Thursday, February 13, 2014

SOAL JAWAB UKP BANGUNAN DAN STABILITAS KAPAL III

1.       Diket. Tongkang berebntuk bok memiliki panjang 32 m W (Displacement ) = 352 Tons, bila dalam keadaan kosong dimuati muatan palka :
No.1               = 172 ton
No.2               = 224 ton                              total 844 ton
No.3               = 272 ton                             
No.4               = 176 ton

Ditanya :       a. Load diagram
b.Shear force diagram
c.Bending moment diagram dan nilai max.bending moment

Jawab :
-          massa kapal per M lari =352/32  = 11 ton
-          displacement total = Bouyency = 325 + 844 = 1196 ton
        sketsa
                 IV                    III                II                   I
88
176
264
88
272
360
88
224
312
88
172
260
                  

Massa per M lari / palka            :
Palka I            = (88+172)           :8            = 32,5 ton
Palka II           = (88+224)   :8   = 39 ton
Palka III       = (88+272)            :8            = 45 ton
Palka IV              = (88+176)      :8            = 33ton
a.       Perhitungan load (Bouyency >< masa)
Palka I                    = 37,4 – 32,5  = + 4,9
Palka II                  = 37,4 – 39     = - 1,6 ton
Palka IV                = 37,4 – 45     = - 7,6 ton                                   
Palka V                 = 37,4 – 33     = + 4,4 ton
A                    = 0                  
 

                                                                                                     
                                                                                                                                             
b.       Perhitungan Shear Force
Pada titik        A =                  = 0 ton
         B = 4,4 x 8                              = 35,2 ton
         C = 35,2 + (-7,6 x 8)              = -25,6 ton
         D = -25,6 + (-1,6 x 8)            = -38,4 ton
         E = -38,4 + (4,9 x 8)              = 0,8 ton


















c.        Perhitungan bending moment (BM)

      A                                                           = 0
B = (35,2x8) : 2                                        = 140,8
X = 140,8 + ( 354,2 x 4,6 ) : 2               = 221,8
C =  221,8 + (- 25,6 x 3,4 ) : 2              = 178,8
D =  178,8 + {( - 25,6 - 38,4 ) x 8 } : 2 = - 77,2
Y = -77,2 + ( -38,4 x 7,9 ) : 2                = - 228,9
E = -228,9 + (0,8 x 0,1 ) : 2                  = - 228,8                                             

BM max.  = Titik Y

Bending Moment Diagram


 

 


 





           


2. Sebuah kapal mempunyai berat benaman 22.500 tonnes, KG : 7,3 m, KM : 7,4 m, BM : 3,6 m. 150 tonnes H/L dengan kg 25 m terletak di centre line dihibob mempergunakan Heary Derrick kapal dengan Heard Block berada 17,5 m diatas lunas dan di swong 3 m, ke sebelah kiri setelah muatan berat tersebut berada pada ketinggian 12,5 m diatas lunas, lukiskan kurva stabilitas statis kapal ini dan tentukan kemiringannya. 

Jawab :
Km         = 7,4 m
KG          = 7,3 m
GM         = 0,10 m

GG1         = 150 x 10            
                                    22.500
                                = 0,07 m

G1G2       = 150 x 3
                                   22.500
                                = 0,02 m

 















    












Cari dimana posisi titik B                                                         
KM = 7,4 m  KG          = 7,30
BM = 3,6 m  GG1         = 0,07
KB  = 3,8 m  KG1         = 7,23 m

-       Titik G dibawah B
Untuk sudut 20o – 90o ; G2 = sin Ø ( BM + (½ BM tan2 Ø)


 






















15o G2        = GM sin Ø = 0,03 sin 15o = 0.008 m
30o G2         = sin 30o (0.003 + (½ . 3,6 tan2 30)   = 0,315 m
45o G2         = sin 45o (0.003 + (½ . 3,6 tan2 45)   = 1,29 m
50o G2         = sin 60o (0.003 + (½ . 3,6 tan2 60o)  = 4,70 m
75o G2         = sin 75o (0.003 + ( ½ . 3,6 tan2 75o )                = 24,2 m
90o G2        = sin 90o (0.003 + ( ½ . 3,6 tan2 90o ) =

3. Sebuah kapal L = 132 m dengan draf F= 6,3 m . A= 7,5 m , sebelu memasuki dock diketahui stern post clearance = 0,3 m dari dock keel.
Ditanya : Draf akhir jika poros air dalam dock turun = 0,9m

Jawab :

 


- sarat awal            F            = 7,5 m
                                A             = 6,3 m
- tinggi air dikolom dock    = 7,5 m + 0,3 m
                                                                = 7,8 m
- air dalam dock akan diturunkan = 0,9 m
-    jadi ketinggian ir dalam dock              = 7,8 m – 0,9 m
                                                                       = 6,9 m
-    karena turunnya air maka draf kapal akhir :
        F      = 6,9 m ( Aft keel duduk di dock )
        A     = 6,3 m ( FWD ( FWD keel mempunyai elearance 0,6 dengan dasar dock )
-    Rumus

4. Sebuah kapal akan tolak dengan displacement 21.00 ton , km = 7,68 m dan KG = 7,0 m di kapal terdapat sebuah tangki bahan bakar ( bj = 0,9 ) dan sebuah tangki air tawar yang kedua-duanya dalam keadaan slack. Moment of inertia of inertia dari masing-masing tangki ialah = 4218,17 dan 833,33. dari keterangan cross curve diagram sebagai berikut :

Heel
0
5
10
15
20
30
45
60
75
90
KN
0
1,3
2,7
4,05
5,3
7,5
9,55
10,2
9,8
8,4

-           Hitung apakah memenuhi semua persyaratan stabilitas dari internasional Load Line Regulation !

Jawab :
        A     = 21000 ton       KG = 7m   TB BB Bj = 0,9
        Km = 7,68 m                      inertia = 4218,17           TK FW inertia = 833,33
GG1 TK BB           = 4218,17 x 0,9    = 0,20 m
                                          21000
GG1 TK FW           = 833,3 x 1            = 0,04 m
                                          21000
TOTAL FSC (GG1) = 0,24 m
KM     = 7,68 m                    KG                          = 7,00 m
KG      = 7,00 m                    GG1                         = 0,24 m
GM     = 0,68 m                    KG Eft                   = 7,24 m
GG1     = 0,24 m
G1M    = 0,44

Heel
KN
KGsinØ
GZ
0
0
0
0
5
1,3
0,63
0,67
10
2,7
1,26
*
1,44
15
4,05
1,87
2,18
20
5,3
2,48
2,82
30
7,5
3,62
3,88
45
9,55
5,12
4,43
60
10,2
6,3
3,9
75
9,8
7,0
2,8
09
8,4
7,24
1,16

GZ KN – KG sin Ø
Load Line Convention IMO 1968 :
1.       nilai GM awal (initial transferse metacentreHeight) tidak boleh kurang dari 0,15 m meter. Statis factori GM = 5,6 m
2.       nilai GZ 0,2 m pada sudut senget 30o atau lebih statisfactori GZ pada < 30o = 3,88 m
3.       nilai maximum GZ tidak boleh terjadi pada sudut senget klurang dari 30o statis factori nilai GZ max = 4.43 M pada < 45o
4.       luas dibawah lengkung stabilitas (GZ Zcurve) tidak boleh kurang dari:   
a. 0,055 meter radial s/d sudut senget 30o ( statis factori = 1,099 m rad )
b  0,090 meter radial s/d sudut senget 40o ( statis factori = 1,83 m rad )
c. 0,030 meter radial antara <30o & < 40o ( statis factori = 0,736m rad )
a.                                                                                                 
Ø
GZ
SM
*AREA
0
0
1
0
15
2,18
4
8,72
30
3,88
1
3,88

1 x  15    x 12,6 = 1,099 m rad
 3    57,3   
statis factory
Total * area = 12,6
b.                                                                                              
Ø
GZ
SM
*AREA
0
0
1
0
20
2,82
4
11,41
40
4,41
1
4,41

1 x  20    x 15,69 = 1,83 m rad
3    57,3   
statis factory
Total  area = 15,69
c.
Ø
GZ
SM
*AREA
30
3,88
1
3,88
35
4,26
4
17,04
40
4,41
1
4,41

1 x  5   x 25,33 = 0,736 m rad
3    57,3   
statis factory

Total * area = 25,33

No comments:

Post a Comment