Thursday, May 15, 2014

SOAL JAWAB UKP OLAH GERAK NASKAH 2

N A S K A H   2  OLAH GERAK

 1.A) Kapal berlabuh secara mengangkang (open moor) karena :
   -  Bila arus dating dari satu arah tertentu dan tidak berubah (tetap)
 Kesulitannya/kerugiannya :
-          Kemungkinan besar kapal lain akan tersangkut rantainya,
-          Olah gerak susah.
-          Waktu berangkat lama.

Cara pelaksanaanya/dengan gambar :
1)       Persiapan jangkar,standby di ulup kiri dan kanan.
2)       Dekati tempat berlabuh kira2 1 surat.
3)       Sambil maju pelan let go jangkar diatas angina.
4)       Area rantai sampai 2X panjang rantai yg dikehendaki.
5)       Sampai di tempat tersebut let go jangkar kedua.
6)       Karena angina,arus kapal dating di posisi 3.






2.Olah gerak yg dibunakan utk menyelamatkan orang jatuh ke laut secara SCHARNOW TURN.
 Jawab :
 Misal  -  Kapal berhaluan utara,.
-          Korban jatuh di sebelah kanan.,kemudi cikar kanan.
-          Setelah haluan berubah 240 drjt dari haluan semula kiri cikar.
-          Lihat haluan menunjuk 270 artinya 30 drjt adalah OVER SHOOT ANGLE.
-          Haluan berlawanan dengan haluan semula+30 drjt =210 drjt.
-          Kanan cikar saat kapl stop bergerak kemudi terus begitu.
-          Lalu lakukan olah gerak untuk menolong korban.

3.Sebuah kapal yg sedang sandar pada dernaga A bermaksud untuk dipindahkan sandar kanan di B,
Jelaskan tahap2 pelaksanaan olah gerak.
 Jawab :
- Pos 1   : Let go tros depan,hibob tros belakang
- Pos 2   : Setelah kapal membentuk sudut 45 drjt,let go tross belakang,mesin setengah,kemudi kiri cikar.
- Pos 3   : Kemudi tengah2 mesin maju pelan.
- Pos 4   : Stop mesin kirim tali tross depan.


4. Kapal akan masuk ambang sungai dengan kedalaman kurang dari 1,5 X draft kapal.
Jelaskan tahap2 olah gerak melewati ambang agar kapal  tidak kandas kapal ikut arus.
Jawab :


5.Kapal berada pada posisi 25. 30, utara/120.30 timur,saat itu menerima berita adanya tekanan rendah posisinya tepat tenggara dari kapal tsb serta sejauh 250 mil,dan bergerak kea rah NNE,jelaskan bagaimana cara menghindari tekanan rendah tsb.
 Jawab :
-          Harus diusahakan agar kapal tidak berada pada jarak 50 mil dari nmata siklon.
-          Sedapat mungkin berada di luar Paling sedikit 200 mil dari matanya.
-          Bila anginnya Veering/berubah searah jarum jam maka pertanda kapal berada di dangerous semi circle,kapal tenaga harus berlayar dengan emergency full speed.dengan menempatkan arah angina 1 sampai 4 surat di lambung kanan dan membelok ke kanan menjauhi mata siklon.
-          Bila kapal tidak mempuynyai ruangan yg cukup untuk berhaluan demikian harus berusaha nenjauhi angina dan menempatkan di lambung kanan.

-          Bila arah anginnya tetap atau Packing (berubah berlawanan arah jarum jam kapal tenaga harus meletakkan angina di lambung kanan dengan berlayar kecepatan penuh dan membelok ke kiri apabila anginnya Packing

No comments:

Post a Comment