Saturday, May 17, 2014

SOAL JAWAB UKP OLAH GERAK NASKAH 4

N A S K A H   4  OLAH GERAK.

1.        Sebutkan dan jelaskan pengaruh dan gaya2 yg bekerja pada sebuah kapal yg sedang bergerak maju dan kemudi di simpangkan ke kanan thdp kemampuan Olah Gerak suatu kapal .(penjelasan dengan gambar )

  Jawab :
-          Mulai berputar dengan sudut tetap dan dengan kecepatan beraturan maka yg mendapat gaya bukan saja haluan melainkan juga badan kapal / bidang air.
-          Pada saat kecepatan tetap kemudian berputar  maka terjadi keseimbangan 2 gaya yaitu :
a.        Gaya centrifugal
b.        Gaya Centripetal.
 
        Gambar  :

2.        A) Sebtkan apa yg dimaksud dengan SHIPS TRIAL,setelah kapal selesai di bangun !
Jawab :
Untuk mengamati dan mempelajari sifat2 suatu kapal dengan cara mengolsah gerak kapal dimana dengan percobaan ini dapat menentukan atau memperoleh gambaran mengenai sifat2 atau karateristik kapal tsb.
Khususnya dalam meng Olah Gerak dan faktor2 yg mempengaruhinya yaitu factor dari dalam maupun dari luar yg sifatnya tetap maupun berubah ubah.

B) Butir2 apa saja yg di data dan di uji coba pada waktu Trial ?
Jawab :
-          Percobaan kecepatan.
-          Percobaan Lingkaran Putar.
-          Percobaan sudut putar.
-          Percobaan orang jatuh ke laut.
-          Percobaan jarak henti.
-          Test Steering.

C) Sebutkan besaran butir2 tersebut diatas secara umum !
Jawab :
-          Percobaan Kecepatan .yaitu percobaan ini dilakukan dengan kondisi kedalaman air dibawah lunas paling sedikit dilakukan 3 lintasan melalui jarak yg telah ditentukan.
-          percobaan lingkaran putar yaitu percobaan ini dilakukan terdiri dari lingkaran putar kekanan dan kekiri  dengan kondisi kedalaman air dibawah lunas yg cukup
-          percobaan haluan berliku-liku yg bertujuan untuk menentukan apa yg disebut OVERSHOOT TIME DAN OVER SHOOT ANGLE.              

3.Berlayar dibelahan bumi utara dalam badai tropika
A.Ciri2 yg terlihat dan atau terdata dikpl pada waktu mendekati daerah tsb :
Jawab :
-Tekanan udara disekitar menurun drastis dr tekanan udara rata2 di tempat tsb.
- Adanya alun yg panjang.
- Adanya awan Cirrus yg bergerak/mengarah ke satu titik.Bila sudah dekat lagi adanya awan2 gelap.

B.perbedaan semi circle berbaya dgn semi circle yg biasa dilayari:
Jawab : - Karna jika kapal terperangkap di daerah dangerous semi circle akan sulit untuk keluar atau menghindarkan diri karena untuk melepaskan diri keluar dari bahaya harus menghadapi angin yg sangat kencang dari arah lambung kanan depan dan kecepatan angina yg terasa di atas kapal adalah kecepatan angina sebenarnya di sekitar kita.
Pusat Siklon Tropis ditambah dengan kecepatan pergerakan Siklon tropis yg bersangkutan.
-          Semi Circle yg biasa dilayari adalah daerah di sekitar dan sepanjang Ekuator.
A.      Prinsip berlayar keluar dari badai Tropik :
-          Pada Dangerous Semi Circle angina diletakkan kira2 4 surat di sebelah kanan haluan dan kapal maju dengan kecepatan penuh.
-          Pada Navigable Semi Circle,angina di letakkan kira2 4 surat di belakang arah melintang sebelah kanan.

4.Sketsa tentang cara Olah Gerak MEDITERIAN MOOR.
Jawab :
Ket; dermaga dekati pada sisi kiri.
-          setelah posisi kapal pd jarak sejauh 2 kali panjang kapal dari tempat dermaga dan setengah panjang kpl dari tempat berlabuh maka jangkar kanan dilego.
-          Kapal maju pelan setelah melewati tempat kepil mesin distop kemudian dimundurkan
-          Setelah kpl mundur jangkar kiri dilego
-          Tali dilirimkan kedarat dari belakang dalam kedudukan saling bersilangan dan dihibob sampai keduanya kencang.
Gambar;









5Jelaskan dengan gambar Sketsa tekhnik pengendalian kapal pada waktu :
a. 2 buah kpl saling berpapasan disuatu perairan sempit.
  Jawab;
-          kedua kpl mendekati dengan kec pelan dan keduanya memberi kemudi kekanan dan isyarat suling
-          pada saat mulai melintang keduanya mulai membalas kemudi kekiri, karena adanya perbedaan air pd setiap sisi yang menurun lalu naik yg mengakibatkan kpl didorong masing2 kekanan maka kemudi sedikit kekiri  apabila separuh badan kpl sudah lewat maka kpl kembali kealur masing2. 
Gambar ;


b. 2 kpl yang saling menyusul diperairan sempit
keterangan;
- berolah gerak dengan mengurangi kecepatan terhadap keduanya untuk menghindari penurunan yg lebih besar diantara keduanya mengakibatkan kedua sisi tarik menarik atau cushion effect pada haluan kapal yg menyusul jika terlalu dekat dgn daratan pd saat akan menyusul ini disebabkan sisi kiri tekanan air kuat karena adanya penyempitan  pd dinding tebing. 
- isyarat suling harus jelas lewat sisi yg mana lalu kpl yg disusul harus membalasnya.
  Gambar ;

c. kapal yang sedang berbelok ditikungan
1. melawan arus
- sebaiknya berlayar pd sisi luar karena lebih dalam dan arus akan mempunyai pengaruh hamper rata pada kpl.
- mendekati tikungan dengan kecepatan sedang  dan pd saat didalam tikungan mesin maju pelan.
Gambar ;

2. mengikuti arus
- sebaiknya berlayar sebelah dalamnya karena arus akan membantu memutar kpl karena jika disebelah luar buritan bisa kena daratan saat kita mulai memutar ditikungan
- lakukan dengan kecepatan aman.
Gambar ;

d. Kapal yang berlayar disuatu perairan dangkal..
- kapal yg berlayar diperairan dangkal harus dengan kecepatan sedang dan harus memperhitungkan sarat kapal pada saat itu sehubungan dengan perairan yg dilalui ini disebabkan badan kpl yg mengenai dasar perairan.
- kapal sedapat mungkin berlayar ditengah2 alur pelayaran.
- bila kpl mulai sukar dikemudikan kurangi kecepatan atau matikan mesin.

   Gambar ‘;

No comments:

Post a Comment