab :
-          8 liter untuk 100 m2 rata-rata
-          10 liter untuk 100 m2 anti pouling
-          16 liter untuk 100 m2 animol point
b.     Jelaskan mengapa pemakaian cat anti fouling yang mengamdung TBT tidak boleh dipakai lagi.
Jawab :
Karena pemakaian cat jenis ini banyak merusak ekosistem di laut dan banyak mengakibatkan polusi.

3.       Kegiatan-kegiatan yang dilakukan pada waktu dock sehubungan dengan :
a.     Pemeliharaan kapal
-          Ultra sonic test pada ketebalan plat di kapal
-          Sand blasting pada lambung kapal
-          Pengecatan kembali pada lambung kapal
-          Chipping dan painting deck kapal
-          Cargo gear test
-          Kalibrasi rantai kapal dan jangkarnya
-          Compass kalibrasion
-          Propeller skraping
-          Pengecakan dan pemeliharaan alat-alat keselamatan.
b.     Perbaikan kapal
-          Mengganti plat kapal yang sudah tipis/kropos
-          Perbaikan pada Gyro Gear/Winch Las
-          Mengganti zind anoda
-          Mengganti rantai jangkar dan segel yang sudah tidak standart
-          Perbaikan pada alat-alat navigasi dan komunikasi yang sudah rusak

4.        Jelaskan istilah-istilah di bawah ini :
Jawab :
a.       Deep load Lines :
Yaitu sarat maximum muat kapal yang disesuaikan dengan zone palayaran (tropic, summer, winter).
b.       Zinc Anodes :
Yaitu suatu jenis kathode protection yang terbuat dari ZN (zang) untuk mencegah galvanisasi yang diakibatkan oleh logam yang tidak sejenis seperti kuningan dan besi.
c.        Propeller Shaft Alcarance :
Yaitu pengecekan dari keausan pada bantalan poros baling-baling terhadap poros baling-baling tersebut.
Bantalan poros blaing-baling ini ada dua macam yaitu :
1.       Kayu pak (lignum vitac)
2.       White metal bearing


No comments:

Post a Comment