- a. Apa yang dimaksud dengan :
- Paralel Indeks
Adalah : suatu
metode yang sering digunakan mengecheck secara terus-menerus dari
pergerakan kapal yang mengikuti track/lintasan yang telah
direncanakan oleh navigator.l
- Transit
Adalah : Baringan-baringan
dan jarak-jarak terhadap benda yang dikenal. Agar akurat penggunaan
leading line, jarak kapal ke benda terdekat lebih dari 3 kali jarak
antara kedua benda yang digunakan.
Adalah : Batas
daerah aman / garis lurus diluar No Go Area dan merupakan space jika
kapal terlambat merubah haluan.
Penempatan
Margin of Safety tergantung dari :
- Ukuran kapal.
- Akurasi sistem navigasi yang digunakan.
- Karakteristik oleh gerak kapal.
- Situasi arus.
Daerah
yang dibatasi margin of safety disebut sofawater.
- No Go Area
Adalah :
- Daerah yang tidak boleh didatangi berkaitan dengan kedalaman dan bahaya navigasi.
- Luasnya dapat berubah akibat air pasang.
- Perlu dibatasi dengan pensil merah / menyolok.
- Distance of Danger
Adalah : Tergantung
dari :
- Sarat kapal
- Keadan cuaca angin, kabut dsb
- Keadaan arus dan arus pasang surut
- Kepadatan lalu lintas
- Minimum passing distance 1,5 –2,0 mm
b.
Apa latar belakang harus dipelajarinya Passage Planning ?
Jawab
:
- Untuk memperkecil bahaya yang ditimbulkan kesalahan navigasi.
- Dengan ketatnya jadwal, pengurangan awak kapal dan trayek yang sangat cepat maka kebutuhan dari perencanaan pelayaran menjadi hal yang lebih penting.
- Mengumpulkan sebanyak-banyaknya referensi mengenai data-data yang diperlukan dalam suatu pelayaran termasuk informasi aktual (up to date) yang tidak terpublikasikan dengan tujuan mengantisipasi terjadinya kemungkinan yang tidak kita inginkan.
- Dalam penyusunan suatu rancangan pelayaran kita harus melihat terjadi pasang surut sehubungan dengan kedalaman perairan dan draft kapal.
Yang
ditanyakan :
- Apa penyebab pasang
Jawab
:
- Apa yang dimaksud dengan
- Tidal stream
Jawab : Daftar
arus pasang surut dengan ukuran kecepatan arus dinyatakan dalam mil /
jam.
- Hight water
Jawab : Keadaan
dimana suatu perairan mengalami penambahan permukaan air dari
permukaan normal yang mana disebut dengan air pasang.
- Slack water
Jawab
: Disebut juga dengan air tenang, selang waktu dimana dari air
pasang maksimum berubah menjadi surut begitu pula sebaliknya.
- Neap tide
Jawab : Pasang
yang terendah.
- Spring tide
Jawab : Pasang
yang tertinggi.
- Waktu mengumpulkan data dalam Appraisal Stages, dijumpai istilah berikut :
- Corange Line (dalam Cotidal Chart)
Jawab :
- Nemedri (dalam Route Book)
Jawab : Nemedri
(dalam Route Book) adalah Nortf Meridian Routaring Instruction yang
isinya :
- Daerah-daerah berbahaya untuk bernavigasi seperti daerah-daerah ranjau sesuai dengan daerahnya.
2. Route-route
yang harus diikuti oleh setiap kapal.
3. Garis-garis
haluan yang dianjurkan untuk diikuti.
Kegunaannya
:
Untuk
mengetahui route-route yang dianjurkan untuk dilewati kapal-kapal
laut pada musim-musim tertentu sesuai ukuran / kekuatan mesin
induknya dan daerah berbahaya yang disebabkan oleh ranjau.
- Arc of Measurement (dalam Great Circle Chart)
Jawab :
- Wind Rose (dalam Pilot Chart)
Jawab :
- Astronomi Argumen (dalam A.T.T.)
Jawab :
- a. Jelaskan secara singkat perbedaan dari rancangan pelayaran Samudera, pantai, alur pelayaran / pelabuhan !
- Kualitas dan kuantitas dari persyaratan navigasinya.
- Jarak yang ditempuh untuk navigasi.
- Sumber-sumber informasi untuk navigasi yang diperlukan (publikasi navigasi).
- Khususnya untuk navigasi samudera memerlukan pengamatan berita cuaca yang seksama, karena memilki kemungkinan yang lebih besar mengalami cuaca buruk di dalam bernavigasi dibanding bernavigasi di pantai (coastal navigation).
- Tujuan dari membuat rancangan pelayaran adalah :
Untuk
menyiapkan navigasi kapal agar pelayaran dapat ditentukan dari
dermaga ke dermaga dengan aman dengan memperhatikan kapal-kapal dan
lingkungan setiap saat.
Tanpa
perencanaan pelayaran, waktu untuk memproses informasi yang penting /
diperhatikan tidak dapat dengan segera diperoleh ketika navigasi
menemui tanda daratan yang meragukan, merubah haluan, menghindari
lalu lintas yang padat.
- Stages (tahap) penyusunan rencana pelayaran secara berurutan adalah :
- Tahap penilaian (Aprasial)
- Tahap perencanaan (Planning)
- Tahap pelaksanaan (Execution)
- Tahap pengawasan (Monitoring)
5. Route
pelayaran yang telah dipilih adalah sebuah lingkaran besar yang
memotong equator di titik E pada bujur 1600T
dengan haluan S 450
T.
Ditanyakan
jarak terdekat Pulau P (650,
16’S 1550
00’B) dari route pelayaran itu.
No comments:
Post a Comment