Sunday, June 22, 2014

METEOLOGI DAN OCEANOGRAFI SOAL UKP ANT II PART C

ANT-II    METEOROLOGI DAN OCEANOGRAFI
WAKTU : 90 MENIT

1.  a.  Apakah yang dimaksud masing-masing dengan proses pendinginan adiabatic dan proses pemanasan adiabatic dalam atmosfer ?

Jawab
Yang dimaksud adiabatic atmosfer adalah suatu proses dimana tekanan udara, volume, dan temperatur udara dapat berubah-ubah tanpa adanya penambahan/pengurangan panas ke dalam atau keluar dari udara tersebut.

b.  Jelaskan mengapa lapse rate temperatur adiabatis jenuh selalu lebih kecil daripada lapse rate temperatur diabetes kering serta sebutkan beberapa harga masing-masing !

Jawab
Karena udara yang naik atau turun tersebut merupakan udara jenuh, maka pada waktu udara naik selain terjadi proses pendinginan secara aidabatic terjadi proses pengembunan atau kondensasi dimana terlepas panas atau panas laten yang merupakan aksi lawab dari pendinginan angka rate adiabatic jenuh rata-rata 5 deg untuk setiap kilometer atau 0,5 c untuk setiap 100 m.

2.  a.  Sebutkan beberapa hal yang mempengaruhi penurunan temperatur antara ekuator dan kutub sangat tidak teratur, sehingga garis-garis isotherm tidak mengarah barat ke timur !


Jawab
-    Distribusi daratan yang ada
-    Angin yang bertiup dari daratan, terutama untuk temperatur udara di atasnya
-    Arus panas dan arus dingin permukaan laut, yang umumnya terdapat di semua lautan
-    Air dingin yang muncul dari bawah ke permukaan karena up welling.

b.  Jelaskan mengapa penurunan isotherm di pantai barat Amerika Selatan tidak teratur, sehingga tidak mengarah barat ke timur !

Jawab
Karena arus panas gulf stream selepas mengalir dari pantai Amerika Utara menyeberangi lautan atlantik sebagai arus North Atlantik Drift sementara arus dingin lambador mengalir ke selatan di antara arus gulf stream.

3.  a.  Apakah yang dimaksud masing-masing dengan sektor dangerous semi circle dan sektor Navigable semi circle sebuah siklon tropik ?

Jawab
Dangerous semi circle adalah setengah lingkaran siklon tropis, dimana kapal-kapal yang sudah berada di dalam sektor tersebut sulit untuk dapat melarikan diri dari pusat siklon.
Navigable semi circle adalah bagian setengah lingkaran siklon tropis dimana kapal yang sudah berada di dalam sektor tersebut masih memungkinkan dapat melarikan diri.

b.  Keenam daerah tersebut adalah :
1.  Lautan atlantik utara bagian barat, termasuk perairan India Barat
2.  Lautan pasifik utara bagian tenggara, sebelah barat meksiko
3.  Lautan pasifik utara bagian barat, termasuk daerah-daerah laut yang terbentang dari laut Cina Selatan, Philipina sampai Jepang
4.  Laut Arab, teluk benggala dan pantai-pantai India
5.  Lautan Hindia Selatan, sebelah timur madagaskar
6.  Lautan pasifik selatan bagian barat dan perairan sekitar Australia.
4.  a.  Apakah yang disebut sebagai proses oklusi pada depresi daerah sedang dan apakah nama front yang terjadi karena proses oklusi tersebut ?

Jawab
Proses oklusi : proses front dingin yang bergeser lebih cepat daripada front panas, sehingga sebagian dari front dingin kemudian berhimpit dengan front panas dan terjadi front campuran.
Front yang terjadi karena proses oklusi disebut Front Oklusi.

b.  Sebutkan dan jelaskan masing-masing pembagian / klasifikasi front yang terjadi dan apakah nama oklusi pada daerah sedang tersebut.

Jawab
-    Front Oklusi Panas :
Terjadi apabila masa udara dingin di belakang front dingin lebih panas daripada masa udara dingin di muka front panas sebelum terjadinya proses oklusi.
-    Front Oklusi Dingin
Terjadi apabila masa udara dingin di belakang front dingin lebih dingin daripada masa udara dingin di muka front panas sebelum terjadi proses oklusi.
-    Front Oklus Atas
Terjadi apabila udara dingin di belakang front dingin sama dengannya daripada udara dingin di muka front panas setelah terjadi proses oklusi

5.  a.  Sebutkan macam-macam peta sypnotik yang anda ketahui serta jelaskan bagaimana cara melakukan analisa masing-masing !
-    Peta synoptik dengan ketinggian
Dengan analisa isobar ialah analisa dengan tekanan udara yang sama dengan suatu garis yang disebut garis isobar
Dengan analisa stream line ialah suatu analisa dengan menarik garis stream line berdasarkan data arah angin dari berita sypnitik yang di plot pada station masing-masing.
-    Peta sypnoctik pada tekanan tetap
Dengan analisa cantour ialah dengan menghubungkan tempat-tempat yang mempunyai ketinggian yang sama dengan garis yang disebut sebagai garis Cantour.

b.  Apakah yang disebut sebagai pola tekanan tinggi atau pola anti sinkklonal sebagai hasil analisa isobaric pada synoptik permukaan laut serta jelaskan bagaimana arah dan kecepatan aliran arus angin dan keadaan cuaca pada umumnya di daerah sekitar pusat pada tekanan tinggi tersebut ?

Jawab
Pola tekanan tinggi atau pola anti siklonal adalah : suatu daerah dimana dengan tekanan udara yang relatif tinggi dengan maksimum di pusatnya yang dikelilingi oleh satu atau lebih isobar-isobar yang tertutup.
Kecepatan angin umumnya lemah dengan sirkulasi searah jarum jam di belahan bumi utara dan berlawanan arah jarum jam di belahan bumi selatan.

Keadaan cuaca baik atau dengan awan sedikit.

No comments:

Post a Comment