Sunday, February 9, 2014

SOAL JAWAB UKP BANGUNAN DAN STABILITAS KAPAL (SOAL 1)

BANGUNAN & STABILITAS KAPAL

SOAL 1
1.        Pada waktu kapal naik dock, dalam kegiatan srvey dilakukan pengukuran prpeller shaft dan rudder stock clearances.
a.        Tunjukan dengan gambar bagaimana cara pengukuran clearances tersebut.
b.        Sebutkan mengapa perlu dilakukan pengukuran itu.

Jawab:

Cara mengukurnya:

-          Penutup lubang untuk mengukur di buka
-          Pasang teleskop micrometer.
-          Dorong stick kebawah sampai mentok/kandas shapt
-          Baca hasil pengukuran / petunjuk nilai tertentu
-          Dicatat di record measurement yang tersedia ditempat alat ukur.
-          Bila nilai pengukuran menunjukan max. sesuai instruction bool maka bearig / metal harus diganti




b)     –      Untuk memeriksa atau mengetahui kelonggaran shoft itu dengan metal
-       Untuk mengetahui apakah poros tersebut lurus atau bengkok
-       Untuk mengetahui kelonggarannya, apabila sudah melebihi batas kelonggaran, maka beaing harus diganti.

2.        Sebuah kapal mengalami kecelakaan menabrak dermaga sehingga pelas lambungnya robek pada posisi diatas garis air dengan data sebagai berikut:
Beetwen Frames 111 – 113 strake E – 14
a.        Jelaskan artinya data ini
b.        Tindakan berjaga-jaga yang perlu dilakukan

Jawab:
a.  –      Setelah kapal menabrak dermaga maka gading–gading antara 111 – 113 dan gadinh–gading membujur E 14 mengalami robek.
b.  –      Sounding palka / got untuk mengetahui ada air yang masuk atau ngak, yang gading-gading diantaranya robek.
-           Kalau bisa secepatnya dilakukan pengelasan.
-           Pencegahan sementra supaya air yang masuk tidak banyak disemenbox/disumbat.

3.        Sebutkan data-data yang terdapat di dalam
a.        DWT scales
b.        Hydrostatic curve
c.        Cross curve
d.        KN curve

Jawab:
a.        DWT scale data-datanya: draft rata-rata, DWT, Displacement, MCTC, Freeboard, dan kadang-adang dilengkapi Cb, Cw, Cp.
b.        Hydrostatic curve → Displacement, TPC, MCTC, longitudinal cente of boliyacy, longitudinal centie of flotation.
c.        Coss curve → Displacement, rigthting lever in meter.
d.        KN curve → displacement, kn in meter.

4.        Sebuah kapal dengan displacement 3000 ton, memiliki km 6,0 m, KG = 5,4 m, LBP 100 m, MCT KM = 40 ton/m, TC = 5 ton, center of flotation 2 m dibelakang midship, dan memiliki beberapa tanki yang siam, yang moment free surfacenya 600 ton m. selanjutnya kapal akan masuk dry dok
a.        Max trim agar 6 m effective soat masuk dry dock tidak terkurung dari 0,3 ml.
b.        Momenstabilitas statis pada saat kritis tersebut.
c.        Lost of GM setelah kapal duduk tata pada block dick pada saat itu air dock masih turun 30 cm.

Diket:
∆                  = 3000 ton
LBP             = 100 m
KM              = 6 m
KG               = 5,4
MCT I         = 40 ton/m
TPC             = 25 ton
COF             = 2 m
FS                = 600 ton
Ditanya: a.         Max trim agar 6 m effective saat masuk dry dock tidak kUrang dari 0,3 ml
b.     Momentstabilitas statis pada saat kritis tersebut.
c.     Lost of GM setelah kapal duduk tata pada block dick pada saat itu air dock masih turun 30 cm.
Jawab:
KM                                   = 6,0 m
KG                                    = 5,4 m
Original GM                    = 0,6 m
Viritual GM                    = 0,3 m
Virtual loss                      = 0,3 m

                                          = 0,3 m
original                            = 0,6 m
effective G                      = 0,3 m

moment stabilitas statis pada waktu kritis :
W x GM sin Ø
: 3000 x 0,3 sin Ø
: 1000 sin Ø Ton.m.
Jadi:
  1. Max. trim agar GM effective saat masuk day dock tidak kurang dari 0,3 m = 180 cm
  2. Moment stabilitas pada saat kritis tersebut = 1000 sin Ø T1.
  3. Loss of GM setelah kapal duduk rata pada block dock pada saat air dock masuk turun 30 cm = 0,3 m

5.        Kapal general caro memiliki displacement 15000 ton ton, KM : 6,3 m, KG : 6,03 dan memiliki data-data dengan stabilitas statis sebagai berkut:
Heel (Ø0)
0
10
20
30
40
50
60
70
80
90
GZ (m)
0
0,100
0,400
0,765
0,975
0,945
0,750
0,485
0,185
0,13

Pertanyaan : a. Lukislah Ø, d, dan lengkungan Gm.
b. Ød1, Ød2, Øm, Øc, dan GZ pada masing-masing Ø tersebut.
Catatan: lukisan dikerjakan pada lampiran dua.
GENERAL CARGO


\ Qd      = G2       = 0,08
Qm         = BC       = 1,01 (G2 Maximem)
Qc           = F          = 86,5 (The engle of finishing point)

DE          = 0,63 (GM awal)

No comments:

Post a Comment