Monday, February 10, 2014

SOAL JAWAB UKP BANGUNANAN DAN STABILITAS KAPAL (SOAL 2)

SOAL 2
1.        Untuk menghitung jumlah cat yang diperlukan pda waktu dock bagi area antara Bottom dan Light Load Line, LLL, Deep Load Line, diperlukan data area “Total Wetted Surface”
  1. Dokumen stabilitas kapal apa yang anda gunakan?
  2. Terangkan bagaimana cara menghitungnya!

Jawab:
  1. Dapat dilihat pada Shell Expansion Plan (denah plat-plat lambung). Terdapat data-data watted surface.
  2. Cara menghitungnya:
Dengan Tylors Formula
Watted surface (S) = 15,5 W X L
S (kira–kira)                   = L x (B x D)…SQ ft (ft2)
Dengan Denny’s Formula
S      = L (1,7d + B.C6)
Keterangan:
d      = mcan draft dalam feet.
C6   = block coeff
B     = Breadth
L      = Length (LBP)
D     = Draft


2.        pada waktu kapal masuk suatu pelabuhan sungai, pandu menanyakan berapa “Fresh Water Daught” kapal
  1. Terangkan bagaimana cara anada menghitungnya!
  2. Dimanakah anda dapatkan data-data itu?

Jawab:
  1. Cara menghitung FWA dengan rumus
FWA =Δ /4TPC bila bj air berbeda
FWA      = dalam m n (satuan)
Δ    = displacement
TPC       = ton per cm.
  1. Data tersebut dapat:
1.        Dilihat diplimsoll mark (blue point)
2.        dihitung dengan rumus = SΔ/4TPC  (dalam satuan mm)

3.        Kapal yang tiba disuatu pelayaran jauh, jumlah air dan bahan bakar yang ada di tangki dasar berganda relatif tinggal sedikit, sehingga kemungkinan kapal berat atas (Top Heavy)
  1. Jelaskan resikonya kapal yang berada dalam keadaan top Heavy!
  2. Terangkan pada kemiringan kapal yang dapat terjadi ketika kapal berputar karena kemudi dicikar kekiri/kekanan (Hell Due Turning)

Jawab:
  1. Resiko kapal dalam keadaan Top Heavy
1. Bila GM = negatif dalam keadaan ombak maka akan terjadi kemiringan (angle of Loll)
2. Cuaca buruk berbahaya.
  1. Kemiringan kapal yang dapat terjadi ketka kapal berputar karena kemudi dicikar ke kiri / kanan









Ketika kapal berputar kemudi dicikar kekanan / kiri maka kapal akan miring ke arah berlawanan karena kapal tersebut mula-mula bekerja sebuah koppel yang ditimbulkan oleh adanya gaya tekanan kemudi (P) yang bekerja dibawah center of Grafity (G) dengan adanya gaya centripetal maka kapal akan miring ke arah yang akan berlawanan arah.

4.         sebuah kapal pesiar memiliki panajang pada garis air = 12 m lebar = 6 m, kedalaman 1 m dan block koefisien 0,65 terapung di air laut. Kapal tersebut akan diangkat dengan Boom berat SWl = 70 ton oleh sebuah kapal cargo dan dimuat diatas Hatch Cover
  1. Hitunglah berapa berat kapal itu!
  2. Mampukah boom berat mengangkatnya?

Jawab:
Diketahui      : Kapal pesiar
L                      = 12m
B                      = 6 m
Draft               = 1 m
Cb                    = 0,65
Bj                     = 1,025 (terapung di air laut)
SWL                = 70 t (boom berat)
Ditanya
  1. Berat kapal pesiar tersebut!
  2. Mampukah boom berat mengangkatnya?
Jawab:
  1. V = L x B x D x C6
= 12 x 6 x 1 x 0,6
= 43,2 cbm
Berat kapal pesiar = V x Bj
= 43,2 x 1,025
= 44,28 Tonnes
  1. Boom berat mampu mengangkat kapal tersebut karena SWL nya = Tonnes berat kapal pesiar 44,28 tonnes.

5.        Sebuah kapal penumpang dalam keadaan tegak tiba di suatu pelabuhan, tiba-tiba menjadi miring ketika 1500 penumpang berkumpul disisi darat untuk melambaikan tangan kepada para penjemputnya. Jika displacement = 4500 ton, letak penumpang kira-kira 10 m diluar center line, GM = 1 berat penumpang dan barang rata-rata 100 kg/orang
Hitung: Berapa derajat senget kapal yang terjadi!

Jawab:
Diketahui: Kapal penumpang
Jumlah penumpang          = 1500 orang (disisi darat)
Displ                                     = 4500 T
d                                           = 10 meter diluar CL
GM                                       = 1 m
Berat penumpang rata-rata = 100 kg/orang
Ditanya : senget kapal yang terjadi
Jawab:




6.        Kapal dengan L = 150 m tiba dimuara sungai dengan draft F = 5,5m dan A = 6,3, MCTC = 200 ton m, TPC = 15 ton center of flotation = 1,5 di belakang CL. Kapal harus memasuki sungai dimana maksimum permissible draft = 6,2 m, diputuskan untuk mengisi ballast ke dalam FP tank, untuk mengurangi draft belakang sampai 6,2 m, jika titik berat tangki tersebut 60 m dimuka CL, hitung minimum air yang harus diisi dan final draft!

Jawab:
Diketahui:
L                                       = 150 m
F                                       = 5,5 m
A                                       = 6,3 m
MCTC                             = 200 T
TPC                                  = 15 T
Cof                                   = 1,5 di belakang CL
Draft air diminta           = 6,2 m
D                                       = 60 m dimuka CL.
Ditanya:
  1. Minimum air yang harus diisi di FP
  2. Final draft
Jawab :



change of draft fwd          = 37,35 – 18,30 = 19,05 cm
draft awal                       F = 550 cm             A  = 630 cm
sinkage                                = + 8,30 cm                +8,30 cm
                                          F = 558,30 cm       A = 638,30cm
Change of due trim = +19,05 cm     +18,30 cm
  1. Final draft       F = 577,35cm        A = 620,00cm
                                  F =5,77m                A = 6,20m



No comments:

Post a Comment