TEKNIK
PERBAIKAN DAN PERAWATAN KAPAL
SOAL 1
1.
Apa saja kewajiban
perusahaan pelayaran dalam perawatan dan perbaikan sebuah kapal tanki?
Jawab :
Kewajiban perusahaan yaitu mengenai keselamatan
kapal, karena kapal tangki mudah terbakar sesuai dengan jenis muatannya, maka
apabila ada pekerjaan panas (hoi work) harus diadakan tank cleaning fire gas
dari pembersihan sluge yang mana harus dipersiapkan oleh perusahaan dalam
pemindahan suudge yang harus dipersiapkan oleh perusahaan.
2.
Bagaimana
persyaratan-persyaratan dan pengawasan perbaikan kapal?
Jawab :
- Pelaksanaan dan pengawasan oleh owner’s surveyor agar pengendalian
biaya tidak terlalu tajam melebihi dari yang direncanakan.
- Bila ada tambahan pekerjaan, diperlukan izin dari direktur armada.
- Pemeriksaan oleh biro klasifikasi diatur agagr tidak menimbulkan
hambatan
- Sebaiknya setiap hari dibicarakan permasalahan-permasalahan dan
sejauh mana penyelesaian pekerjaan.
3.
Jelaskan peranan dan fungsi
dari perusahaan dok/galangan kapal dalam tanggung jawab perawatan dan perbaikan
kapal
Jawab :
Peranannya :
-
Ikut menjaga/menjadikan kapal laik laut sehingga keselamatan pelayaran
tercapai
Fungsinya :
-
Melalui perawatan dan perbaikan menjdikan umur ekonomis kapal berubah
-
Meningkatkan kemampuan kapal dalam operasi
-
Menjamin kesinambungan perawatan dan perbaikan
-
Melaksanakan pekerjaan secara sistematis dan ekonomis
-
Sebagai umpan balik perawatan yang akan datang
4.
Bagaimana tentang tugas dan
fungsi dari ABK dalam tanggung jawab perawatan dan perbaikan kapal pada saat
kapal docking?
Jawab :
- Distribusi yang harus dilakukan diantara perkara, alokasi dan
tanggung jawab untuk melaksanakan tugas
- Merencanakan kegiatan sendiri selama docking, termasuk sistem
pengawasan yang dilakukan
- mempersiapkan daftar sertifikat yang harus diperbaharui
- Memberikan pekerjaan-pekerjaan yang dibatalkan
- Alat khusus yang harus dijaga dan di tes
- Mengunci barang-barang yang berharga
- Persiapkan tangki dan jumlah isinya yang ada di kapal
- Memberikan tanda komponen atau arca yang akan dikerjakan
- Suku cadang yang lama harus dipesan dan disiapkan
- dll
5.
Bagaimanakah persiapan yang
dilakukan oleh pihak dok/galangan kapal dalam mempersiapkan perawatan dan perbaikan kapal dan bagaimana
pula persiapan yang dilakukan oleh pihak kapal dan pemilik kapal?
Jawab :
- Pihak dok
-
Membicarakan kapal à galangan à pengawasan
-
Tentukan pekerjaan-pekerjaan yang kritis
-
Pasang/lengkapi alat-alat komunikasi
-
Galangan sudah kontak biro klasifikasi dan yang terkait lainnya
(kontraktor dan penghuni jasa-jasa lain)
-
Galangan siapkan alat pemadam kebakaran dan fasilitas yang diperlukan
kapallainnya.
-
Bila pekerjaan dimulai, rapat harian membicarakan permasalahan yang
diikuti (Manajer Proyek, Pengawas, Nahkoda/KKM, Staff Galangan). Juga melapor
perkembangan pekerjaan.
- Pihak kapal
-
Pembagian tanggung jawab pekerjaan
-
Merencanakan kegiatan
-
Siapkan daftar sertifikat yang akan expire dan yang akan diperpanjang
-
Menyeleksi pekerjaan yang akan dibatalkan atau kalau nanti akan
ditambah
-
Siapkan gambr-gambar yang perlu, suku cadang yang akan digunakan dan
peralatan khusus
-
Membebaskan ruang muatan dan membebaskan tanki yang akan diperiksa
- Pihak pemilik
-
Repair list final yang dikirim kapal
-
Melengkapi suku cadang dan peralatan yang dibutuhkan
-
Menghubungi biro kalsifikasi dan jasa khusus lainnya
-
Pengawasan membicarakan perencanaan pekerjaan dengan galandan yang
terkait
6.
Sebutkan dan jelaskan
macam-macam docking?
Jawab :
1.
Floating dock adalah merupakan sebuah ponton yang
memiliki tanki air, ballast, dock block, shore block, shore side, capotan,
gudang clock, jembatan tangga, cranc, dan jangkar dock.
- Gracing dock adalah sebuah dock yang mana media daratan yang
digali agar kapal dapat masuk ke dalamnya, dengan sarana-sarana yang
dimiliki yaitu pondasi dock, kamar mesin pompa, kcel block, bilge block,
cranc capotan, got, pintu dock, tangga saringan, shore side dan jembatan.
- Railway dock adalah sebuah dock yang mana dengan media daratan
sebagai tempat docing dengan posisi miring, dengan sarana yang dimiliki
yaitu fondasi clock yang dilengkapi dengan railway, kcel block, cranc, dan
tangga.
- Nature dock adalah sebuah secara alami dengan media daratan/pantai
yang landai tempat mengadakan docking dengan pengaruh pasang surut.
7.
Apakah yang menjadi sasaran
dalam sistem perawatan kapal berencana?
Jawab :
- Memperkecil kerusakan
- Memperkecil beban kerja kapal
- Operation day’s kapal besar
- Beban biaya oponasi kapal murah
8.
Jelaskan tentang perencanaan
perbaikan dan perawatan kapal secara berencana untuk sebuah kapal yang telah
dipakai lebih kurang selama 10 tahun.
Jawab :
Untuk kapal yang lebih
kurang 1 tahun maksimum tiap 2 ½ di dalam pengedokan
- Peraaltan mana yang akan dipelihara
- Metode/cara melakukan pekerjaan pemeliharaan dan berapa lamanya
- Suku cadang material dan alat-alat kerja yang dibutuhkan dan kapan
harus tersedia
- Jumlah dan klasifikasi tenaga kerja yang dibutuhkan dan kapan
harus disediakan
- Jumlah dana yang diperlukan dan kapan harus disediakan
- Kapan dan berapa lama pekerjaan-pekerjaan dilakukan.
9.
Bagaimana menganalisa
kelemahan-kelemahan yang dijumpai pada perbaikan kapal?
Jawab :
- Kurang sarana dan prasarana yang mendukung dalam perbaikan kapal
seperti : peralatan, suku cadang, dan dana
- Kurang terampilnya teknisi yang dipekerjakan
- Hasil yang diperoleh setelah diadakan survey dan pengetesan
10.
Bagaimanakah pengaruh
perawatan dan perbaikan kapal terhadap industri pelayaran?
Jawab :
Di samping aspek
keselamatan, biaya atau kerugian sebagai faktor ekonomis penting, yang begitu
sensitif terhadap perbaikan danperawatan akan selalu berkaitan dengan :
- Off hire
- Efisiensi pengoperasian
- Perbaikan dan klasifikasi
- Asuransi
- Nilai moral
- Kepuasan awak kapal
Menjual berbagai macam jenis Chemical untuk cooling tower, evapko, chiller ,Boiler,waste water treatment,STP Oli Industri, defoamer anti busa Dll, harga nego, untuk info lebih lanjut tentang produk ini bisa menghubungi saya di email tommy.transcal@gmail.com
ReplyDeleteWA:0813-1084-9918
Terima kasih