Thursday, May 15, 2014

SOAL JAWAB OLAH GERAK NASKAH 1

NASKAH 1 OLAH GERAK.

1.A) Kapal harus berlabuh dengan ‘Dua jangkar dalam satu          arah”(VIRTUEIN),Alasannya antaraa lain :
-          Ruangan tempat berlabuh terbatas sehingga bila berputar dengan satu jangkar saja akan tidak cukup.
-          Bila arus pasang surutnya bergantian secara teratur (konstan)
B) Adapun kesulitan2 yg timbul adalah :
-          Apabila arus berputar kemungkinan rantai terbelit.
-          Jika angin bertiup dari arah melintang sangat kuat makaa tekanan thd rantai jangkar sangat besar shgga ada kemungkinan bisa putus.
-          Karena 2 jangkar maka pada saat menghibob memerlukan waktu agak lama.
G A M B A R.

  2. Kapal yg akan berangkat dari suatu pelabuhan di sungai menuju ke laut dengan kondisi seperti gambar saat itu air mulai pasang ,baling2 CPP putar kanan,jelaskan bagaimana pelaksanaan tahap2 olah gerak.

 G A M B A R.
 Keterangan  :


Pos 1. Semua  tali lepas kecuali spring depan,spring harus diarea kreket,kemudi kiri dan maju pelan.
Pos 2. Mesin mundur,spring let go.kemudi kanan secukupnya
Pos 3. Mesin maju setengah kemudi cikar kiri.
Pos 4. Kalau ruangan memungkinkan untuk maju maka mesin maju tetap.
Pos 5. Bila ruangan di belakang kapal terbatas maka pd posisi 1 mesin dimundurkan kreket spring depan.

  3. Kapal anda kandas pada posisi seperti nampak pada gambar,Jelaskan cara olah gerak untuk melepaskan kapal tersebut.
Gambar;

4. Anda berlayar dengan haluan sejati 045 pada pukul 18.30 WIB seorang ABK jatuh dilambung kiri angin bertiup dari arah barat daya dengan kekuatan 3 knot
A.      Jelaskan tindakan anda sebagai perwira jaga
Jawab;
-          berteriak sekeras mungkin orang jatuh kelaut dilambung kiri
-          pelampung penolong yang terdekat segera dilemparkan kearah sikorban
-          kemudi dicikar kearah sikorban untuk menghindari dari buritan kapal sambil mengawasi terus kearah sikorban
-          beritahu nakhoda dan kamar mesin.
B.       Tindakan nakhoda dan olah geraknya.
Jawab;
-          cikar kiri kemudi kearah sikorban
-          kecepatan tetap maksimum sampai belokan kapal berada ditempat korban
-          lindungi korban dari datangnya angin
-          setelah kapal sampai dikorban mesin stop
-          turunkan sekoci sebelah kiri lakukan pertolongan.

5. Olah gerak SAR dengan CREEPING LINE SEARCH coordinated ( CSC )
Jawab;
-          tali diikat dari depan kapal sampai ditengah kapal diatas air , kedua sisi lambung untuk mengikat sekoci atau rakit penolong.
-          Sebuah derreck siap untuk menghibob di kedua sisi kapal yg dilengkapi,dengan dulang2 (plaform cargo sling) atau sling jari (net sling ),yg terikat pd reep (runner) untuk membantu korban yg luka atau kecapaian dengan cepat dari air.
-          Tali untuk menghibob (heaving line).Tangga dan jaring di kedua lambung dari geladak sampai air untuk membantu Abk waktu akan mengangkat korban dari air.
-          Rakit kapal siap utk segera di pakai sebagai alat untuk naik kapal ,Inflatable liferaft tidak boleh digunakan kecuali jika diperlukan .
-          Persiapan untuk menerima korban yg memerlukan bantuan pengobatan termasuk branker (stratcher)
-          Jika sekoci penolong kita turunkan semua alat utk melakukan komunikasi.
-          Alat pelempar  tali penghubung yg telah disambung dengan tali yg lebih besar,siap untuk digunakan menghubungkan dngan kapal yg dalam bahaya atau kapal penolong.
1.        Expanding Square Search Pattern – 1 Ship.
2.        Sector Search Patern 1 Ship.
3.        Parallel Track Searh Pattern – 2 Ship

4.        Ship/Aircraft co-ordinated Search Pattern.

No comments:

Post a Comment