COLLREG
1972
ini sedikit info dari kami, secara umum saja. untuk lebih lengkapnya di kemudian hari.
ICS (
International Chamber of Shipping ) yg
merupakan Organisasi
Perkapalan Internasional,
dalam laporannya
pada Januari
1996 tentang kecelakaan
navigasi menyebutkan
ada 2 faktor
penyebab utama
tabrakan
& kekandasan yaitu
:
- Kegagalan untuk
menjaga pengamatan
yang baik
- Kelemahan dalam
penampilan organisasi
anjungan
}COLLREG
= PIMTL = P2TL
}Aturan
Pelanggaran
adalah aturan
yang harus dilaksanakan
agar tidak terjadi
tubrukan
}COLLREG
1972 terdiri dr
38 aturan
& 4 lampiran ( Ketentuan
tambahan /
Annex )
Sistematika COLLREG 1972 :
vBagian
‘A’ : Umum
( Aturan 1 –
3 )
vBagian
‘B’ : Aturan
mengemudi
& aturan berlayar
( Aturan 4–19
)
- Aturan 4 –
10 = Aturan mengemudi
& aturan berlayar
dlm
segala
keadaan cuaca
( Seksi I )
- Aturan 11 –
18 = Aturan mengemudi
& aturan berlayar
dlm
keadaan
saling melihat
( Seksi II )
- Aturan 19= Aturan
mengemudi
& aturan berlayar
dlm keadaan
tampak
terbatas ( Seksi
III )
vBagian
‘C’ : Penerangan
& sosok benda
( Aturan 20 –
31 )
vBagian
‘D’ : Isyarat bunyi
& cahaya ( Aturan
32 – 37 )
vBagian
‘E’ : Pembebasan
( Aturan 38 )
vLampiran
I = Perincian
& letak teknis
penerangan
& sosok benda
vLampiran
II = Penerangan
tambahan unt
kpl ikan
yg sdg
menangkap ikan
berdekatan
vLampiran
III = Perincian
& letak teknis
isyarat bunyi
vLampiran
IV = Isyarat-isyarat
bahaya
No comments:
Post a Comment