N
A S K A H 4 OLAH GERAK.
1.
Sebutkan dan
jelaskan pengaruh dan gaya2 yg bekerja pada sebuah kapal yg sedang bergerak
maju dan kemudi di simpangkan ke kanan thdp kemampuan Olah Gerak suatu kapal
.(penjelasan dengan gambar )
Jawab :
-
Mulai berputar
dengan sudut tetap dan dengan kecepatan beraturan maka yg mendapat gaya bukan
saja haluan melainkan juga badan kapal / bidang air.
-
Pada saat
kecepatan tetap kemudian berputar maka
terjadi keseimbangan 2 gaya yaitu :
a.
Gaya centrifugal
b.
Gaya Centripetal.
Gambar
:
2.
A) Sebtkan apa yg
dimaksud dengan SHIPS TRIAL,setelah kapal selesai di bangun !
Jawab
:
Untuk
mengamati dan mempelajari sifat2 suatu kapal dengan cara mengolsah gerak kapal
dimana dengan percobaan ini dapat menentukan atau memperoleh gambaran mengenai
sifat2 atau karateristik kapal tsb.
Khususnya
dalam meng Olah Gerak dan faktor2 yg mempengaruhinya yaitu factor dari dalam
maupun dari luar yg sifatnya tetap maupun berubah ubah.
B)
Butir2 apa saja yg di data dan di uji coba pada waktu Trial ?
Jawab
:
-
Percobaan
kecepatan.
-
Percobaan
Lingkaran Putar.
-
Percobaan sudut
putar.
-
Percobaan orang
jatuh ke laut.
-
Percobaan jarak
henti.
-
Test Steering.
C)
Sebutkan besaran butir2 tersebut diatas secara umum !
Jawab
:
-
Percobaan
Kecepatan .yaitu percobaan ini dilakukan dengan kondisi kedalaman air dibawah
lunas paling sedikit dilakukan 3 lintasan melalui jarak yg telah ditentukan.
-
percobaan
lingkaran putar yaitu percobaan ini dilakukan terdiri dari lingkaran putar
kekanan dan kekiri dengan kondisi
kedalaman air dibawah lunas yg cukup
-
percobaan haluan
berliku-liku yg bertujuan untuk menentukan apa yg disebut OVERSHOOT TIME DAN
OVER SHOOT ANGLE.
3.Berlayar dibelahan bumi utara dalam
badai tropika
A.Ciri2 yg terlihat dan atau terdata
dikpl pada waktu mendekati daerah tsb :
Jawab :
-Tekanan udara disekitar menurun
drastis dr tekanan udara rata2 di tempat tsb.
- Adanya alun yg panjang.
- Adanya awan Cirrus yg
bergerak/mengarah ke satu titik.Bila sudah dekat lagi adanya awan2 gelap.
B.perbedaan semi circle berbaya dgn
semi circle yg biasa dilayari:
Jawab : - Karna jika kapal
terperangkap di daerah dangerous semi circle akan sulit untuk keluar atau
menghindarkan diri karena untuk melepaskan diri keluar dari bahaya harus menghadapi
angin yg sangat kencang dari arah lambung kanan depan dan kecepatan angina yg
terasa di atas kapal adalah kecepatan angina sebenarnya di sekitar kita.
Pusat Siklon Tropis ditambah dengan
kecepatan pergerakan Siklon tropis yg bersangkutan.
-
Semi Circle yg
biasa dilayari adalah daerah di sekitar dan sepanjang Ekuator.
A.
Prinsip berlayar
keluar dari badai Tropik :
-
Pada Dangerous
Semi Circle angina diletakkan kira2 4 surat di sebelah kanan haluan dan kapal
maju dengan kecepatan penuh.
-
Pada Navigable
Semi Circle,angina di letakkan kira2 4 surat di belakang arah melintang sebelah
kanan.
4.Sketsa
tentang cara Olah Gerak MEDITERIAN MOOR.
Jawab
:
Ket; dermaga dekati pada sisi kiri.
-
setelah posisi
kapal pd jarak sejauh 2 kali panjang kapal dari tempat dermaga dan setengah
panjang kpl dari tempat berlabuh maka jangkar kanan dilego.
-
Kapal maju pelan
setelah melewati tempat kepil mesin distop kemudian dimundurkan
-
Setelah kpl mundur
jangkar kiri dilego
-
Tali dilirimkan
kedarat dari belakang dalam kedudukan saling bersilangan dan dihibob sampai
keduanya kencang.
Gambar;
5Jelaskan
dengan gambar Sketsa tekhnik pengendalian kapal pada waktu :
a. 2 buah kpl saling berpapasan
disuatu perairan sempit.
Jawab;
-
kedua kpl
mendekati dengan kec pelan dan keduanya memberi kemudi kekanan dan isyarat
suling
-
pada saat mulai
melintang keduanya mulai membalas kemudi kekiri, karena adanya perbedaan air pd
setiap sisi yang menurun lalu naik yg mengakibatkan kpl didorong masing2
kekanan maka kemudi sedikit kekiri
apabila separuh badan kpl sudah lewat maka kpl kembali kealur
masing2.
Gambar
;
b. 2 kpl yang saling menyusul
diperairan sempit
keterangan;
- berolah gerak dengan mengurangi
kecepatan terhadap keduanya untuk menghindari penurunan yg lebih besar diantara
keduanya mengakibatkan kedua sisi tarik menarik atau cushion effect pada haluan
kapal yg menyusul jika terlalu dekat dgn daratan pd saat akan menyusul ini
disebabkan sisi kiri tekanan air kuat karena adanya penyempitan pd dinding tebing.
- isyarat suling harus jelas lewat
sisi yg mana lalu kpl yg disusul harus membalasnya.
Gambar ;
c. kapal yang sedang berbelok
ditikungan
1. melawan arus
- sebaiknya berlayar pd sisi luar
karena lebih dalam dan arus akan mempunyai pengaruh hamper rata pada kpl.
- mendekati tikungan dengan kecepatan
sedang dan pd saat didalam tikungan
mesin maju pelan.
Gambar ;
2. mengikuti arus
- sebaiknya berlayar sebelah dalamnya
karena arus akan membantu memutar kpl karena jika disebelah luar buritan bisa
kena daratan saat kita mulai memutar ditikungan
- lakukan dengan kecepatan aman.
Gambar ;
d. Kapal yang berlayar disuatu
perairan dangkal..
-
kapal yg berlayar diperairan dangkal harus dengan kecepatan sedang dan harus
memperhitungkan sarat kapal pada saat itu sehubungan dengan perairan yg dilalui
ini disebabkan badan kpl yg mengenai dasar perairan.
-
kapal sedapat mungkin berlayar ditengah2 alur pelayaran.
-
bila kpl mulai sukar dikemudikan kurangi kecepatan atau matikan mesin.
Gambar ‘;
No comments:
Post a Comment