N
A S K A H 2 OLAH GERAK
1.A) Kapal berlabuh secara mengangkang (open
moor) karena :
- Bila arus dating dari satu arah
tertentu dan tidak berubah (tetap)
Kesulitannya/kerugiannya :
-
Kemungkinan besar
kapal lain akan tersangkut rantainya,
-
Olah gerak susah.
-
Waktu berangkat
lama.
Cara pelaksanaanya/dengan gambar :
1)
Persiapan
jangkar,standby di ulup kiri dan kanan.
2)
Dekati tempat
berlabuh kira2 1 surat.
3)
Sambil maju pelan
let go jangkar diatas angina.
4)
Area rantai sampai
2X panjang rantai yg dikehendaki.
5)
Sampai di tempat
tersebut let go jangkar kedua.
6)
Karena angina,arus
kapal dating di posisi 3.
2.Olah gerak yg dibunakan utk
menyelamatkan orang jatuh ke laut secara SCHARNOW TURN.
Jawab :
Misal
- Kapal berhaluan utara,.
-
Korban jatuh di
sebelah kanan.,kemudi cikar kanan.
-
Setelah haluan
berubah 240 drjt dari haluan semula kiri cikar.
-
Lihat haluan
menunjuk 270 artinya 30 drjt adalah OVER SHOOT ANGLE.
-
Haluan berlawanan
dengan haluan semula+30 drjt =210 drjt.
-
Kanan cikar saat
kapl stop bergerak kemudi terus begitu.
-
Lalu lakukan olah
gerak untuk menolong korban.
3.Sebuah kapal yg sedang sandar pada
dernaga A bermaksud untuk dipindahkan sandar kanan di B,
Jelaskan tahap2 pelaksanaan olah
gerak.
Jawab :
- Pos 1 : Let go tros depan,hibob tros belakang
- Pos 2 : Setelah kapal membentuk sudut 45 drjt,let
go tross belakang,mesin setengah,kemudi kiri cikar.
- Pos 3 : Kemudi tengah2 mesin maju pelan.
- Pos 4 : Stop mesin kirim tali tross depan.
4. Kapal akan masuk ambang sungai
dengan kedalaman kurang dari 1,5 X draft kapal.
Jelaskan tahap2 olah gerak melewati
ambang agar kapal tidak kandas kapal
ikut arus.
Jawab :
5.Kapal berada pada posisi 25. 30,
utara/120.30 timur,saat itu menerima berita adanya tekanan rendah posisinya
tepat tenggara dari kapal tsb serta sejauh 250 mil,dan bergerak kea rah
NNE,jelaskan bagaimana cara menghindari tekanan rendah tsb.
Jawab :
-
Harus diusahakan
agar kapal tidak berada pada jarak 50 mil dari nmata siklon.
-
Sedapat mungkin
berada di luar Paling sedikit 200 mil dari matanya.
-
Bila anginnya
Veering/berubah searah jarum jam maka pertanda kapal berada di dangerous semi
circle,kapal tenaga harus berlayar dengan emergency full speed.dengan
menempatkan arah angina 1 sampai 4 surat di lambung kanan dan membelok ke kanan
menjauhi mata siklon.
-
Bila kapal tidak
mempuynyai ruangan yg cukup untuk berhaluan demikian harus berusaha nenjauhi
angina dan menempatkan di lambung kanan.
-
Bila arah anginnya
tetap atau Packing (berubah berlawanan arah jarum jam kapal tenaga harus
meletakkan angina di lambung kanan dengan berlayar kecepatan penuh dan membelok
ke kiri apabila anginnya Packing
No comments:
Post a Comment