Wednesday, March 19, 2014

SOAL JAWAB UKP PROSEDUR DARURAT DAN SAR 2

SOAL 2
1.a.Tindakan tindakan Preventf apakah yg harus di lakukan untuk mencegah terjadinya keadaan darurat di kapal ?
b.Sebutkan beberapa keadaan yg dapat menimbulkan keadaan darurat di kapal Tanker !   
c.Sebutkan pertimbangan Nakhoda untuk melakukan ABANDON SHIP !
d.Apakah yang di maksud dgn SHIP BOARD EMERGENCY CONTIGENCY PLANS ?
       Jawab :

 a.Tindakan-tindakaan preventif yang harus dilakukan untuk mencegah terjadinya keadaan darurat di kapal 
1.Melaksanakan latihan-latihan darurat secara terus menerus dan sungguh-sungguh sesuai ketentuan yang berlaku.
2.Selalu mengedepankan sistem kerja yang aman dengan cara mematuhi dan melaksanakan semua ketentuan-ketentuan yang ada pada safety pada setiap jenis pekerjaan.
3.Badan kapal dan mesin-mesinnya serta peralatan serta peralatan-peralatan lainnya harus layak dan memenuhi ketentuan yang berlaku.
4.Menetapkan ruang smoking room di atas kapal.
5.Selalu memantau berita cuaca dengan sebaik   mungkin.
6.ABK harus mempunyai fisik dan mental yang sehat dan kuat, terdidik dan terampil dalma menjalankan tugasnya, berdedikasi tinggi dalam melaksanakan peritnah atasnnya serta disiplin dan mampu bekerja sama dengan ABK yang lainnya.

b.Beberapa keadaan yang dapat menimbulkan keadaan darurat di kapal tanker adalah :
1.Fire/kebakaran
2.Ledakan/explosion
3.Over flow untuk oil pollution


   c.Pertimbangan-pertimbangan seorang Nahkoda untuk melakukan “Abandon Ship” adalah :
1.Stabilitas kapal semakin memburuk dan tidak mungkin dapat diatasi
2.Kondisi yang sangat parah
3.Kapal diperkirakan akan meledak sehingga dapat membahayakan ABK atau orang yang ada di atas kapal
4.Kebakaran yang tidak bisa di atasi.

d.Yang dimaksud dengan Ship Board Emergency Contingecy Plans adalah:
Tata cara kerja yang harus dilaksanakan pada waktu kapal mengalami suatu keadaan di luar keadaan normal yang mempunyai tingkat kecenderungan akan dapat membahayakan kapal dan muatannya, crew kapalnya serta lingkungan dimana kapal itu berada agar supaya akibat yang ditimbulkannya dapat ditekan sekecil mungkin atau kalau bisa akibat itu dapat dihilangkan sama sekali (sama dengan Ship Board Emergency Procedures).

2.a.Faktor apakah yg menyebabkan pencarian tidak berhasil   
 Jawab :
1.Salah penentuan Datum
2.Benda yang dicari kecil
3.Keadaan cuaca tidak mendukung
4.Keadaan laut/ombak besar

b.Apakah tujuan di adakannya latihan darurat di kapal ?
    Jawab :
Untuk mempunyai ketrampilan dan kesiapan anak buah kapal baik mental dalam mengatasi keadaan darurat yang terjadi di atas kapal serta membiasakan diri ABK terhadp suatu keadaan darurat sehingga rasa panik dapat dikurangi.

c.Sebutkan penyebab terjadinya keadaan darurat di kapal ?
Jawab :
1.Kesalahan manusia/ human error
2.Kesalahan peralatan
3.Kesalahan prosedur
4.Pelanggaran terhadap peraturan
5.Kehendak Tuhan Yang Maha Esa

3.a.Apa yg di maksud dengan SAR,RCC,CSS,CES,& CRS ?     
Jawab :
-      SAR (Search and Rescue)
SEARCH : adalah sebuah operasi yang menggunakan berbagai personil dan fasilitas untuk mendapatkan orang yang dalam keadaan bahaya.
RESCUE : adalah sebuah operasi untuk membebaskan orang dalam bahaya memberikan pertolongan awal medis atau kebutuhan lain dan mengantar mereka ke tempat yang aman.
-          RCC (Rescue Co-ordination Centre)
Adalah : suatu unit yang bertanggung jawab mengusulkan organisaasi yang efisien untuk mengkoordinir pelaksanaan operasi SAR di suatu daerah Sar.
-          CSS (Co-ordination Surface Search)
Adalah : suatu kapal, selain unit penolong yang dirancang untuk mengkoordinir operasi Sar di permukaan (bumi) di suatu daerah khusus.
-          CES (Coast Earth Station)
Adalah : statsun bumi pantai yang berfungsi sebagai pintu gerbang untuk dapat masuk dalam sistem jaringan komunikasi in marsat dan jaringan telekomunikasi internasional.
-          CRS (Coast Radio Station)
Adalah stasiun radio pantai yang bertugas melakukan koordinasi operasi-operasi pencarian dan penyelamatan yang diinformasikan pada interval waktu yang teratur dan sewaktu-waktu keadaan telah berubah.

b.Jelaskan metode pola pencarian orang jatuh di laut yg paling efisien di gunakan !
Jawab :
Metode pola pencarian orang jatuh di laut yang paling efisien digunakan Metode peraturan Williamson Turn

 



1.Kemudian hard over (dalam situasi tindakan segera hanya di samping korban).
2.Setelah penyimpangan 60° dari perjalanan asal, kemudian hardover pada sisi berlawanan.
3.Bilamana heading pendek 20° dari perjalanan yang berlawanan kemudian pada posisi tengah kapal dan kapal berputar berjalan baik.

c.Sebutkan macam macam pola pencarian & jelaskan dengan singkat !
    Jawab :
1.Perluasan-luasan pencarian untuk digunakn oleh sebuah kapal (expanding squares).
2.Pencarian sektor digunakan oleh sebuah kapal (untuk kasus khusus orang jatuh ke laut dan sebagainya)
3.Jejak sejajar : digunakan oleh dua buah kapal
4.Jejak sejajar : digunakan oleh tiga buah kapal
5.Jejak sejajar : digunakan oleh empat buah kapal
6.Jejak sejajar : digunakan oleh lima buah kapal
7.Pencarian kapal/pesawat udara terkoordinasi : digunakan oleh kapal dan pesawat udara.

d.Bagaimana cara penentuan OSC & apa tanggung jawabnya ?
Jawab :
Cara penentuan OSC dan tanggung jawab :
-Unit-unit penolong yang terlibat dalam operasi SAR salah satu harus ditetapkan sebagai OSC sedini mungkin dan sebaik mungkin sebelum tiba di area yang ditentukan.
-RCC atau RSC yang memadai harus ditetapkan sebagai OSC.
-Sampai dengan waktu penetapan OSC, unit penolong yang datang pertama di lapangan secara otomatis harus bertindak dan bertanggung jawab sebagai OSC.
Tanggung jawab OSC :
1.       Menentukan posisi duga dari obyek yang dicari, batas tepi dan wilayahnya.
2.       Membuat pengaturan batas untuk keperluan keselamatan bagi unit penolong
3.     Menentukan pola pencarian bagi unit yang berpartisipasi dalam pencarian dan menetapkan wilayah tiap-tiap kelompok.
4.       Menentukan unit yang layak untuk menolong jika obyek yang diari telah ditemukan.
5.       Mengkoordinir komunikasi SAR di lapangan.

4.a.Syarat syarat apakah yg harus di penuhi agar alt penyelamat kapal di katakana siap/siaga di gunakan sesuai Solas 1974 ?
Jawab :
Syarat-syarat yang harus dipenuhi agar alat penyelamat dikatakan siap/siaga digunakan sesuai Solas 1974.
Di Solas Convention Chapter III Reg 4 :
1.Sebelum suatu alat keselamatan digunakan di kapal harus melalui pengujian lebih dahulu berdasarkan rekomendasi IMO.
2.Alat-alat tersebut sudah diuji oleh pemerintah berdasarkan metode yang ekivalen dengan rekonmendasi IMO.

b.Sebutkan 2 organisasi dalam Co-Ordinating of search and rescue operation !
Jawab :
2 organisasi dalam co-ordination of search and rescue opeation :
1.       OSC : On Scene Commander
2.       RCC : Rescue Coordination Centre
c.Hal hal apakah yang harus di perhatikan dalam waktu akn mengandaskan kapal !
Jawab :
Hal-hal yang harus diperhatikan pada waktu akan   mengkandaskan suatu kapal adalah :
 1.Keadaanpantai(dasar perairannya)
        2.Metode pendekatannya

        3.Metode pembebasan kapal dan kekandasan

No comments:

Post a Comment