Friday, August 30, 2013

Jenis-Jenis Kemudi/Rudder


dalam pembuatan Kemudi Kapal pihak Pembuat kapal atau galangan tidak membuatnya
semaunya sendiri, tpi ada beberapa ketentuan yang diatur dalam safety of life at 
sea (SOLAS)
Ketentuan SOLAS :

1.  Kemudi uatama harus mempunyai kekuatan yang cukup.

2.Pada kecepatan max, kapal masih dapat dikemudikan dengan aman dan layak.

3.Baik kapal penumpang maupun kapal barang, harus dilengkapi dengan seperangkat kemudi utama dan sebuah perangkat kemudi bantu yang disetujui oleh instansi pemerintah yang berwenang.

4.Pada kapal penumpang, perangkat kemudi utamanya pada waktu maju dengan kecepatan, kemudi harus dapat disimpangkan sebesar 35º kekiri/kekanan dalam waktu 28 detik (dari kedudukan tengah-tengah, kekiri 35º kemudian kembali ketengah, lalu kekanan 35º dan kembali ketengah)    
Kontruksi kemudi utama dan poros kemudi harus sedemikian rupa sehingga pada waktu kapal bergerak mundur dengan kecepatan max, perangkat tersebut tidak mengalami kerusakan

Jenis-Jenis Kemudi yang biasa ada pada kapal:

1.KEMUDI BIASA  :  Kemudi yang seluruh daun kemudinya      berada dibelakang poros putarnya.  Kemudi seperti ini umumnya dipasang      pada kapal  kecil dan yang berbaling-     baling tunggal.

  Kemudi Biasa pelat tunggal : konstruksi daun kemudinya terdiri     dari lembaran pelat tunggal saja.

  Kemudi Biasa pelat ganda :   konstruksi daun kemudinya terdiri     dari lembaran pelat berganda     sehingga didalamnya berbentuk     rongga.
 
2. KEMUDI BERIMBANG : Kemudi yang daun kemudinya sebagian      berada dibelakang poros putarnya,      sedang sebagian kecil berada didepan      poros putarnya.

  - Kemudi Berimbang penuh 25 – 30 % bagian daun kemudi berada

       didepan poros putar sisanya berada dibelakang poros putarnya.

  - Kemudi Semi Berimbang bagian daun kemudi yang berada

       didepan poros putar lebih kecil dari 20 %.

3.  KEMUDI PATENT :   Kemudi yang konstruksinya dibuat               berdasarkan penelitian (research) lalu               dipatentkan. Penelitian ini   dibuat dengan               pertimbangan untuk mencapai efficiency /               rendamen kemudi yang lebih besar

No comments:

Post a Comment