1.
Diket. Tongkang berebntuk bok memiliki
panjang 32 m W (Displacement ) = 352 Tons, bila dalam keadaan kosong dimuati
muatan palka :
No.1 = 172 ton
No.2 = 224 ton total 844 ton
No.3 = 272 ton
No.4
= 176 ton
Ditanya
: a. Load diagram
b.Shear
force diagram
c.Bending
moment diagram dan nilai max.bending moment
Jawab :
-
massa kapal per M lari =352/32 = 11 ton
sketsa
IV III II I
88
176
264
|
88
272
360
|
88
224
312
|
88
172
260
|
Palka I =
(88+172) :8 = 32,5 ton
Palka II =
(88+224) :8 = 39 ton
Palka III =
(88+272) :8 = 45 ton
Palka IV = (88+176) :8 = 33ton
a. Perhitungan load (Bouyency >< masa)
Palka I = 37,4 – 32,5 = + 4,9
Palka II
= 37,4 – 39 = - 1,6 ton
Palka IV = 37,4 – 45 = - 7,6 ton
Palka V = 37,4 – 33 = + 4,4 ton
A = 0
b. Perhitungan Shear Force
Pada titik A
= = 0 ton
B
= 4,4 x 8 =
35,2 ton
C
= 35,2 + (-7,6 x 8) = -25,6
ton
D
= -25,6 + (-1,6 x 8) = -38,4
ton
E
= -38,4 + (4,9 x 8) = 0,8 ton
c.
Perhitungan
bending moment (BM)
A
=
0
B = (35,2x8) : 2 = 140,8
X = 140,8 + ( 354,2 x 4,6 ) : 2 = 221,8
C = 221,8 + (- 25,6 x 3,4 ) : 2 = 178,8
D = 178,8 + {( - 25,6 - 38,4 ) x 8 } : 2 = - 77,2
Y = -77,2 + ( -38,4 x 7,9 ) : 2 = - 228,9
E = -228,9 + (0,8 x 0,1 ) : 2 = - 228,8
BM max.
= Titik Y
Bending Moment Diagram
2. Sebuah kapal mempunyai berat benaman
22.500 tonnes, KG : 7,3 m, KM : 7,4 m, BM : 3,6 m. 150 tonnes H/L dengan kg 25
m terletak di centre line dihibob mempergunakan Heary Derrick kapal dengan
Heard Block berada 17,5 m diatas lunas dan di swong 3 m, ke sebelah kiri
setelah muatan berat tersebut berada pada ketinggian 12,5 m diatas lunas,
lukiskan kurva stabilitas statis kapal ini dan tentukan kemiringannya.
Jawab :
Km = 7,4
m
KG =
7,3 m
GM = 0,10
m
GG1 =
150 x 10
22.500
=
0,07 m
G1G2 = 150 x 3
22.500
=
0,02 m
Cari dimana posisi titik B
KM =
7,4 m KG =
7,30
BM =
3,6 m GG1 = 0,07
KB =
3,8 m KG1 = 7,23 m
- Titik G dibawah B
Untuk sudut 20o – 90o
; G2 = sin Ø ( BM + (½ BM tan2 Ø)
15o
G2 = GM sin Ø = 0,03 sin
15o = 0.008 m
30o
G2 = sin 30o
(0.003 + (½ . 3,6 tan2 30) =
0,315 m
45o
G2 = sin 45o
(0.003 + (½ . 3,6 tan2 45) =
1,29 m
50o
G2 = sin 60o
(0.003 + (½ . 3,6 tan2 60o) = 4,70 m
75o
G2 = sin 75o
(0.003 + ( ½ . 3,6 tan2 75o ) = 24,2 m
90o G2 = sin 90o (0.003 + ( ½
. 3,6 tan2 90o ) =
3. Sebuah kapal L = 132 m dengan draf F=
6,3 m . A= 7,5 m , sebelu memasuki dock diketahui stern post clearance = 0,3 m
dari dock keel.
Ditanya : Draf akhir jika poros air dalam dock turun =
0,9m
Jawab :
-
sarat awal F = 7,5 m
A = 6,3 m
- tinggi
air dikolom dock = 7,5 m + 0,3 m
=
7,8 m
- air dalam dock akan diturunkan = 0,9 m
- jadi ketinggian ir dalam dock = 7,8 m – 0,9 m
=
6,9 m
- karena turunnya air maka draf kapal akhir :
F = 6,9 m ( Aft keel duduk di dock )
A =
6,3 m ( FWD ( FWD keel mempunyai elearance 0,6 dengan dasar dock )
- Rumus
4. Sebuah kapal akan tolak dengan displacement
21.00 ton , km = 7,68 m dan KG = 7,0 m di kapal terdapat sebuah tangki bahan
bakar ( bj = 0,9 ) dan sebuah tangki air tawar yang kedua-duanya dalam keadaan
slack. Moment of inertia of inertia dari masing-masing tangki ialah = 4218,17
dan 833,33. dari keterangan cross curve diagram sebagai berikut :
Heel
|
0
|
5
|
10
|
15
|
20
|
30
|
45
|
60
|
75
|
90
|
KN
|
0
|
1,3
|
2,7
|
4,05
|
5,3
|
7,5
|
9,55
|
10,2
|
9,8
|
8,4
|
-
Hitung apakah memenuhi semua persyaratan
stabilitas dari internasional Load Line Regulation !
Jawab :
A = 21000 ton KG = 7m TB
BB Bj = 0,9
Km
= 7,68 m inertia = 4218,17 TK FW inertia = 833,33
GG1 TK BB = 4218,17 x 0,9 =
0,20 m
21000
GG1 TK FW = 833,3 x 1 =
0,04 m
21000
TOTAL FSC (GG1) = 0,24 m
KM =
7,68 m KG = 7,00 m
KG =
7,00 m GG1 = 0,24 m
GM =
0,68 m KG Eft = 7,24 m
GG1 = 0,24 m
G1M = 0,44
Heel
KN
KGsinØ
GZ
|
0
0
0
0
|
5
1,3
0,63
0,67
|
10
2,7
1,26
|
15
4,05
1,87
2,18
|
20
5,3
2,48
2,82
|
30
7,5
3,62
3,88
|
45
9,55
5,12
4,43
|
60
10,2
6,3
3,9
|
75
9,8
7,0
2,8
|
09
8,4
7,24
1,16
|
GZ KN – KG sin Ø
Load Line Convention IMO 1968 :
1. nilai GM awal (initial transferse metacentreHeight)
tidak boleh kurang dari 0,15 m meter. Statis factori GM = 5,6 m
2. nilai GZ 0,2 m pada sudut senget 30o atau lebih statisfactori GZ pada
< 30o = 3,88 m
3. nilai maximum GZ tidak boleh terjadi pada
sudut senget klurang dari 30o statis factori nilai GZ max = 4.43 M
pada < 45o
4. luas dibawah lengkung stabilitas (GZ
Zcurve) tidak boleh kurang dari:
a. 0,055 meter radial s/d sudut senget 30o
( statis factori = 1,099 m rad )
b
0,090 meter radial s/d sudut senget 40o ( statis factori =
1,83 m rad )
c. 0,030
meter radial antara <30o & < 40o ( statis
factori = 0,736m rad )
a.
Ø
GZ
SM
AREA
|
0
0
1
0
|
15
2,18
4
8,72
|
30
3,88
1
3,88
|
1 x 15 x
12,6 = 1,099 m rad
3
57,3
statis
factory
Total area = 12,6
b.
Ø
GZ
SM
AREA
|
0
0
1
0
|
20
2,82
4
11,41
|
40
4,41
1
4,41
|
1 x 20 x
15,69 = 1,83 m rad
3
57,3
statis
factory
Total area = 15,69
c.
Ø
GZ
SM
AREA
|
30
3,88
1
3,88
|
35
4,26
4
17,04
|
40
4,41
1
4,41
|
1 x 5 x
25,33 = 0,736 m rad
3
57,3
statis
factory
Total area = 25,33
No comments:
Post a Comment